Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Tantangan Generasi Saat Ini dan Artinya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Tantangan Generasi Saat Ini dan Artinya              

  The Challenges of The Current Generation (Tantangan Generasi Saat Ini)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
What do you have in mind when you are talking about the current generation in our country? Some of you might think of the word “Millennials” or “Gen-Z”. Yap, that’s right, our current society is still dominated by those two generations. The thing is, what do you think those two generations have in common? That’s right, something that they have in common is that they are so close with technology, or in this case “the internet”.
For our current generations, the internet is not only an important part of their life, but they live on the internet, like literally. They learn so many things from the internet, they get entertainment on the internet, they make money on the internet, and they even get in touch with each other through the internet. It is like we cannot take the internet away from their life.
As they spend more time on the internet, lots of stigmas start to grow in our society towards the current generation. Some people start to consider the current generation as lazy, lack of social interaction, lack of knowledge or they simply look at the current generation in negative way. The thing is that, people who despise the current generation have their own reasons to do so. One of the reasons is because in fact most of our teenagers right now are attached to their gadgets most of the time, so it makes them physically appear to be doing nothing all day. One thing that most people may not realize is that they may be physically sleeping on the couch all day, but the fact is that they might be virtually on the other side of the world all the time, exploring so many beautiful places through google earth. They might physically seem to be passive just because they don’t leave their room all day, but the fact is that they might actually make tons of money virtually.
As the world evolves into a new era, the challenge for the people also evolves. We cannot weight our current generation by using the old standards that we used long time ago. It is different now. Back then, people worked so hard to pursue high education so that they could get a good job with a good salary so they could have a happy life, but now it is no longer the case.
With the existence of the current technology, the world is literally in our hands. So the challenge is no longer to get to know the world, because we practically already know everything about it, but the challenge for our current generation now is to ask to ourselves, what we want to do with all information that we have in our hands. It means that, the challenge is to be creative. Why do I say so? Because everyone has the same knowledge about the world, so the one thing that will make a difference is creativity.
Our current generation is not weak, they are not lazy, and they definitely are not lack of knowledge. They are just channeling their potential to something else, something new, something that most of elder people may not understand. Their burden will be much heavier if we add so many stigmas towards them while they are in the process of finding their own life path.

Ladies and Gentleman,
Now that we know the reality that our current generations have to face, I believe it is time for us to give them some space to grow to be whatever they want to be. They need all people to trust them, especially the elder generation. It is their time, it is their era, it is their world now, let them handle it their way.

My name is Ferin Altiany from SMAN 12 Kelilipan. Thank you very much for your attention.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Generasi Muda
Tantangan Generasi Saat Ini

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Apa yang ada di pikiran anda saat anda sedang membicarakan tentang generasi masa kini di negara kita? Sebagian dari anda mungkin memikirkan kata “Milenial” atau “Gen-Z”. Ya, itu benar, masyarakat kita saat ini masih didominasi oleh dua generasi ini. Masalahnya, menurutmu apa kesamaan yang dimiliki dua generasi ini? Tepat sekali, suatu hal yang merupakan kesamaan dari keduanya adalah bahwa mereka sangat dekat dengan teknologi, atau dalam kasus ini “internet”.
Bagi generasi kita saat ini, internet bukan hanya bagian penting dari hidup mereka saja, namun mereka benar-benar hidup di internet. Mereka belajar banyak hal dari internet, mereka mendapatkan hiburan di internet, mereka menghasilkan uang dari internet, dan mereka bahkan saling berhubungan melalui internet. Seakan-akan kita tidak bisa menjauhkan internet dari kehidupan mereka.
Seiring mereka menghabiskan lebih banyak waktu di internet, banyak stigma mulai tumbuh di masyarakat kita terhadap generasi masa kini. Sebagian orang mulai menganggap generasi masa kini sebagai pemalas, kurang interaksi sosial, kurang pengetahuan atau mereka singkatnya memandang generasi masa kini dengan cara yang negative. Masalahnya adalah, orang yang memandang rendah terhadap generasi masa kini memiliki alasan untuk melakukan hal itu. Salah satu alasannya adalah karena fakta nya sebagian besar remaja kita saat ini sangat melekat pada gadget mereka hampir setiap saat, jadi hal ini membuat mereka secara fisik terlihat tidak melakukan apa-apa seharian. Satu hal yang sebagian besar orang mungkin tidak sadari adalah bahwa mereka mungkin secara fisik sedang tidur di sofa sepanjang hari, namun faktanya mereka mungkin selama ini berada di belahan dunia lain secara virtual, menjelajahi begitu banyak tempat indah melalui google earth. Mereka mungkin secara fisik terlihat pasif hanya karena mereka tidak meninggalkan kamarnya seharian, namun faktanya mereka mungkin sebenarnya menghasilkan uang yang banyak secara virtual.
Seiring dunia berevolusi ke zaman yang baru, tantangan bagi masyarakat pun juga berevolusi. Kita tidak bisa menilai generasi masa kini dengan menggunakan standar tua yang kita gunakan bertahun-tahun lalu. Keadaan sudah berbeda sekarang. Dulu, orang-orang bekerja keras untuk mengejar pendidikan tinggi agar mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang baik dengan gaji yang besar supaya mereka bisa hidup bahagia, namun kini sudah tidak begitu adanya.
Dengan keberadaan teknologi saat ini, dunia benar-benar berada dalam genggaman kita. Oleh karena itu tantangannya bukan lagi untuk mengenal dunia, karena kita secara nyata sudah tau semua hal tentang itu, namun tantangan untuk generasi kita masa kini adalah untuk bertanya pada diri sendiri, apa yang ingin kita lakukan dengan semua informasi yang kita miliki di tangan kita itu. Hal ini berarti, tantangannya adalah untuk menjadi kreatif. Mengapa saya bilang begitu? Karena semua orang memiliki pengetahuan yang sama tentang dunia, maka satu-satu nya hal yang akan membuat perbedaan adalah kreatifitas.
Generasi kita masa kini tidaklah lemah, mereka tidak pula malas, dan mereka sudah tentu tidak kekurangan ilmu pengetahuan. Mereka hanya menyalurkan potensi mereka pada hal yang lain, hal yang baru, hal yang sebagian besar orang tua mungkin tidak mengerti. Beban mereka akan jauh lebih berat jika kita menambahkan begitu banyak stigma terhadap mereka sementara mereka sedang dalam proses menemukan jalan hidup mereka sendiri.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Sekarang saat kita sudah tau kenyataan yang harus dihadapi generasi kita masa kini, saya yakin ini waktunya bagi kita untuk memberikan mereka sedikit ruang untuk tumbuh menjadi apapun yang mereka mau. Mereka membutuhkan semua orang untuk percaya pada mereka, terutama pada orang tua. Ini adalah waktu mereka, ini adalah zaman mereka, ini adalah dunia mereka sekarang, biarkanlah mereka menangani nya dengan cara mereka sendiri.

Nama saya Ferin Altiany dari SMAN 12 Kelilipan. Terimakasih banyak atas perhatian anda.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Tantangan Generasi Saat Ini dan Artinya "