Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Ibadah Haji dan Artinya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Ibadah Haji dan Artinya             

  Hajj Pilgrimage (Naik Haji)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
The honorable audience
The honorable teacher and my beloved friends
Let’s be grateful to Allah Subhanahu wa Ta’ala for his blessing in our life and let’s say sholawat to our prophet Muhammad Shalallahu alaihi wa Salam.
My name is Ariska Febrinara from class 4C. In this occasion, I would like to deliver my speech with the title “Hajj Pilgrimage”.

My beloved friends and audience,
Do you know about Hajj Pilgrimage? Yes, that is right. Hajj pilgrimage is one of our duties as a Moslem. Every year, thousands of people from around the world take part in this activity, including our people from Indonesia. I believe that it is important for all of us to know more about this and that is the reason why I am going to talk about it today.
Hajj or Hajj Pilgrimage is one of rukun Islam. As we know that there are five pillars in rukun Islam, and Hajj pilgrimage is the fifth. Rukun Islam contains the foundation of our religion. It consists of five pillars or duties that we have to do in our life. Those five duties are: Syahadat, Salat or Sholat, Saum or fasting during Ramadan, Zakat and Hajj pilgrimage. Every moslem, with no exception, have to carry out these duties, and that is just how important Hajj pilgrimage is for a moslem.
Although Hajj pilgrimage is included in rukun Islam, but Hajj pilgrimage is considered as a special activity and the rule is slightly different with the other four pillars. The other duties in rukun Islam are obligatory for all moslem with no exception, this is actually the same with Hajj pilgrimage, but Hajj pilgrimage is only obligatory for those who are physically and financially capable of taking the journey. Why? Because Hajj pilgrimage requires you to travel to Mecca (Mekkah) which will definitely requires some money and god condition of the body.
This regulation doesn’t mean that you are free of this duty if you are poor or if you are not physically ready for the journey. Every moslem should dream of taking this journey for at least once in their life, and if they are currently not ready to do it, then it is their duty to do everything in their power to make themselves ready for this journey, because if we go back to my explanation in the beginning, Hajj pilgrimage is one of our rukun Islam, so if you are a moslem you have to do it.

My beloved friends and audience,
Hajj pilgrimage is a way for us to worship Allah Subhanahu wa Ta’ala, it is a way for us to get closer to him. I believe that we wouldn’t want to miss that opportunity, right? That’s is the reason why, through this speech, I would like to invite you all to get ourselves ready for this holy journey start from now. I believe we will be ready if we start the preparation from now. So, start saving your money and try to stay healthy.

I think that’s all from me, I hope it is useful for all of us.
Thank you very much for your attention.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Ibadah Haji
Naik Haji

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Hadirin yang terhormat
Yang terhormat Bapak Ibu Guru dan teman-teman yang saya sayangi.
Mari kita bersyukur pada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas berkah nya dalam hidup kita dan mari kita bacakan sholawat pada nabi kita Muhammad Shalallahu alaihi wa Salam.
Nama saya Ariska Febrinara dari kelas 4C. Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pidato saya dengan judul “Naik Haji”.

Teman-teman serta hadirin yang saya sayangi,
Taukah anda tentang perjalanan naik Haji? Ya, benar sekali. Perjalanan Haji adalah salah satu kewajiban kita sebagai seorang Muslim. Setiap tahun, ribuan orang dari seluruh dunia ikut serta dalam kegiatan ini, termasuk masyarakat kita dari Indonesia. Saya yakin hal ini adalah hal penting bagi kita untuk tau lebih jauh tentang kegiatan ini dan itu merupakan alasan mengapa saya akan membicarakan tentang hal itu hari ini.
Haji atau perjalanan naik Haji adalah salah satu rukun Islam. Seperti yang kita tau bahwa ada lima pilar dalam rukun Islam dan naik Haji merupakan yang ke-lima. Rukun Islam mengandung pondasi agama kita. Hal itu terdiri dari lima pilar atau kewajiban yang harus kita laksanakan dalam hidup kita. Kelima kewajiban itu adalah: Syahadat, Salat, Puasa di bulan Ramadan, Zakat dan naik Haji. Setiap muslim, tanpa terkecuali, harus melaksanakan kewajiban ini, dan inilah betapa pentingnya perjalanan naik Haji itu bagi seorang muslim.
Meskipun perjalanan Haji termasuk kedamal rukun Islam, namun naik Haji dianggap sebagai kegiatan special dan peraturannya sedikit berbeda dengan empat pilar yang lain. Kewajiban yang lain dalam rukun Islam bersifat wajib bagi semua muslim tanpa terkecuali, hal ini sebenarnya sama dengan naik Haji, namun perjalanan naik Haji hanya wajib bagi mereka yang secara fisik dan financial sanggup melaksanakan perjalanan itu. Mengapa? Karena perjalanan naik Haji mengharuskan kamu untuk bepergian ke Mekkah yang tentunya akan membutuhkan uang dan kondisi tubuh yang baik.
Peraturan ini tidak berarti bahwa kamu terbebas dari tanggung jawab ini jika kamu miskin atau kamu secara fisik belum siap untuk perjalanan itu. Setiap orang Islam harus memimpikan untuk melakukan perjalanan ini setidaknya sekali dalam hidup mereka, dan jika mereka saat ini tidak siap untuk melaksanakannya, maka itu merupakan kewajiban mereka untuk melakukan segala hal yang mereka mampu untuk membuat diri mereka siap untuk perjalanan ini, karena jika kita kembali lagi pada penjelasan saya di awal, perjalanan naik Haji adalah satu dari rukun Islam, jadi jika kamu adalah seorang muslim kamu harus melakukannya.

Teman-teman serta hadirin yang saya sayangi,
Perjalanan Haji adalah sebuah cara untuk beribadah pada Allah Subhanahu wa Ta’ala, hal itu merupakan sebuah cara bagi kita untuk mendekat pada-Nya. Saya yakin kita tentu tidak ingin melewatkan kesempatan ini, benar kan? Inilah alasannya mengapa, melalui pidato ini, saya ingin mengajak anda semua untuk mempersiapkan diri kita demi perjalanan suci ini mulai dari sekarang. Saya yakin kita akan siap jika kita memulai persiapan ini dari sekarang. Jadi, mulailah menabung dan coba untuk tetap jaga kesehatan.

Saya rasa itu saja dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Terimakasih banyak atas perhatian anda.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Ibadah Haji dan Artinya"