Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Bahasa Inggris Tema Tahun Baru Islam dan Artinya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Pidato Bahasa Inggris Tema Tahun Baru Islam dan Artinya    

Assalamualaikum Wr. Wb

Ladies and Gentlemen,

On this happy occasion, first of all, let us increase our devotion to God by doing all the commands and avoiding His prohibitions. Besides that, let us give thanks to Him for all mercy, grace, taufiq and His guidance that has been poured out to all of us, so that on this occasion we can gather and attend this event to commemorate the Hijri New Year or rather commemorate 1 Muharram 1439 H.

Ladies and Gentlemen,

This speech that I will present explains the Islamic new year. To face this Islamic new year, we must be very clever in correcting ourselves. What is the result of the deeds we have done, whether it is good or still bad. If we have improved it and if there are still many shortcomings or there is still ugliness we can fix it again.

As the word of Allah SWT on Al-Hashr: 8 which means the following:


"O believers! Take care of you to Allah and let every soul pay attention to what has been done for tomorrow.

The verse gives us an understanding that we are encouraged to fear God and correct each of us for the actions that we have done to face tomorrow (live in the future).

 Ladies and Gentlemen,

Caliph Umar Bin Khatab R.A has determined the calculation of the very popular year of Islam called the Hijri year. Because the first year was set to begin the migration of the Prophet Muhammad from the city of Makkah to the city of Medina, in 622 AD.

The purpose of Umar bin Khatab R.A's best friend chose the migration of the Prophet Muhammad from Mecca to Medina as the most appropriate moment to determine the beginning of the year of Islam. Because the event contains meaning which is very important for the Muslim Ummah in particular and for the general ummah.

Ladies and Gentlemen,

We are also ordered to have a pilgrimage as Rasulallah SAW was ordered to migrate. It's just that the migration that we have to do now is called hijrah qalbiyah, which is trying to improve and improve our quality. Trying to make our future better than the past. Let this day be better than yesterday and tomorrow must be better than today.

So the event of the Prophet's emigration, let us make it as a promoter or a driver to move from immorality to obedience, from polytheism to unity, from ignorance to progress and from poverty to sufficiency.

Closing the Islamic New Year Speech

Such is the speech that I can convey, hopefully this speech will be accompanied by guidance and blessing from Allah and we are given the length of life that we can use to do good deeds. Amiiin

Wassalamualaikum Wr. Wb




Terjemahan
Assalamualaikum Wr. Wb

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan yang membahagiakan ini, pertama-tama mari kita tingkatkan pengabdian kita kepada Tuhan dengan melakukan semua perintah dan menghindari larangan-Nya. Selain itu marilah kita bersyukur kepada-Nya atas segala rahmat, rahmat, taufiq dan hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua, sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul dan menghadiri acara ini untuk memperingati tahun baru Hijriah atau tepatnya memperingati tahun baru Hijriah. 1 Muharram 1439 H.

Hadirin yang saya hormati,

Pidato yang akan saya sampaikan ini menjelaskan tentang tahun baru Islam. Untuk menghadapi tahun baru Islam ini, kita harus pandai-pandai mengoreksi diri. Apa akibat dari perbuatan yang telah kita lakukan, apakah itu baik atau masih buruk. Kalau sudah kita perbaiki dan masih banyak kekurangan atau masih ada yang jelek bisa kita perbaiki lagi.

Seperti firman Allah SWT pada Al-Hashr: 8 yang artinya sebagai berikut:

"Hai orang-orang yang beriman! Jagalah dirimu kepada Allah dan biarlah setiap jiwa memperhatikan apa yang telah dilakukan untuk esok hari.

Ayat tersebut memberikan pengertian kepada kita bahwa kita ada. didorong untuk takut akan Tuhan dan mengoreksi kita masing-masing atas tindakan yang telah kita lakukan untuk menghadapi hari esok (hidup di masa depan).

 Hadirin sekalian,

Khalifah Umar Bin Khatab RA telah menentukan perhitungan tahun yang sangat populer dalam Islam yang disebut tahun Hijriah. Pasalnya, tahun pertama telah ditetapkan dimulainya hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke kota Madinah, pada tahun 622 Masehi.

Maksud sahabat Umar bin Khatab RA memilih hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah sebagai momen paling tepat untuk menentukan awal tahun Islam. Karena acara tersebut mengandung makna yang sangat penting bagi umat Islam pada khususnya dan bagi ummat umumnya.

Hadirin yang saya hormati,

Kami juga diperintahkan untuk menunaikan ibadah haji sebagaimana Rasulallah SAW diperintahkan untuk hijrah. Hanya saja migrasi yang harus kita lakukan sekarang disebut hijrah qalbiyah, yaitu berusaha memperbaiki dan meningkatkan kualitas kita. Berusaha menjadikan masa depan kita lebih baik dari masa lalu. Biarlah hari ini lebih baik dari kemarin dan esok harus lebih baik dari hari ini.

Maka peristiwa emigrasi Nabi, mari kita jadikan sebagai promotor atau pendorong untuk berpindah dari kemaksiatan menuju ketaatan, dari politeisme menuju persatuan, dari kebodohan menuju kemajuan dan dari kemiskinan menuju kecukupan.

Menutup Pidato Tahun Baru Islam

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga pidato ini disertai dengan hidayah dan berkah dari Allah SWT dan kita diberi umur panjang yang bisa kita manfaatkan untuk beramal. Amiiin

Wassalamualaikum Wr. Wb

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Pidato Bahasa Inggris Tema Tahun Baru Islam dan Artinya"