Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Jejaring Sosial Dalam Bahasa Inggris dan Terjemannya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Contoh Pidato Tema Jejaring Sosial Dalam Bahasa Inggris dan Terjemannya        

Assalamualaikum wr wb.

The honorable Mr. Fadillah as the principal of SMPN 1 Bagitan, the honorable for teachers of SMPN 1 Bangitan, the honorable for all parents, and all the students of SMP 1 Bangitan.

Let us say gratitude to Allah. Because of His bless, we are able to present here as the invitation to meet on the education for social networking usage.

Social networking sites are currently emerging around us. There are at least three social networking sites that are so big which are Facebook, Twitter, and Google Plus. Those are technology products that are favored by children, teenagers, and even adults. Through social networking services, we can make a new friend, expand the friends network, and knowing the situation that occurred in other places.

Ladies and Gentlemen..

As the rapid growth of social networking usage from day to day, then all the parents and teachers should be the good supervisors. All parties include parents, teachers, government, and the society must work together so that the children can get a moral and logic education in order to deal with the development of technology.

It’s better that since this time, we always educate the children in order to adopt their attitude to the rapid technological growth. When we do not guide the children with advice and a closed supervision, they are very likely to be negatively impacted by the development of the technologies, especially social networking.

Basically, social media does have a variety of positive benefits. First, children can learn to develop social skills as well as technical skills in the cyberspace so that they can continue socializing, adapting, and even hanging out with friends in all over the word. Second, they also motivated to develop their self-efficacy and motivation based on the information from social media that makes them motivated to succeed. Third, they do not miss the latest information available in the world because of the spread of news and updates in social networking are quite fast.

Social media sites also make them become more empathetic to others because they usually comment on photos, videos, and status of their friends. Furthermore, they could also be keeping friendships even though do not physically meet.

Ladies and Gentlemen..

Although social media has many positive benefits, but there are many negative impacts. A child can become a lazy communicator in the real world. They are likely have a bad level of understanding in verbal language.

Social media also makes children more selfish or individualistic. They do not realize that they have to communicate and empathize with other people in the real world. Furthermore, it is also a place that can be used to access all kinds of information even though those are bad information. Children who are easily affected by the other people, certainly will be quickly affected by bad suggestions available in social media.

Ladies and Gentlemen..

Therefore, to avoid the danger and threat of social media, we must always keep the eyes on our children. Various forms of supervision are needed. First, we need to facilitate our kids with a computer and internet at home, so they do not need to go to internet cafes to access the Internet.

Place the computer in a room that is easily monitored such as the living room. That is intended to prevent children from accessing pornographic content and other harmful materials. You are also expected to always check the browser when our children stopped accessing the internet on a home computer.

With those information and solution, hopefully we can protect our children from the bad of social media and internet growth. I think that’s all and Wassalamualaikum wr wb.

Arti dari Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Jejaring Sosial

Assalamualaikum wr wb.

Yang terhormat bapak kepala sekolah SMPN 1 Bagitan, yang terhormat bapak dan ibu guru SMPN 1 Bangitan, yang terhormat para orang tua, dan yang saya cintai semua teman-teman atau siswa dari SMPN 1 Bangitan.

Marilah kita ucapkan puji syukur kepada Allah swt. Karena rahmat dan hidayahnya kita mampu hadir disini untuk memenuhi sebuah undangan mengenai penyuluhan penggunaan jejaring sosial.

Situs jejaring sosial saat ini banyak bermunculan di sekitar kita. Setidaknya ada tiga situs jejaring sosial yang begitu besar yaitu Facebook, Twitter, dan Google Plus. Semuanya merupakan produk teknologi yang sangat disukai oleh anak-anak, remaja, dan bahkan orang dewasa. Melalui layanan jejaring sosial, kita bisa memperbanyak teman, memperluas jaringan pertemanan, dan mengetahui situasi yang terjadi di tempat lain.

Hadirin yang saya hormati..

Ketika perkembangan jejaring sosial semakin pesat dari waktu ke waktu, maka semua orang tua dan guru harus menjadi pengawas yang baik. Semua pihak baik orang tua, guru, pemerintah, dan masyarakat bekerja sama sehingga anak-anak yang masih di bawah umur mendapatkan bekal dalam rangka menghadapi perkembangan teknologi.

Sebaiknya, sejak saat ini kita selalu memberikan edukasi kepada anak dalam rangka menyikapi perkembangan teknologi yang semakin pesat. Saat kita tidak memandu anak dengan nasihat-nasihat serta pengawasan yang ketat, mereka sangat mungkin terkena dampak negatif dari perkembangan teknologi tersebut, terutama jejaring sosial.

Pada dasarnya, media sosial memang mempunyai berbagai manfaat positif. Pertama, seorang anak bisa belajar mengembangkan keterampilan sosial serta teknis di dunia maya sehingga mereka bisa terus bersosialiasi, beradaptasi, dan bergaul secara luas. Kedua, seorang anak juga termotivasi untuk mengembangkan kemampuan diri mereka karena mendapatkan motivasi serta informasi dari dunia media sosial yang membuat mereka terpacu untuk sukses. Ketiga, anak tidak ketinggalan informasi terbaru yang ada di seluruh dunia karena penyebaran dan pembaharuan berita di jejaring sosial begitu cepat.

Situs media sosial juga membuat anak menjadi lebih berempati terhadap sesama karena mereka biasanya mengomentari foto, video, dan status milik temen mereka. Lebih jauh lagi, mereka juga bisa lebih menjaga persahabatan meskipun tidak bertemu secara fisik.

Hadirin yang saya hormati..

Meskipun media sosial mempunyai banyak manfaat positif, tetapi banyak pula dampak negatifnya. Seorang anak bisa menjadi malas berkomunikasi di dunia nyata. Mereka mempunyai tingkat pemahaman bahasa verbal yang buruk.

Media sosial juga membuat anak lebih mementingkan dirinya sendiri atau individualis. Mereka tidak sadar bahwa mereka harus berkomunikasi dan berempati dengan orang lain di dunia nyata. Bahaya selanjutnya, media sosial adalah tempat yang bisa mengakses semua jenis informasi meskipun itu adalah informasi baik atau buruk. Anak-anak yang merupakan pribadi yang mudah terpengaruh, tentu mereka akan lebih cepat terpengaruh dengan informasi-informasi buruk yang ada di media sosial.

Hadirin yang saya hormati..

Oleh karena itu, untuk menghindari bahaya dan ancaman media sosial, kita harus selalu mengawasi anak-anak kita. Berbagai bentuk pengawasan antara lain adalah memfasilitasi anak dengan komputer dan internet di rumah, sehingga mereka tidak perlu pergi ke warung internet untuk mengakses internet.

Letakkan komputer di ruangan yang mudah diawasi misalnya ruang tengah. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah anak dari pengaksesan konten-konten pornografi dan materi berbahaya lainnya. Anda juga diharapkan selalu melakukan pengecekan browser ketika anak berhenti mengakses internet di komputer rumah.

Saya pikir hal itulah informasi dan himbauan yang bisa saya berikan kepada Anda.

Wassalamualaikum wr wb.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Jejaring Sosial Dalam Bahasa Inggris dan Terjemannya "