Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato berarti pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Karena sasarannya lebih luas, penyampaian pidato lebih sulit daripada percakapan sehari-hari antar kawan. Pidato memerlukan perhatian khusus dalam persiapan, penyusunan serta yang paling penting dalam penyampaiannya. Untuk itu kita memerlukan retorika..Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Tentang Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda

Assalamualaikum wr.wb.

Innalhamdalillah nahmatuhuwanastainu wanastqfirruh waningsyururiangfusina wamng syaiati amalina mayah dillahufalmudilallah wamayud hallahadiyallah.

Ashaduallaillahaillallah wahdahulla syarikallah waashaduanna muhammadan abduhu warosuluh amabad.

Bapak,ibu guru yang kami hormati,serta rekan-rekan pelajar yang insyAllah dirahmati oleh Allah SWT.

Puji sykkur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat allah SWT yang telah memberikan rahmat,hidayah dan inayahnya serta beribu-ribu kenikmatam sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat tanpa halangan suatu apapun.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita,nabi besar kita,suri tauladan kita,nabi agung Muhammad SAW yang telah menggulung tikar- tikar kejailiahan dan membebtangluaskan tikar- tikar kemahfiron.

BAHAYA NARKOBA BAGI GENERASI MUDA

Narkoba adalah singkatan dari psikotropika dan zat adiktif.Selain narkoba istilah lain yang di perkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan RI adalahnapza yang merupakan singkatan dari Narkotoka,Psikotropika,dan zat adiktif.

Semua istilah ini baik narkoba maupun napza mengacu bpada kelompok senyawa yang menyebabkan kecanduan bagi penggunanya.Menurut pakar kesehatan,narkoba sebenarnya dalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien ketika akan di oprasi atau untuk obat penyakit-penyakit tertentu dan itu sebagai pilihan terakhir.namun persepsi tersebut disalah artikan akibat pemakaian diluar peruntukan dan dosis yang semestinya.

Jenis narkoba sagat banyak sekali n,namun dari sekian jenisnya ada beberapa jenis narkoba yang banyak digunakan oleh orang-orang indonesia diantaranya adalah:

Sabu-Sabu

Ganja(cimeng)

Ecstasy(inex),dll

Dampak: -gangguan fungsi hati,ginjal dan urat syaraf.

-perilaku upnormal,mudah tersinggung

-Berhayal,susah tidur

-gangguan persepsi dan paranoid

Gejala:-rasa cemas berlebihan

-mengabaikan kebersihan.

-sering menyendiri dan bersembunyi dikamar tidur,kamar mandi,dan tempat-tempat tertutup lainya.

Agama islam agama kiat sndiri melarang kita u mengkonsumsi narkoba sebagaimana potongan ayat quran surat al Maidah :90 yang berbunyi:

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah [434], adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Pengguna narkoba pada awalnya hanya diberi, namun pada akhirnya orang tersebut akan disuruh membeli dengan harga yang sangat mahal, dan mau tidak mau si pengguna harus memberikan barang haram tersebut ke tubuhnya karena sekarang ia telah menjadi pecandu.dan dengan demikian dengan berbagai cara si pecandu lakukan untuk mendapatkan barang haram tersebut.makanya banyak sekali hal-hal kriminal yang terjadi karena narkoba diantaranya:

-perampokan

-pencurian

-dan pada tahun ini terjadi kecelakaan yang menewaskan 9 orang secara seketika,yaitu penabrakan yang dilakukan oleh seorang wanita bernama affriani…affriani ini adalah pecandu narkoba yang ketika ia mengendarai mobilnya dalam keadaan tak sadarkan diri karena sebelumnya telah mengkonsumsi narkoba.

Jumlah pengguna narkoba dari tahun ke tahun,dari bulan ke bulan ,dari minggu ke minggu dan bahkan dari hari ke haroi semakin bertambgah jumlahnya.hal ini dikarenakan semakin mudahnay memperoleh barang haram tersebut dan lemahnya penegakan hukum di indonesia.Sehingga para sindikat internasional dengan sangat mudah bekerja sama dengan sindikat lokal untuk memperoleh keuntungan yang sangat besar.

Upaya agar terhindar dari penyalahgunaan Narkoba

Peran orang tua

1.Pendidikan agama sejak dini

2.pembinaan agama yang harmonis dengan penuh kasih sayang.

3.menjalin komunikasi yang konstruktif antara orang tua dengan anak.

4.Orang tua memberikan teladan yang baik.

5.anak diberikan pengetahuan sejak dini tentang narkoba,jenis narkoba dan dampak negatif yang di timbulkan dari narkoba.

Peran hukum

Lembaga-lembaga yang ada hubungannya drngan narkoba

Masyarakarkat secara luas.
 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda"