Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Bahasa Inggris Tentang Masa Depan dan Cita-Cita Beserta Bahasa Indonesianya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Pidato Bahasa Inggris Tentang Masa Depan dan Cita-Cita Beserta Bahasa Indonesianya  

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Good morning everyone!

I remember, when I was a kid, I wanted to be Power Rangers when I grow up. Not long after that, I watched Ultraman on TV, and soon I decided that I want to be an Ultraman. I believe that I was not the only kid with this kind of dream back then. The thing is, in our life, our dreams change over time. Sometimes the reason is because we grow up and we just find something new that maybe more interesting for us, or sometimes it can also happen because somehow we realize that our dream was just unrealistic, such as being a Power Ranger as I mentioned earlier.

My point is not about canceling your dream when you consider it impossible. But the thing that I want to say is that no matter how small, ridiculous or even impossible a dream is, everybody, with no exception, needs it. It is okay if it changes one day, but still you have to keep on dreaming about something in your life, because life, as we know it, is a journey. It means that whether we like it or not, we are going to move from one point of life to another, and this movement is inevitable. So it is better or even imperative for us to have a certain point to reach or to go to, because at least we are going somewhere and not just drifted away without clear destination, and that is the important meaning of a dream in our life: a destination, something to reach, a place to go.

Ladies and Gentleman,

Do you know Iron Man? Yeah, I guess everybody knows Iron Man. Now let’s talk about it for a little bit. This comic book and movie character has inspired not just kids, but hundreds of adults into dreaming of having this super suit that allow them to fly and shoot laser from their hands. This dream may sound impossible at certain point, but the fact is that some people are still brave enough to dream of building this super suit. Some of them tries to create a real-life-size costume and brought it to comic con. Some others even take this dream to the next level by building a jet-powered exo-suit and actually fly in it for about one meter above the ground.

So what does this mean Ladies and Gentleman? Well for me, it means that we should never be afraid to dream. Keep holding to it and just take a step towards it. It doesn’t need to be a big step, just a small step towards your dream means that you are closer to achieve it. Just like the dream of making a real life Iron Man suit, today some people have made several steps towards it, who knows what we may achieve in the next two or five years if we keep moving towards it.

Now that we know how important a dream is, I believe that none of you will ever give up on your dream. No matter how small, ridiculous or even impossible your dream is, we should never let it go. We just have to take small steps towards it and try yo find a way to make it happen.

My name is Fandi Radian from SMAN 2 Sudikata, Thank you for your attention.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Masa Depan dan Cita-Cita

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat pagi semuanya!

Saya ingat sewaktu saya masih kecil dulu, saya ingin jadi Power Rangers nanti saat saya sudah besar. Tidak berapa lama dari itu, saya menonton Ultraman di TV, dan langsung saja saya memutuskan bahwa saya ingin jadi Ultraman. Saya yakin bahwa saya bukanlah satu-satunya anak dengan mimpi seperti ini semasa itu. Intinya adalah, dalam hidup kita, mimpi kita berubah seiring waktu. Terkadang alasan nya adalah karena kita tumbuh dewasa dan kita menemukan suatu hal yang mungkin jauh lebih menarik bagi kita, atau terkadang perubahan itu bisa juga terjadi karena entah mengapa kita menyadari bahwa mimpi kita itu terdengar tidak relaistis, misalnya saja seperti mimpi ingin menjadi Power Rangers yang baru saja saya ceritakan.

Inti dari yang saya bicarakan ini bukanlah tentang membatalkan mimpi saat itu terdengar tidak mungkin. Namun hal yang ingin saya sampaikan sebenarnya adalah tidak perduli seberapa kecil, konyol atau bahkan tidak mungkin sebuah mimpi itu, semua orang, tanpa terkecuali, membutuhkannya. Tidak mengapa jika suatu hari mimpi itu berubah, namun kamu harus tetap terus bermimpi tentang suatu hal dalam hidupmu, karena hidup, seperti yang kita tau, merupakan sebuah perjalanan. Artinya suka ataupun tidak, kita akan berpindah dari satu titik dalam hidup kita ke titik lainnya, dan pergerakan ini adalah hal yang tak bisa kita hindari. Jadi akan lebih baik atau bahkan wajib bagi kita untuk memiliki titik tertentu yang ingin kita capai atau kita tuju, karena setidaknya kita bergerak ke suatu arah dan tidak hanya sekedar hanyut tanpa tujuan yang jelas, dan itulah arti penting dari sebuah mimpi dalam hidup kita: sebuah tujuan, sesuatu untuk dicapai, suatu tempat untuk dituju.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,

Apakah anda tau Iron Man? Ya, saya rasa semua orang tau Iron Man ya. Mari kita bicarakan sedikit tentang hal ini. Karakter komik dan film ini telah menginspirasi tidak hanya anak-anak, namun ratusan orang dewasa untuk bermimpi memiliki baju super yang memungkinkan mereka terbang dan menembakkan laser dari tangannya. Mimpi ini mungkin terdengar mustahil pada titik tertentu, namun faktanya sebagian orang masih cukup berani untuk bermimpi membuat baju super ini. Beberapa diantaranya mencoba membuat kostum seukuran aslinya dan membawanya ke comic-con. Beberapa yang lain bahkan membawa mimpi ini pada tingkatan baru yang lebih serius dengan cara membuat exo-suit bertenaga jet yang benar-benar mampu terbang sekitar satu meter di atas tanah.

Lalu apa arti semua ini ibu-ibu dan bapak-bapak sekalian? Bagi saya, ini artinya bahwa kita seharusnya tidak pernah takut untuk bermimpi. Tetap percaya pada mimpi itu dan mulailah mengambil satu langkah menuju mimpi itu. Tidak perlu langkah yang besar, cukup satu langkah kecil menuju mimpimu itu berarti kamu sudah semakin dekat untuk mencapainya. Sama halnya dengan impian untuk membuat baju Iron Man sungguhan, hari ini beberapa orang telah membuat beberapa langkah kearahnya, siapa yang tau bahwa kita akan menggapainya dalam dua atau lima tahun kedepan jika kita terus saja bergerak kearahnya.

Sekarang saat kita sudah tau seberapa pentingnya sebuah mimpi itu, saya yakin bahwa tidak aka nada satupun dari anda yang akan menyerah pada mimpi anda. Tidak perduli seberapa kecil, konyol atau mustahil mimpimu itu, kita tidak boleh melepaskannya. Kita hanya perlu mengambil langkah kecil kearah mimpi itu dan mencoba mencari cara untuk mewujudkannya.

Nama saya Fandi Radian dari SMAN 2 Sudikata, terimakasih atas perhatian anda.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Pidato Bahasa Inggris Tentang Masa Depan dan Cita-Cita Beserta Bahasa Indonesianya "