Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Bahasa Inggris Tema Maulid Nabi Muhammad SAW dan Artinya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Pidato Bahasa Inggris Tema Maulid Nabi Muhammad SAW  dan Artinya    

Assalamualaikum Wr. Wb

Mr. and Mrs. Teacher whom we respect, and my friends of All Students SMAN Englishindo

First of all, let’s pray and thanks unto our god Allah who has been giving us some mercies and blessings so we can attend and gather in this place in good condition and happy situation.

We will all be very proud if someday heard the news that there are among the graduates of our schools have become successful. The father wanted you guys are one of them. You can you observe from the tendency of heart. The tendency is ruled or dominated by positive things. It is definitely a success that will arrive approached you. The tendency is ruled or dominated by negative things then it is definitely a success that would be proof of what the father pass on to you today.

Take a look at our example of the Messenger who since young people have become independent and successful.  Age 0-4 years have become orphans, living in the desert along the Bani Sa'ad and as long as it gets the breast milk of Halima As Sa'diyah. Ages 6 to 8 years, they lived with his grandfather, Abdul Muthalib, a socialite who is very authoritative.






The age of 8 years, he became goat herd. He starts working when living with his uncle, Abu Talib. 12 years of age, he startes international business travel to Syria with his uncle. 15 years of age, he gets the military experience in the event of War between the quraish with the others for the last 4-5 years. Age 20 years he got diplomatic experience first as a pacifist among the quraish as well as its social credibility in the community. After that, he worked at the Siti Khadijah and return travel on business export/import to Yemen/Syria.

The age of 25 years, he married to Siti Khadijah and they are starting experience as head of the family. Age 25-35 years old, he had experience as head of the family, merchants, wealthy people, the leaders of the community, and various social activities. So what can we see from the figure of the young Prophet?
We wish you as a Moslem could all take lessons from our prophet.  Remind and invite back to all of you to let arise a change then the success will come.

That’s all my speech, may what I have delivered be useful in our life. If you found many mistakes in my speech please forgive me.

Wassalamualaikum Wr. Wb




Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Maulid Nabi SAW


Assalamualaikum Wr. Wb

Bapak dan Ibu Guru yang kami hormati, dan teman-teman saya Siswa SMAN Englishindo

Pertama-tama, mari kita panjatkan syukur kepada Allah yang telah memberikan kita beberapa keberkahan sehingga kita dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dalam kondisi baik dan bahagia situasi.


Kita semua akan sangat bangga jika suatu hari nanti mendengar kabar bahwa ada di antara lulusan sekolah kami telah menjadi sukses. Sang ayah ingin kalian adalah salah satu dari mereka. Anda dapat mengamati dari kecenderungan hati. Kecenderungan diperintah atau didominasi oleh hal-hal yang positif. Ini jelas merupakan suatu keberhasilan yang akan mendekati Anda. Kecenderungan diperintah atau didominasi oleh hal-hal negatif maka sudah pasti sukses yang akan menjadi bukti dari apa yang saya sampaikan kepada Anda hari ini.

Lihatlah contoh kita Rasulullah yang sejak muda telah menjadi mandiri dan sukses. Usia 0-4 tahun telah menjadi yatim piatu, yang hidup di gurun sepanjang Bani Sa'ad dan selama itu mendapat ASI dari Halima Sa'diyah. Usia 6 sampai 8 tahun, mereka tinggal bersama kakeknya, Abdul Muthalib, seorang sosialita yang sangat berwibawa.

Usia 8 tahun, ia menjadi pengembala kambing ternak. Dia mulai bekerja ketika hidup dengan pamannya, Abu Thalib. Usia 12 tahun, ia memulai perjalanan bisnis internasional ke Suriah dengan pamannya. Usia 15 tahun, ia mendapat pengalaman militer dalam peristiwa Perang antara Quraisy selama 4-5 tahun terakhir. Umur 20 tahun dia mendapat pengalaman diplomatik pertama sebagai penengah kalangan Quraisy serta mempunyai kredibilitas sosial di masyarakat. Setelah itu, ia bekerja pada Siti Khadijah dan memulai perjalanan kembali bisnis ekspor / impor ke Yaman atau Suriah.

Usia 25 tahun, ia menikah dengan Siti Khadijah dan memulai pengalaman sebagai kepala keluarga. Usia 25-35 tahun, ia memiliki pengalaman sebagai kepala keluarga, pedagang, orang kaya, pemimpin masyarakat, dan berbagai kegiatan sosial. Jadi apa yang bisa kita lihat dari sosok Nabi muda?

Semoga Anda sebagai muslim bisa mengambil pelajaran dari nabi kita. Mengingatkan dan mengajak kembali kepada Anda untuk memunculkan  perubahan sehingga kesuksesan akan datang.

Itu saja pidato saya, mungkin apa yang saya telah disampaikan be berguna dalam hidup kita. Jika Anda menemukan banyak kesalahan dalam pidato saya mohon maafkan saya.

Wassalamualaikum Wr. Wb

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Pidato Bahasa Inggris Tema Maulid Nabi Muhammad SAW dan Artinya "