Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Bahasa Inggris Tentang Sumpah Pemuda Beserta Bahasa Indonesianya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Pidato Bahasa Inggris Tentang Sumpah Pemuda Beserta Bahasa Indonesianya

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Good morning.

The honorable Mr Governor

The honorable Mr vice Governor

The honorable Mr Mayor

The honorable chief of Dispora

and all beloved audience.

First of all, let us express our gratitude to Allah Subhanahu wa Ta’ala for his blessing in our life so that we can gather around in this place to commemorate one of important events in the history of our country, Youth Pledge.

Second of all, let’s give our biggest appreciation to all people who have devoted their time and energy for the past few days in the preparation of this event so that it runs perfectly as we experience today.

My name is Rudi Hasnan. I’m the representative of Local Youth Community. This morning, I would like to deliver my speech about “The Meaning of Youth Pledge for me”.

Ladies and Gentleman,

28th October has always been an important moment for me and for all young generations in Indonesia. In this day, we are reminded that our predecessor back in the day took part in achieving the independence of our country. We are reminded that with all limitations that a young man such as myself has, youth can also contribute to something great, something important, something meaningful. We are reminded that no matter how green and inexperience we all are, our actions matters.

I remember our beloved founding father figuratively said that with a thousand elders we will be able to pull mount Semeru off of its place and with ten youth we will be able to rock the world. This statement illustrates just how big the role of youth to the world and how much potential that we have as young generations of this country.

My fellow youngsters, now that we have been reminded about our great potential to do good for ourselves and our country, I think it is time for us to wake up. I know we all have been dreaming of betterment in our life, I know that we all have been dreaming of a greater nation. We should not let it stay a dream! We should not wait for it to happen! Get up! Get up and join me now! Get up and let’s build this nation with our hands! You must stand with me, because the only way for us to achieve it is if we work together, as one, as the young spirit of this beloved country.

Ladies and Gentleman,

Youth is not about age and it certainly is not about wrinkles on your skin or even grey hair on your head. Youth is about spirit. A spirit that is underlying our lifestyle, our way of thinking and most importantly it is about the spirit that is underlying our every action. The youth spirit is all about passion, a hunger of advancement in life, a dynamic desire of a life-fulfilling experience, a constant willingness to achieve the level of content in something meaningful for self. So I need you to ask yourself now, if you are one of the things that I just mentioned just now, then you are one of us, then you are the youth of Indonesia and it gives you a duty to stand with me and fight for the glory of this nation, for the glory of INDONESIA. Merdeka! Merdeka!

Thank you for your attention,

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Sumpah Pemuda

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat pagi.

Yang terhormat Bpk Gubernur

Yang terhormat Bpk Wakil Gubernur

Yang terhormat Bpk Walikota

Yang terhormat kepala Dispora

Dan hadirin sekalian yang saya cintai

Pertama-tama, marilah kita ungkapkan rasa syukur kita pada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas berkahnya dalam hidup kita sehingga kita bisa berkumpul bersama di tempat ini untuk memperingati salah satu kejadian penting dalam sejarah negara kita, Sumpah Pemuda.

Yang kedua, mari kita berikan apresiasi yang sebesar-besarnya pada semua orang yang telah mencurahkan waktu dan tenaga mereka selama beberapa hari kemarin dalam rangka persiapan acara ini sehingga acara ini berjalan dengan lancar sebagaimana yang kita alami saat ini.

Nama saya Rudi Hasnan. Saya adalah perwakilan dari Komunitas Pemuda Lokal. Pagi ini, saya ingin menyampaikan pidato saya tentang “Makna Sumpah Pemuda bagi saya”.

Ibu-ibu dan Bapak-Bapak,

Tanggal 28 Oktober selalu saja menjadi momen penting bagi saya dan bagi seluruh generasi muda di Indonesia. Pada hari ini, kita diingatkan bahwa pendahulu kita pada masa itu ikut andil dalam mencapai kemerdekaan di negara kita. Kita juga diingatkan bahwa semua batasan yang dimiliki oleh anak muda seperti saya, pemuda bisa juga ikut andil dalam suatu hal yang besar, suatu hal yang penting, suatu hal yang bermakna. Kita juga diingatkan bahwa tidak peduli seberapa hijau dan tidak berpengalamannya kita, aksi kita tetap bermakna.

Saya teringat founding father kita mengucapkan secara figurative bahwa dengan seribu orang tua kita akan bisa mencabut gunung Semeru dari akarnya dan dengan sepuluh pemuda kita akan bisa mengguncang dunia. Pernyataan ini menggambarkan betapa besarnya peranan pemuda di dunia dan betapa besar potensi yang kita miliki sebagai generasi muda negara ini.

Rekan-rekan pemuda sekalian, sekarang saat kita telah diingatkan tentang potensi besar kita untuk melakukan hal baik bagi diri kita sendiri dan negara, menurut saya ini waktunya bagi anda untuk bangun. Saya tahu kita semua telah memimpikan perbaikan dalam hidup saya, saya tau bahwa kita semua telah memimpikan bangsa yang lebih besar. Kita tidak boleh membuatnya menjadi hanya sekedar impian! Kita tidak boleh hanya menunggu hal itu untuk terjadi. Bangkit, bangkit dan bergabunglah bersama saya. Bangkit dan ayo kita bangun negara ini dengan tangan kita! Kamu harus berdiri bersama saya, karena satu-satunya jalan bagi kita untuk menggapainya adalah apabila kita bekerja sama, sebagai satu, sebagai jima muda dari negeri tercinta ini.

Ibu dan Bapak-bapak,

Pemuda bukanlah masalah usia dan tentunya bukanlah tentang kerutan di kulitmu atau bahkan rambut abu-abu di atas kepalamu. Pemuda adalah tentang semangat. Sebuah semangat yang mendasari setiap tindakan kita. Jiwa pemuda itu selalu berkaitan dengan gairah, sebuah rasa lapar akan kemajuan dalam hidup, rasa ingin yang dinamis akan pengalaman yang memuaskan, sebuah keinginan yang konstan untuk mencapai rasa puas dalam suatu hal yang berharga bagi diri sendiri. Maka dari itu saya ingin anda bertanya pada diri sendiri, jika kamu merasa termasuk kedalam salah satu hal yang baru saja saya sebutkan, maka anda adalah bagian dari kami dan anda adalah generasi muda Indonesia dan hal ini memberikanmu sebuah tanggung jawab untuk berdiri bersama saya dan bertarung untuk kejayaan negara ini, untuk kejayaan Indonesia. Merdeka! Merdeka!

Terimakasih banyak atas perhatiannya,

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Pidato Bahasa Inggris Tentang Sumpah Pemuda Beserta Bahasa Indonesianya"