Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Bahasa Inggris Tema Cinta Tanah Air dan Artinya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Pidato Bahasa Inggris Tema Cinta Tanah Air dan Artinya             


 Assalamualaikum Wr. Wb

Respectable the jury of speech contest High school level

All of my friends whom i respect

First of all, let's thank Allah the Al Mighty who has been giving us mercy and blessing so we can attend this meeting without any obstacles in this great occasion.





Loving the homeland is the nation's moral values that are increasingly depleting. The existence of free markets and foreign culture enter freely becoming one of the causes of fading a sense of love of the motherland. In fact, in the modern era, it is to hard find a teenager who respects the ideology of the country, even those who are living abroad and even ashamed of admitting it.

The audience, who I respect, loving the homeland is not easy. This love must be presented inside each one of us. For example, if we have young children at home, we tell about the history of the nation in spare time for children. In addition, we could also invite children to listen to songs nationwide. We can learn diligently as a manifestation of our efforts to be the next generation of nation. In addition, we can also always use the Indonesian as our local languages when communicating.

The audience who I respect, Loving the homeland as well we can do by caring and respecting the symbol-a symbol of the country, such as the red-white flag and coat arms of Garuda. They should be proud if they use red-white flag as their uniform in their behavior. Furthermore, we also have to love domestic products. Although currently a lot of imported goods coming into Indonesia, trust the quality that we have to such items. It is not much different from the products made in the country.

Happy audience

Carry out the ceremony every Monday we also should not leave. All of that are in existence from flavor of love that we can do. By an awful lot of symbol of the State that we can survive, such as tribute to the red-white flag, sing the national anthem Indonesia Raya, sing national songs, and discipline.

In addition, the existence of love the homeland should keep well. We can do with the small everyday actions such as maintaining the cleanliness of the environment around us. By keeping the environment around, we have embodied the sovereignty of our country in love with.

As human being, I realize that I can’t avoid the mistakes, so I apologize to you all. And I don’t forget to say thanks so much for your nice attention.

Wassalamu'alakum Wr. Wb.

contoh pidato bahasa inggris tentang cinta tanah air dan artinya
Aku cinta Indonesia (c) Devianart.net

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Cinta Tanah Air

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang Terhormat juri tingkat SMA lomba pidato

Semua teman-teman yang saya hormati

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah yang telah memberikan kita rahmat dan berkah sehingga kita dapat menghadiri pertemuan ini tanpa kendala apapun dalam kesempatan yang baik ini.

Cinta tanah air adalah nilai-nilai moral bangsa yang kian hari semakin menipis. Keberadaan pasar bebas dan budaya asing yang masuk bebas menjadi salah satu penyebab pudarnya rasa cinta tanah air. Bahkan, di era modern sulit menemukan seorang remaja yang menghormati ideologi negara, bahkan mereka yang tinggal di luar negeri kadang malu mengakuinya.

Para hadirin yang saya hormati, mencintai tanah air tidak mudah. Cinta tanah air harus disajikan dalam diri kita masing-masing. Sebagai contoh, jika kita memiliki anak-anak di rumah, kita bercerita tentang sejarah bangsa di saat waktu luang anak. Selain itu, kita juga bisa mengajak anak untuk mendengarkan lagu-lagu nasional. Kita dapat belajar dengan tekun sebagai manifestasi dari kita untuk menjadi generasi penerus bangsa. Selain itu, kita juga dapat selalu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa lokal kita ketika berkomunikasi.

Para hadirin yang saya hormati, Cinta tanah air juga bisa kita lakukan dengan peduli dan menghormati simbol-simbol negara, seperti bendera merah-putih dan Garuda. Mereka harus bangga jika mereka berlandaskan merah-putih sebagai seragam mereka dalam perilaku mereka. Selain itu, kita juga harus mencintai produk dalam negeri. Meskipun saat ini banyak barang impor yang masuk ke Indonesia dengan kualitas barang barang tersebut. Hal ini tidak jauh berbeda dengan produk buatan dalam negeri.

Hadirin yang berbahagia

Melaksanakan upacara setiap hari Senin tidak boleh kita tinggalkan. Semua yang ada di negeri ini harus bisa membuktikan rasa cinta tanah air. Banyak sekali lambang Negara, seperti penghormatan kepada bendera merah putih, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, menyanyikan lagu-lagu nasional, dan disiplin.

Selain itu, keberadaan cinta tanah air harus tetap baik. Kita bisa melakukan dengan tindakan sehari-hari seperti menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Dengan menjaga lingkungan sekitar, kita telah diwujudkan kedaulatan negara kita.

Sebagai manusia, saya menyadari bahwa saya tidak bisa menghindari kesalahan, jadi saya minta maaf kepada kalian semua. Dan saya tidak lupa mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian baik Anda.

Wassalamualaikum Wr. Wb

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Pidato Bahasa Inggris Tema Cinta Tanah Air dan Artinya "