Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Bahasa Inggris Tema Peringatan Hari Perempuan Sedunia dan Artinya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Pidato Bahasa Inggris Tema Peringatan Hari Perempuan Sedunia  dan Artinya    

    This day, all women in the world celebrate Women’s Day. Women's Day is a day to honor women's struggle for change, to remember the progress, which has been made towards improvement of life quality of women. It is the day for confirming our commitment to the work towards the freedom of women.

    As we celebrate the Women 's Day, we admit that we still have a long way to go to achieve full emancipation of women from the hardships they have experience because of their race, gender and social class.


    There are many rural women having the most difficulty in accessing education, health and other basic services. They were the ones who had to go into the bushes and collect woods for families with no electricity. They literary kept the fire burning and kept families together while many rural men were in urban areas. Some women still face these challenges in their everyday life. Unfortunately, this major contribution made by women and rural women in particular has never been and is still not being valued or appreciated.


    Migration is another major factor that has exposed women to several challenges including HIV and AIDS. Single sex hostels broke down the families and indirectly encouraged men to have "urban partners" while occasionally returning to their families and wives in the rural areas. Of course, this led to a spread of disease and sexually transmitted infections including HIV.


    Sexual violence against women and girls and rape are issues that remain a challenge in our society. Poverty and poor living conditions have added to women's vulnerability to violence and increased risk of contracting sexually transmitted infections. The physical trauma of violence and sexual assault have left scars and unimaginable emotional damage on many women.


    We need to ask whether: "Are things getting better for rural women in this country, or are they getting worse, or are they staying the same?"
    If things are getting worse, as a patriotic citizen of this country I ask why are they getting worse and what is it that I as an individual and part of a collective can do to address them?


    If they are getting better, another question arises as to whether are they getting better fast enough for women who have been subjected to oppression for hundreds of years?


    As a society we are all battling to come to terms with high level of violence and to deal with it. We know that the brutality of the previous regime, and the violence used against our people, has seriously affected all of us including our children.


    The other major factor is that, although we still have a long way to go, our criminal justice system is improving. This has increased the reporting of cases because our people know that there is now more possibility of seeing justice being done.


    Other things have improved for women in SA, including for rural women, but we still have a long way to go in reaching our targets.
    Free health care for pregnant women and for children under 6 years, was a major achievement. In many communities, the poorest women who in the past had not come nor brought their children to a clinic, started to visit health facilities. Women started to book earlier at antenatal clinics and therefore, increasing the chances of safe pregnancy and delivery.


    We need to encourage our women to utilize family planning services in order to prevent unwanted pregnancies and when they decide to get pregnant, to use the free antenatal care services available.


    I know that conditions for rural women are still difficult and that we still have a long way to go to achieve a truly healthy society. But the most important thing is that we should support all good decisions of Government who wants to help our life, especially women’s destiny to make significant progress.


    We should believe that true liberation comes with socio-economic and gender emancipation. And unless we can push back the frontiers of poverty, most of the democratic advances that have been made will be in vain.


    Let us stand together and assist each other in achieving our goal of a better life for all.
    Thank you.





Terjemahannya

Hari ini, semua wanita di dunia merayakan Hari Wanita. Hari Perempuan adalah hari untuk menghormati perjuangan perempuan untuk perubahan, untuk mengenang kemajuan yang telah dicapai menuju peningkatan kualitas hidup perempuan. Ini adalah hari untuk menegaskan komitmen kami pada pekerjaan menuju kebebasan perempuan.

    Saat kita merayakan Hari Perempuan, kami mengakui bahwa jalan yang kita tempuh masih panjang untuk mencapai emansipasi penuh perempuan dari kesulitan yang mereka alami karena ras, jenis kelamin dan kelas sosial mereka.


    Ada banyak perempuan pedesaan yang paling sulit mengakses pendidikan, kesehatan dan layanan dasar lainnya. Merekalah yang harus pergi ke semak-semak dan mengumpulkan kayu untuk keluarga yang tidak memiliki listrik. Mereka sastra menjaga api tetap menyala dan menjaga keluarga tetap bersama sementara banyak pria pedesaan berada di daerah perkotaan. Beberapa wanita masih menghadapi tantangan ini dalam kehidupan sehari-hari mereka. Sayangnya, kontribusi besar yang dibuat oleh perempuan dan perempuan pedesaan pada khususnya tidak pernah dan masih belum dihargai atau dihargai.


