Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Dampak Globalisasi dan Artinya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Dampak Globalisasi dan Artinya              

 The Impact of Globalization on Education (Dampak Globalisasi Pada Pendidikan)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
My beloved Teacher and friends, I believe that we all are familiar with the term “Globalization”. Some of us consider it as a bad thing and some others look at it through a more positive way. Whatever idea that you have in your mind about globalization, we all agree on one thing: Globalization is inevitable. So it is either you get along with it or you are going to be left behind. My name is Zaki Ramadhan. In this special occasion, I would like to deliver my speech about “The Impact of Globalization on Education”.

Ladies and Gentleman,
It is true that globalization has changed the way of our society to live their life. Some people called it as westernization as it has changed the behavior of our society into western-like community and leave our eastern culture behind as if they have forgotten our own identity as a nation. If we look at globalization this way, it is not a surprise that we despise it so much. The thing is that, in a globalization, we are not only receiving various things from other countries, but we are also giving a lot of things to the world. It means that, the world will also start to know us as we learn various things from it.
What I am trying to say is that globalization may bring negative impact to our society, but it also brings positive impact in the same time. We may not realize it this whole time, but we already gain some benefit from it. One of the benefits of globalization goes to the field of education. Here are several impacts of globalization on education:
Globalization has turned students to be more creative. With current technologies, the wave of globalization gets even more massive. Anyone, including students, can follow the latest news coming from all over the world. With this huge amount of information, their cognitive skills grow exponentially, allowing them to think of various brilliant idea that they can bring to the classroom learning process. This condition leads to a more challenging classroom for both the students and the teachers. If you are a teacher and you don’t believe the thing I just said, just ask yourself this question: how many times have your students asked you something new or something that you have never heard of before in your classroom? If your answer is “so many times”, then you’ll realize it now that students in this era are no longer passive as you think they used to be.
Nowadays, students are far braver than they used to. With so many knowledge that they have, they are brave enough to start a new business by themselves, to create an innovation, to travel to new places, and even to choose their own career path which sometimes considered as unusual field of work by their parents. For me, students in globalization era are more alive. If you don’t believe me, just try to find out, how many of your students are currently running their own business empire or how many of them have travelled overseas in the past six months. I believe you’ll be surprised with your findings.
In terms of the impact towards the teachers, globalization has become a bridge for teachers around the world to actually help each other to improve their performance in their classrooms. It is super easy for us now to find online forum for teachers or personal blog of a teacher to share their problem related to teaching and also solution about it. Utilizing this opportunity will definitely help teachers to keep growing so that they will be able to serve better.
Globalization has also shifted the direction of our education system. As a matter of fact, this might be the biggest impact of globalization on education in our country. The main goal of education is to prepare the student to face challenges in the future. As the wave of globalization is inevitable, the globalization becomes the challenge that we need to be prepared for. That is the reason why our education system changes its course towards a new goal.

Ladies and Gentleman,
Globalization might bring something contradictory to our culture, but I think it is us who have control over it. Globalization won’t change our identity if we don’t allow it to, but we can definitely use the benefit of globalization for our own interest.

I think that’s all from me, thank you for your attention.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Globalisasi
Dampak Globalisasi Pada Pendidikan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya sayangi, saya yakin bahwa kita semua sudah akrab dengan istilah “Globalisasi”. Sebagian dari kita menganggapnya sebagai suatu hal yang buruk dan sebagian yang lainnya melihat hal itu dengan cara yang lebih positif. Apapun ide yang ada dalam benakmu tentang globalisasi, kita semua setuju dengan satu hal: globalisasi itu tak terhindarkan. Jadi pilihannya adalah antara kamu menyesuaikan diri dengan hal itu atau kamu akan tertinggal di belakang. Nama saya Zaki Ramadhan. Dalam kesempatan yang special ini, saya ingin membawakan pidato saya tentang “Dampak Globalisasi pada Pendidikan”.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Memang benar bahwa globalisasi telah mengubah cara masyarakat kita menjalani kehidupan mereka. Sebagian orang menyebutnya sebagai pembaratan karena hal itu telah mengubah prilaku masyarakat kita menjadi seperti masyarakat barat dan meninggalkan budaya timur kita seakan-akan mereka telah melupakan identitas kita sebagai bangsa. Jika kita memandang globalisasi seperti ini, tidak mengejutkan jika kita begitu membencinya. Masalahnya adalah, dalam sebuah globalisasi, kita tidak hanya menerima berbagai hal dari negara lain, namun kita juga memberikan begitu banyak hal pada dunia. Hal ini berarti, dunia juga akan mulai mengenal kita disaat kita belajar banyak hal darinya.
Yang ingin saya coba sampaikan adalah bahwa globalisasi mungkin membawa dampak negative pada masyarakat kita, namun hal itu juga membawa dampak positif disaat yang bersamaan. Kita mungkin tidak menyadarinya selama ini, namun kita sudah mendapatkan beberapa manfaat darinya. Salah satu manfaat dari globalisasi jatuh pada bidang pendidikan. Berikut ini adalah beberapa dampaj globalisasi terhadap pendidikan:
Globalisasi telah mengubah siswa menjadi lebih kreatif. Dengan teknologi saat ini, gelombang globalisasi menjadi semakin massif. Semua orang, termasuk pelajar, bisa mengikuti berita terbaru yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Dengan informasi yang sangat banyak ini, kemampuan kognitif mereka meningkat dengan pesat, memungkinkan mereka untuk memikirkan berbagai ide hebat yang dapat mereka bawa ke dalam proses belajar di kelas. Kondisi ini berujung pada kelas yang jauh lebih menantang bagi siswa dan guru. Jika anda adalah seorang guru dan anda tidak percaya dengan apa yang baru saja saya katakan, tanyakan saja pertanyaan ini pada diri anda sendiri: berapa kali siswa anda bertanya tentang suatu hal yang baru atau suatu hal yang anda belum pernah dengar sebelumnya di kelas anda? Jika jawaban anda “berkali-kali”, maka anda akan menyadarinya sekarang bahwa siswa di zaman ini sudah tidak pasif lagi seperti yang anda pikirkan.
Saat ini, pelajar sudah jauh lebih berani dibanding dahulu. Dengan begitu banyak pengetahuan yang mereka miliki, mereka cukup berani untuk memulai bisnis baru sendirian, membuat inovasi, bepergian ke tempat-tempat baru, dan bahkan memilih jalur karir mereka sendiri yang terkadang dianggap sebagai bidang pekerjaan yang tidak umum oleh orang tua mereka. Bagi saya, pelajari di zaman globalisasi jauh lebih hidup. Jika anda tidak percaya dengan saya, silahkan coba cari tau sendiri, berapa banyak siswa anda yang saat ini sudah menjalankan kerajaan bisnis mereka sendiri dan berapa banyak dari mereka yang sudah bepergian ke luar negeri dalam enam bulan terakhir. Saya yakin anda akan terkejut dengan penemuan anda.
Dalam kaitannya dengan dampak terhadap guru, globalisasi telah menjadi sebuah jembatan bagi guru di sekeliling dunia untuk benar-benar saling membantu satu sama lain untuk meningkatkan penampilan mereka di kelas. Sangatlah mudah bagi kita untuk menemukan forum online bagi guru-guru atau blog pribadi dari seorang guru untuk berbagi masalah mereka yang terkait dengan mengajar dan solusi akan hal itu. Memanfaatkan kesempatan ini tentu akan membantu guru-guru untuk tetap terus berkembang sehingga mereka bisa melayani dengan lebih baik.
Globalisasi juga telah menggeser arah sistem pendidikan kita. Faktanya, hal ini mungkin merupakan dampak terbesar dari globalisasi terhadap pendidikan di negara kita. Tujuan utama pendidikan adalah untuk menyiapkan para pelajar untuk menghadapi tantangan di masa depan. Karena gelombang globalisasi tek terhindarkan, globalisasi menjadi tantangan tersebut yang menuntuk kesiapan kita. Inilah alasan mengapa sistem pendidikan kita mengubah arahnya ke tujuan yang baru.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Globalisasi mungkin membawa sesuatu yang kontradiktif dengan budaya kita, namun menurut saya kita lah yang memiliki kendali akan hal itu. Globalisasi tidak akan mengubah identitas kita jika kita tidak membiarkannya, namun kita tentu bisa menggunakan manfaat dari globalisasi untuk kepentingan kita sendiri.

Saya rasa itu saja dari saya, terimakasih atas perhatian anda.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Dampak Globalisasi dan Artinya"