Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Bahasa Inggris Tema Kewajiban Menuntut Ilmu dan Artinya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Pidato Bahasa Inggris Tema Kewajiban Menuntut Ilmu dan Artinya    

Assalamualaikum Wr. Wb

First of all, lets pray and thank unto our god Allah who has been giving us some mercies and blessings so we can attend and gather in this place in good condition and happy situation.
Science has an important role in this journey of life. With someone would be steadier in the exercise of worship to God Almighty, know the actual purpose and essence. However, in contrast to someone who is blind would be the science of religion, then everything you do will not know the basics and real purpose. It is not to impinge on the Muslims and we should realize every Muslim  has a duty to study.

Seek the knowledge and you must get priority on every Muslim. People learned and then know the road that will be traveled. People crave a happy life in the world and it must have knowledge. People who crave happiness the world hereafter shall have science anyway. Therefore be not to feel tired to study, and anywhere we have to keep looking though the country of China, as a similar.
All attendees who are blessed





Many ways is carried out  to look for knowledge. Some seek knowledge by listening to Religious and some are looking for science through reading books. Also some seek knowledge through schools, and many more seek trough science resource. But keep in mind that it is known and seeking the most dominant is to start children of school age. Because with a great opportunity, the children of early age still have a strong catching power. The science is really as capital material on the life of the days to come. Science has accepted the children start early with a serious manner. It will be marked and remembered constantly. So the importance of the study started early, meaning they can really reach a golden opportunity. As with science, then it could support the full of life now and tomorrow and in the next future.

All attendees who are blessed,

Once we find the science seriously, do not forget to practice. The learned are obligated to practice the science not hidden. When someone has a science and then hidden, then the threat will be received. So the short blurb that we pass, with hopeful we have servants including religious studies. We want to apply in everyday life so happy world of the afterlife.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

pidato bahasa inggris kewajiban menuntut ilmu


Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Kewajiban Menuntut Ilmu

Assalamualaikum Wr. Wb

Pertama-tama, mari kita berdoa dan terima kasih kepada Tuhan kami Allah yang telah memberikan kita keberkahan sehingga kita dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dalam kondisi dan situasi yang baik pula.

Pengetahuan memiliki peran penting dalam perjalanan kehidupan ini. Dengan pengetahuan, seseorang akan mantap dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT, mengetahui tujuan yang sebenarnya. Namun, berbeda dengan seseorang yang buta akan ilmu, maka semua yang Anda lakukan tanpa mengetahui dasar-dasar dan tujuan sebenarnya. Hal ini menimpa pada umat Islam dan kita harus menyadari setiap muslim memiliki kewajiban untuk belajar.


Carilah ilmu dan Anda harus mendapatkan prioritas pada setiap Muslim. Orang belajar dan kemudian mengetahui jalan yang akan ditempuh. Orang mendambakan hidup bahagia di dunia dan hal itu harus memiliki pengetahuan. Orang-orang yang mendambakan kebahagiaan dunia akhirat harus memiliki ilmu pengetahuan pula. Oleh karena itu, dia tidak akan merasa lelah untuk belajar, dan di mana saja kita harus terus mencari meskipun negara Cina, ibaratnya.

Semua peserta yang dirahmati

Banyak cara dilakukan untuk mencari pengetahuan. Beberapa mencari ilmu dengan mendengarkan dan ada pula yang mencari ilmu pengetahuan melalui membaca buku. Juga beberapa mencari ilmu melalui sekolah, dan banyak lagi mencari melalui sumber daya dan ilmu pengetahuan. Namun perlu diingat dan diketahui bahwa mencari ilmu yang paling dominan adalah mulai anak-anak. Karena dengan usia tersebut, anak-anak usia dini masih memiliki daya pikir yang bagus. Ilmu benar-benar sebagai bahan modal pada kehidupan masa yang akan datang. Ilmu pengetahuan telah membuat anak-anak mulai awal belajar dengan serius. Ini akan ditandai dan diingat terus-menerus. Jadi pentingnya pengetahuan dimulai sejak dini, yang berarti mereka benar-benar dapat mencapai kesempatan emas. Seperti ilmu pengetahuan, maka hal itu bisa mendukung penuh kehidupan sekarang dan besok dan di masa mendatang.

Semua peserta yang dirahmati

Setelah kita menemukan ilmu dengan serius, jangan lupa untuk mengamalkanya. Kita diwajibkan untuk tidak menyembunyikan ilmu. Ketika seseorang memiliki ilmu dan kemudian disembunyikan, maka ancaman akan diterima. Inilah uraian singkat yang kita miliki dengan harapan kita memiliki pembelajaran agama. Kita harus menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa membahagiakan di dunia dan akhirat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Pidato Bahasa Inggris Tema Kewajiban Menuntut Ilmu dan Artinya "