Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Cara Menangani Sampah dan Artinya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Cara Menangani Sampah dan Artinya              

How To Deal With Your Trash (Cara Menangani Sampah Anda)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
The honorable audience
The honorable teacher and my beloved friends
Let’s be grateful to Allah Subhanahu wa Ta’ala for his blessing in our life and let’s say sholawat to our prophet Muhammad Shalallahu alaihi wa Salam.
Today, I would like to tell you three simple ways to deal with your trash.

My dear friends and teachers,
Trash is not good for our health. Trash is also not good for our environment. That is why we have to do something about it.
Before I tell you the three simple ways to deal with your trash, I need to tell you that there are two types of trash around us. They are organic waste (such as fruit peel, dry leaves, food leftovers and many more) and inorganic waste (such as glass, iron, drinks cans, plastic and many more). Today, I am going to talk about the way to deal with inorganic waste.

My beloved audience,
If you have inorganic waste scattered around in your environment, don’t just sit and do nothing, because it will damage your environment. If you really care about the nature, follow my simple ways to deal with inorganic waste below:
First step is “Reduce”. This step means that you have to try to produce less inorganic waste. How do we achieve it? Well, one of the simple things that you can do to lower the number of inorganic waste is to replace anything that will end up as inorganic waste in one time use only with something that you can use over and over again. For example: you can use a reusable drinking bottle rather than buying bottled mineral water on the go.
Second step is “Reuse”. This step means that you have to try to think of a new use or a new purpose of the inorganic waste that you find in your environment. For example: you might want to use plastic bottle as flower pot or spoon container. This way, the inorganic waste will not scattered around and damaging the nature because it has a new function.
Third step is “Recycle”. This step means that you turn the inorganic waste into something else that is more useful. For example: used papers can be turn into new papers with lower quality. This way, we can actually reuse it, sometimes in the same function and sometimes in new function.

My beloved friends and teachers,
Those are the ways that we can do to deal with inorganic waste around us. We may call it as 3R which stands for Reduce, Reuse and Recycle. I think that’s all from me, I hope you find it useful. Thank you very much for your attention.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Go Green Movement
Cara Menangani Sampah Anda

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Hadirin yang terhormat,
Yang terhormat Bapak-Ibu guru dan teman-teman yang saya sayangi,
Mari kita bersyukur pada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas berkah nya dalam hidup kita dan mari kita bacakan sholawat pada nabi kita Muhammad Shalallahu alaihi wa Salam.
Hari ini, saya ingin memberitahu anda tiga cara sederhana untuk manangani sampah anda.

Teman-teman dan dewan Guru yang saya sayangi,
Sampah itu tidak bagus bagi kesehatan kita. Sampah juga tidak baik untuk lingkungan kita. Inilah alasannya mengapa kita harus melakukan sesuatu terhadapnya.
Sebelum saya memberitahu anda tiga cara mudah untuk menangani sampah anda, saya perlu memberitahukan pada anda bahwa ada dua macam sampah di sekitar kita. Sampah tersebut adalah sampah organic (contohnya kulit buah, daun-daun kering, sisa makanan dan masih banyak lagi) dan juga sampah anorganik (contohnya kaca, besi, kaleng minuman, plastic dan masih banyak lagi). Hari ini, saya akan membicarakan tentang cara menangani sampah anorganik.

Hadirin yang saya sayangi,
Jika ada sampah anorganik berserakan di sekitar lingkungan anda, jangan hanya duduk dan tidak melakukan apa-apa, karena sampah itu akan merusak lingkungan anda. Jika anda benar-benar perduli dengan alam, ikutilah cara sederhana saya untuk menangani sampah anorganik berikut ini:
Langkah pertama adalah “Reduce”. Langkah ini berarti bahwa anda harus mencoba untuk menghasilkan lebih sedikit sampah anorganik. Bagaimana caranya? Salah satu langkah mudah yang bisa kita lakukan untuk menurunkan jumlah sampah anorganik adalah dengan menggantikan semua hal yang akan berakhir sebagai sampah anorganik dalam satu kali pemakaian saja dengan sesuatu yang anda bisa gunakan berulang-ulang. Sebagai contoh: anda bisa menggunakan botol minum yang bisa digunakan berkali-kali daripada membeli air mineral kemasan dalam botol dalam perjalanan.
Langkah kedua adalah “Reuse”. Langkah ini berarti anda harus mencoba memikirkan sebuah kegunaan baru atau tujuan baru dari sampah anorganik yang anda temukan di lingkungan anda. Sebagai contoh: anda mungkin bisa menggunakan botol plastic sebagai pot bunga atau wadah sendok. Dengan begini, sampah anorganik itu tidak akan berserakan di lingkungan dan merusak alam karena sampah itu memiliki kegunaan baru.
Langkah ketiga adalah “Recycle”. Langkah ini berarti bahwa anda mengubah sampah anorganik menjadi sesuatu yang baru yang lebih berguna. Sebagai contoh: kertas-kertas bekas bisa diubah menjadi kertas baru dengan kualitas yang lebih rendah. Dengan begini, kita benar-benar dapat menggunakan nya lagi, terkadang dalam fungsi yang sama dan terkadang dalam fungsi yang baru.

Teman-teman dan dewan guru yang saya sayangi,
Itu merupakan cara yang bisa kita lakukan untuk menangani sampah anorganik di sekitar kita. Kita bisa menyebutnya dengan 3R yang merujuk pada Reduce, Reuse dan Recycle. Saya rasa itu saja dari saya, semoga bermanfaat. Terimakasih banyak atas perhatian anda.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Cara Menangani Sampah dan Artinya"