Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Manfaat Olahraga Pagi dan Artinya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Manfaat Olahraga Pagi dan Artinya                   

 The Benefit of Morning Exercise (Manfaat Olahraga Pagi)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
My dear participants and judges, do you want to have a naturally glowing skin? I bet you do, especially for anyone who loves to upload his or her photo to Instagram. Another question, do you have sleeping problem? or are you fighting obesity now? If the answer is yes, then you really need to pay attention to my speech, because I am about to tell you the answer to your problem through this speech. My name is Kurnia Putra Perdana. I am from SMAN 7 Gerak Maju. Today, I want to deliver my speech about “The Benefit of Morning Exercise”.

Ladies and Gentleman,
Waking up in the morning and start exercising early might be the hardest thing to do especially during weekdays where we have so many things to do. That is the reason why most people decided to go to the gym after work. This choice is actually not bad, but there are several reasons that make morning exercise a better choice.
The first reason is morning exercise give you a positive start to begin your day. A positive start usually ends with positive result too. Take for example, if you already accomplish five thousands steps in the morning, will you reward yourself with unhealthy food? I don’t think so. Knowing that we have worked so hard to make such accomplishment in the morning, it will drive us to choose anything that will support our health too, such as healthy breakfast and also healthy habits. I don’t think that your intention of jogging for one or two kilometers in the morning is just to enjoy a pack of cigarette at the end of your jogging session, right? It shows us that somehow, morning exercise can ignite positive thoughts inside us about achieving a healthier live.
The second reason is morning exercise has bigger possibility to be done compare to afternoon or late night exercise after work. Just be honest, how many times have you canceled your gym session just because something suddenly comes up in your schedule? I believe so many times, right? This thing will not happen in the morning. The morning is your time. I believe your boss will not call you in the morning just to have a meeting right away. If you schedule your exercise in the morning, you will have a bigger chance to actually do it, because unpredicted event is unlikely happen in early morning.
If you have sleeping problem, morning exercise could be the answer you are looking for. According to statement of the National Sleep Foundation quoted from health(dot)com, people who exercise in the morning turn out to have better sleep quality as they sleep longer and experience deeper sleep cycles compare to people who exercise in another time of the day. Morning exercise gives us a proper amount of fatigue that allows us to enjoy sleep at night better. This is another reason why exercising in the morning is actually better for our health.
We all know that doing exercise routinely not only make our body healthier, but also make us look younger. In terms of making our skin beautiful and glowing, morning exercise is the best. Some possible reasons might be the morning sunlight that we all know is so healthy for our body, the morning temperature which is just the right temperature for our skin and also the fresh morning air that nourish the pore of our skin. So if you want to have a natural and glowing skin, make sure you wake up early and do the exercise.

Ladies and Gentleman,
Now that we know the benefit of morning exercise, I believe that we will start to think of it seriously. Thank you very much for your attention, I hope you find something useful from my speech. Let’s start doing morning exercise and let’s get a better life.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Kesehatan
Manfaat Olahraga Pagi

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Para peserta dan juri yang saya sayangi, apakah anda ingin memiliki kulit natural yang bersinar? Saya yakin anda mau, terutama bagi siapapun yang suka mengunggah poto nya ke Instagram. Pertanyaan lainnya, apakah anda punya masalah dalam tidur? Atau apakah anda sedang melawan obesitas saat ini? Jika jawaban anda adalah iya, maka anda perlu memperhatikan pidato saya, karena saya akan memberi tau anda jawaban dari masalah anda melalui pidato ini. Nama saya Kurnia Putra Perdana. Saya dari SMAN 7 Gerak Maju. Hari ini, saya ingin menyampaikan pidato saya tentang “Manfaat Olahraga Pagi”.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Bangun di pagi hari dan mulai berolahraga lebih awal mungkin merupakan hal tersulit untuk dilakukan terutama pada hari kerja dimana kita memiliki begitu banyak hal untuk dilakukan. Inilah alasan mengapa sebagian besar orang memutuskan untuk pergi ke gym setelah bekerja. Pilihan ini sebenarnya tidak buruk, namun ada beberapa alasan yang membuat berolahraga di pagi hari menjadi sebuah pilihan yang lebih baik.
Alasan yang pertama adalah olahraga pagi memberikanmu awal yang positif untuk memulai harimu. Sebuah awal yang ositif biasanya berakhir dengan hasil yang positif juga. Sebagai contoh, jika kamu telah menyelesaikan lima ribu langkah di pagi hari, akankah kamu menghadiahi dirimu sendiri dengan makanan tak sehat? Saya rasa tidak. Menyadari bahwa kita telah bekerja begitu keras untuk membuat pencapaian seperti itu di pagi hari, hal itu akan mengarahkan kita untuk memilih berbagai hal yang akan mendukung kesehatan kita juga, seperti misalnya sarapan yang sehat dan juga kebiasaan yang sehat. Saya rasa niatan anda melakukan jogging sejauh satu atau dua kilometer bukanlah untuk menikmati sebungkus rokok di akhir sesi jogging anda, benar kan? Hal ini menunjukkan pada kita bahwa dengan suatu cara, olahraga di pagi hari bisa menyalakan pikiran positif di dalam diri kita tentang mencapai kehidupan yang lebih sehat.
Alasan yang kedua adalah berolahraga di pagi hari memiliki kemungkinan lebih besar untuk dilakukan dibandingkan dengan olah raga sore atau malam selesai bekerja. Jujur saja, berapa kali anda membatalkan sesi gym anda hanya karena sesuatu tiba-tiba muncul di jadwal anda? Saya yakin berkali-kali, benar kan? Hal ini tidak akan terjadi di pagi hari. Pagi hari adalah waktumu. Saya yakin atasanmu tidak akan menelponmu di pagi hari hanya untuk melakukan pertemuan segera. Jika kamu menjadwalkan olahragamu di pagi hari, kamu memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk benar-benar melaksanakannya, karena hal-hal tak terduga sepertinya tidak mungkin terjadi di pagi hari.
Jika anda memiliki masalah tidur, olahraga pagi bisa menjadi jawaban yang sedang kamu cari. Berdasarkan pernyataan National Sleep Foundation yang dikutip dari health(dot)com, orang yang melakukan olahraga di pagi hari ternyata memiliki kualitas tidur yang lebih baik karena mereka bisa tidur lebih lama dan mengalami siklus tidur yang lebih dalam jika dibandingkan dengan orang yang berolahraga diwaktu yang lain dalam satu hari. Olahraga pagi memberikan kita takaran lelah yang tepat yang memungkinkan kita untuk lebih menikmati tidur di malam hari. Ini adalah alasan lain mengapa berolahraga di pagi hari sebenarnya lebih baik bagi kesehatan kita.
Kita semua tau bahwa melakukan olahraga secara rutin tidak hanya akan membuat tubuh kita lebih sehat, namun juga membuat kita nampak lebih muda. Dalam hal membuat kulit kita cantik dan bersinar, olahraga pagi adalah yang terbaik. Beberapa penyebabnya mungkin karena sinar matahari pagi yang kita semua tau sangat sehat bagi tubuh kita, suhu di pagi hari yang merupakan suhu yang tepat untuk kulit kita dan juga udara pagi yang segar yang memberi nutrisi pada kulit kita. Jadi jika kamu ingin memiliki kulit yang natural dan bersinar, pastikan kamu bangun lebih awal dan berolahraga.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Sekarang setelah kita tau manfaat dari olahraga pagi, saya yakin bahwa kita akan mulai memikirkannya secara serius. Terimakasih banyak atas perhatian anda, saya harap anda menemukan sesuatu yang berguna dari pidato saya. Mari mulai berolahraga pagi dan ayo dapatkan hidup yang lebih baik.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Manfaat Olahraga Pagi dan Artinya"