    Migrasi merupakan faktor utama lain yang telah membuat perempuan terpapar beberapa tantangan termasuk HIV dan AIDS. Asrama seks tunggal menghancurkan keluarga dan secara tidak langsung mendorong laki-laki untuk memiliki "pasangan perkotaan" sambil sesekali kembali ke keluarga dan istri mereka di daerah pedesaan. Tentu hal ini menyebabkan penyebaran penyakit dan infeksi menular seksual termasuk HIV.


    Kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak perempuan serta pemerkosaan adalah masalah yang tetap menjadi tantangan di masyarakat kita. Kemiskinan dan kondisi hidup yang buruk telah menambah kerentanan perempuan terhadap kekerasan dan meningkatkan risiko tertular infeksi menular seksual. Trauma fisik akibat kekerasan dan penyerangan seksual telah meninggalkan luka dan kerusakan emosional yang tak terbayangkan pada banyak wanita.


    Kita perlu bertanya apakah: "Apakah keadaan menjadi lebih baik untuk wanita pedesaan di negara ini, atau apakah mereka semakin buruk, atau apakah mereka tetap sama?"
    Jika keadaan menjadi lebih buruk, sebagai warga negara patriotik negara ini saya bertanya mengapa mereka semakin buruk dan apa yang dapat saya lakukan sebagai individu dan bagian dari kolektif untuk mengatasinya?


    Jika mereka menjadi lebih baik, pertanyaan lain muncul, apakah mereka menjadi lebih baik dengan cepat bagi wanita yang telah mengalami penindasan selama ratusan tahun?


    Sebagai masyarakat, kita semua berjuang untuk menerima kekerasan tingkat tinggi dan menghadapinya. Kami tahu bahwa kebrutalan rezim sebelumnya, dan kekerasan yang dilakukan terhadap rakyat kami, telah berdampak serius pada kami semua termasuk anak-anak kami.


    Faktor utama lainnya adalah, meskipun jalan kita masih panjang, sistem peradilan pidana kita sudah membaik. Ini telah meningkatkan pelaporan kasus karena orang-orang kami tahu bahwa sekarang ada lebih banyak kemungkinan untuk melihat keadilan ditegakkan.


    Hal-hal lain telah membaik untuk wanita di SA, termasuk untuk wanita pedesaan, tetapi perjalanan kami masih panjang untuk mencapai target kami.
    Perawatan kesehatan gratis bagi ibu hamil dan anak di bawah 6 tahun, merupakan pencapaian besar. Di banyak komunitas, perempuan termiskin yang pada masa lalu tidak datang atau membawa anak-anak mereka ke puskesmas, mulai mengunjungi fasilitas kesehatan. Wanita mulai memesan lebih awal di klinik antenatal dan oleh karena itu, meningkatkan kemungkinan kehamilan dan persalinan yang aman.


    Kami perlu mendorong para wanita kami untuk menggunakan layanan keluarga berencana untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dan ketika mereka memutuskan untuk hamil, untuk menggunakan layanan perawatan antenatal gratis yang tersedia.


    Saya tahu bahwa kondisi perempuan pedesaan masih sulit dan jalan panjang yang harus kita tempuh untuk mencapai masyarakat yang benar-benar sehat. Tetapi yang paling penting adalah kita harus mendukung semua keputusan baik Pemerintah yang ingin membantu hidup kita, terutama takdir perempuan untuk membuat kemajuan yang signifikan.


    Kita harus percaya bahwa pembebasan sejati datang dengan emansipasi sosio-ekonomi dan gender. Dan kecuali kita dapat mendorong kembali batas-batas kemiskinan, sebagian besar kemajuan demokrasi yang telah dibuat akan sia-sia.


    Mari kita berdiri bersama dan saling membantu dalam mencapai tujuan kita untuk kehidupan yang lebih baik untuk semua.
    Terima kasih.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Pidato Bahasa Inggris Tema Peringatan Hari Perempuan Sedunia dan Artinya"