Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Arti Perjuangan Hidup dan Artinya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Perjuangan dan Artinya              

The Meaning of Life Struggle (Arti Perjuangan Hidup)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
My beloved audience, who are you? Are you a teacher? Are you a student? Are you a doctor? Are you a patient with a serious illness? Or, are you a father of five children? Or maybe you are single parents. Whoever you are and whatever you do, all of us struggle in our life every day, facing challenge after challenge. There is nobody live without challenge in their life. No matter how small or how big the challenge is, everybody live with their own problem. We can quit, some of us do, but most of us, especially all of you present in this place today, you are not quitters. You don’t give up with anything that comes to your life. You face it like a true warrior that you are, because you understand what the meaning of life struggle is. I am Genta Muhammad Irsyan. Today, I would like to share a little bit of my personal opinion about the meaning of life struggle.

Ladies and Gentleman,
Despite the difference in terms of the definition, all people want to achieve success in their life. For some people success is when you can make your parents happy with your achievement at school. For others, success could be anything from being famous to something as simple as making his or her loved one smile. Whatever your dream is and whatever your definition of success is, one thing is certain: you have to struggle to achieve it, because without effort, nothing will be achieved. The interesting part of all this is that human never stop dreaming. So when they have achieved one goal, they are going to start dreaming about something else, something new, something greater, and that is the reason why we can’t stop struggling in our life.
Life struggle is not about competing with others. It is about seeking improvement. It is about evolving. It is about becoming the best version of us, and this is naturally coded into our brain. That is why we can’t escape it. We will always naturally try to achieve something. No matter how small or simple the goal is.
If you don’t believe me, let’s go back to the moment when we were still babies. Back then, we are completely helpless. We couldn’t stand, we couldn’t talk, we couldn’t walk, and we couldn’t even crawl. At that moment, no one told us how important it is for us to be able to do all things that I just mentioned. In fact, no one told us to try to do it. One day we just woke up and naturally had the urge to give it a try, so we take our first step and the next, and the next, and the next, until we reached a moment where we can do it perfectly.
What I am trying to say is that we have natural desire to seek improvement in our life. We basically love to struggle, and if I may say, it is our struggle that allow us to feel alive. Besides, if we really hate struggling, what is the different between us and dead corpses? Am I right?
As I told you in the beginning of my speech that we will keep looking for greater achievement once we accomplished one goal. Human, by nature, will never stop growing and this spirit of struggle that exist inside human’s heart is what brings us to such extraordinary advancement in any fields as we experience today.
In conclusion, struggle is inseparable part of our life. In fact, life itself is struggle. No one says that it is going to be easy, but if you survive the process, it will take you to a greater condition. So, never give up!

I think that’s all from me, thank you for your attention.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Perjuangan
Arti Perjuangan Hidup

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Hadirin yang saya sayangi, siapa anda? Apakah anda seorag guru? Apakah anda seorang pelajar? Apakah anda seorang dokter? Apakah anda seorang pasien dengan suatu penyakit serius? Atau, apakah anda seorang ayah dari lima anak? Atau mungkin anda adalah orang tua tunggal. Siapapun anda dan apapun yang anda kerjakan, kita semua berjuang dalam hidup kita setiap hari, menghadapi tantangan demi tantangan. Tidak ada seorang pun yang hidup tanpa tantangan dalam hidup mereka. Tidak perduli seberapa kecil atau seberapa besar tantangan itu, setiap orang hidup dengan masalah mereka sendiri. Kita bisa menyerah, sebagian dari kita melakukannya, namun sebagian besar dari kita, khususnya anda semua yang hadir di tempat ini pada hari ini, anda bukanlah orang yang mudah menyerah. Anda tidak menyerah dengan apapun yang datang pada hidup anda. Anda menghadapinya layaknya pejuang sejati yang memang merupakan karakter anda, karena anda mengerti apa arti perjuangan hidup itu. Saya Genta Muhammad Irsyan. Hari ini, saya ingin berbagi sedikit pendapat pribadi saya tentang arti perjuangan hidup.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Terlepas dari perbedaan dalam hal definisi, semua orang ingin menggapai kesuksesan dalam hidup mereka. Bagi sebagian orang sukses itu adalah ketika kamu bisa membuat kedua orang tua mu bahagia dengan pencapaianmu di sekolah. Bagi yang lain, sukses bisa jadi apapun mulai dari menjadi terkenal hingga suatu hal yang sesederhana membuat orang tersayang tersenyum. Apapun mimpimu dan apapun definisi sukses mu, satu hal yang pasti: kamu harus berjuang untuk menggapai nya, karena tanpa usaha, tidak ada yang bisa diraih. Bagian menarik dari semua ini adalah bahwa manusia tidak pernah berhenti bermimpi. Jadi ketika mereka telah mencapai satu tujuan, mereka akan mulai bermimpi akan suatu hal yang lain, suatu hal baru, suatu hal yang lebih besar, dan ini adalah alasannya mengapa kita tidak bisa berhenti berjuang dalam hidup kita.
Perjuangan hidup bukanlah tentang bersaing dengan orang lain. Itu adalah tentang mencari perbaikan. Itu adalah tentang berevolusi. Itu adalah tentang menjadi versi terbaik dari diri kita, dan hal ini terkode secara alami kedalam otak kita. Inilah sebabnya mengapa kita tidak bisa lari darinya. Kita akan selalu secara alami mencoba menggapai sesuatu. Tidak peduli seberapa kecil atau sederhana nya tujuan itu.
Jika anda tidak percaya dengan saya, ayo kita kembali ke waktu saat kita masih bayi. Pada saat itu, kita benar-benar tak berdaya. Kita tidak bisa berdiri, kita tidak bisa bicara, kita tidak bisa berjalan, dan kita bahkan tidak bisa merangkak. Pada saat itu, tidak ada satupun yang memberitau kita betapa pentingnya bagi kita untuk bisa melakukan semua hal yang baru saya sebutkan. Bahkan, tidak ada satu orang pun yang menyuruh kita untuk mencoba melakukan hal itu. Suatu hari kita tiba-tiba saja terbangun dan secara alami memiliki dorongan untuk mencobanya, kita pun mengambil langkah pertama kita dan langkah berikutnya, dan berikutnya, dan berikutnya, hingga kita mencapai suatu waktu dimana kita bisa melakukannya dengan sempurna.
Apa yang saya coba sampaikan adalah bahwa kita memiliki hasrat alamiah untuk mencari kemajuan dalam hidup kita. Kita pada dasarnya senang berjuang, dan jika saya boleh mengatakan, perjuangan kita lah yang memungkinkan kita merasa hidup. Selain itu, jika ita benar-benar benci perjuangan, apa bedanya kita dengan bangkai yang sudah mati? Benar kan?
Seperti yang saya sampaikan di awal pidato saya bahwa kita akan terus mencari pencapaian yang lebih besar disaat kita telah menyelesaikan sebuah tujuan. Manusia, secara naluriah, tidak akan berhenti berkembang dan semangat perjuangan yang ada dalam hati manusia inilah yang membawa kita pada kemajuan yang luar biasa di berbagai bidang seperti yang kita alami saat ini.
Kesimpulannya, perjuangan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari hidup kita. Faktanya, hidup itu sendiri adalah perjuangan. Tidak ada satupun yang menyatakan bahwa itu akan mudah, namun jika anda bertahan dalam proses nya, hal itu akan membawa anda pada kondisi yang lebih baik. Jadi, jangan pernah menyerah!

Saya rasa itu saja dari saya, terimakasih atas perhatian anda.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Arti Perjuangan Hidup dan Artinya"