Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Bahasa Inggris Tentang Perpisahan Beserta Bahasa Indonesianya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Pidato Bahasa Inggris Tentang Perpisahan Beserta Bahasa Indonesianya  

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Good morning.

The honorable chief of Dinas Pendidikan Karya Muda,

The honorable principals of Vocational High School 2 Karya Muda,

The honorable chief of school committee

The honorable Teachers and Staff of Vocational High School 2 Karya Muda

and all beloved friends.

First of all, let us express our gratitude to Allah Subhanahu wa Ta’ala for his blessing in our life so that we can gather around in this place to hold a farewell party for our senior students.

Second of all, I would like to thank all people who have devoted their time and energy for the past few days in the preparation of this event so that it runs perfectly as we experience today. Let’s give big applause to all of the committee for their relentless effort to make all of this happen.

My name is Hasan Fikri. I’m the chairman of the student body. In this special occasion, I would like to say a few words for our beloved senior, my fellow students and also our junior.

Ladies and Gentleman,

Every year we hold a farewell party for our senior students a couple of weeks before their graduation. Have you ever asked yourself, why do we hold it before their graduation? And why not later when they already graduated from this school? Well, the answer is actually pretty simple: the essential meaning of the event itself.

This farewell party is family event, and we all are family. This event is not about the dance or the music performance that we are going to have in a moment. This event is about appreciating the chance that we have to gather around together for maybe the last time.

I don’t know what will happen tomorrow, nor I know what will happen in the next five or ten years. Some of you might already be somebody of your dream living so far from this place. Some of you might still struggle with your dream, fighting so hard to achieve it. But I do know one thing: that our prayer will always be with you, that we will always hoping for the best for you, because you are family.

The thing is that, this might be the last time for us to ever see each other again. But believe me, I do not hope so. But again, life is a journey full of surprises and unexpected things, none of us know for sure what or who we will find along the way, and as much as we want to have a full control over our life, in reality we don’t.

That is the reason why all of us come to this event today, celebrating this family gathering, so that we can at least have our final chance to ask forgiveness to each other for every wrongdoings that we might have done during our life in this school and also to do one small but important things: to say I love you. So, I love you everybody. I love everything about this school. I love the people, the teacher, the students, the staff, I love the building and the environment. I just feel so lucky to have a chance to spend part of my life in this school.

One short message before I end my speech, for our seniors, you guys have been such an inspiration for all of us, we thank you all for that. This is your time, your moment to shine. We wish you a bright and happy future in anything that you do from this moment on. For my fellow classmates, well what can I say, you guys are awesome. We are going to face the final stage of our high school life, so let’s make it count. And the last but not least, for our junior, this school is the best place for you to grow, so chase anything that you want, do your best and get it.

I think that’s all from me, thank you so much for your attention.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Let’s have a party!

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Perpisahan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Good morning.

Yang terhormat kepala dinas pendidikan Karya Muda

Yang terhormat kepala sekolah SMK 2 Karya Muda

Yang terhormat kepala komite sekolah

Yang terhormat dewan guru dan staf SMK 2 Karya Muda

Dan teman-teman yang saya sayangi

Pertama-tama, marilah kita mengucap syukur pada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas berkah dalam hidup kita hingga kita bisa berkumpul bersama di tempat ini untuk mengadakan pesta perpisahan untuk senior kita.

Yang kedua, saya ingin berterimakasih pada semua orang yang telah mencurahkan waktu dan tenaga selama beberapa hari ini dalam persiapan acara ini sehingga acara ini bisa berjalan dengan sempurna seperti yang kita alami saat ini. Mari kita beri tepuk tangan yang meriah untuk segenap panitia atas usaha mereka yang tak kenal lelah untuk mewujudkan semua ini.

Nama saya Hasan Fikri. Saya ketua OSIS. Dalam acara special ini, saya ingin mengucapkan beberapa kata untuk senior tercinta kita, teman-teman saya dan juga junior kita.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,

Setiap tahun kita mengadakan pesta perpisahan untuk siswa senior kita beberapa minggu sebelum hari kelulusan mereka. Pernahkah anda bertanya pada diri sendiri, mengapa kita mengadakan acara ini sebelum kelulusan mereka? Dan mengapa tidak nanti saja ketika mereka telah lulus dari sekolah ini? Jawabannya sebenarnya cukup sederhana: makna terpenting dari acara ini sendiri.

Pesta perpisahan ini adalah acara keluarga, dan kita semua adalah keluarga. Acara ini bukan tentang tarian atau penampilan music yang akan segera kita saksikan sebentar lagi. Acara ini adalah tentang menghargai kesempatan yang kita miliki untuk berkumpul bersama yang mungkin untuk terakhir kalinya.

Saya tidak tau apa yang akan terjadi besok, tidak juga saya tau apa yang akan terjadi dalam lima atau sepuluh tahun kedepan. Beberapa diantara kalian mungkin akan telah menjadi seseorang yang kalian impikan dan tinggal sangat jauh dari sini. Sebagian dari kalian mungkin masih akan sedang berjuang dengan mimpi kalian, berusaha dengan begitu keras untuk menggapainya. Namun saya tau satu hal yang pasti: bahwa doa kami akan selalu bersama kalian, bahwa kami akan selalu mendoakan yang terbaik untuk kalian, karena kalian adalah keluarga.

Intinya adalah, ini mungkin saja merupakan kali terakhir bagi kita untuk bisa bertemu satu sama lain. Namun percayalah, saya harap tidak begitu. Tapi lagi-lagi, kehidupan adalah sebuah perjalanan yang penuh dengan kejutan dan hal-hal yang tak terduga, tidak ada satupun dari kita yang tau dengan pasti apa atau siapa yang akan kita jumpai disepanjang jalan, dan seberapapun kita ingin memiliki kendali penuh atas kehidupan kita, pada kenyataannya kita tidak bisa begitu.

Itulah alasannya mengapa kita datang pada acara hari ini, merayakan kumpul keluarga ini, supaya kita setidaknya bisa memiliki kesempatan terakhir kita untuk saling memaafkan atas segala kesalahan yang mungkin telah kita lakukan selama hidup kita di sekolah ini dan juga untuk melakukan satu hal yang kecil namun cukup penting: untuk menyatakan cinta. Jadi, saya saying kalian semua teman-teman. Saya suka semua hal tentang sekolah ini. Saya suka orang-orang nya, guru nya, siswa nya, staf nya, saya juga suka bangunannya dan lingkungannya. Saya merasa begitu beruntung bisa memiliki kesempatan untuk menghabiskan bagian dari hidup saya di sekolah ini.

Satu pesan singkat sebelum saya mengakhiri pidato saya, untuk senior kita, kalian telah menjadi sebuah sumber inspirasi bagi kami semua, kami berterimakasih atas hal itu. Ini adalah waktu kalian, momen kalian untuk bersinar. Kami mendoakan masa depan yang cerah dan bahagia untuk kalian dalam hal apapun yang kalian lakukan semenjak hari ini. Untuk rekan-rekan seperjuangan, apa yang bisa saya katakana lagi, kalian semua sangat keren. Kita akan menghadapi tahap akhir dari masa SMA kita, ayo buat waktu ini berharga. Dan yang terakhir namun tak kalah pentingnya, untuk junior kami, sekolah ini adalah tempat terbaik bagi kalian untuk berkembang, karenanya kejarlah apapun yang kalian inginkan, lakukan yang terbaik yang kalian bisa dan gapai mimpi kalian.

Saya rasa itu saja dari saya, terimakasih banyak atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Pidato Bahasa Inggris Tentang Perpisahan Beserta Bahasa Indonesianya"