Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Kejahatan di Transportasi Umum Terbaru


Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal. Pidato umumnya dibawakan oleh seorang yang memberi orasi serta pernyataan terhadap hal tertentu atau peristiwa yang penting dan harus diperbincangkan. Pidato ialah salah satu teori dari perjalanan bahasa indonesia. Pidato umumnya dipakai oleh seorang pemimpin untuk berorasi dan memimpin di depan banyak anak buahnya/di depan orang ramai.


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik...Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Tema Kejahatan di Transportasi Umum Terbaru

 

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati Kepala SMP Pelita Atsiri,

Yang saya hormati Dewan Guru,

Dan yang saya banggakan teman-teman seperjuang.

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang memberi kita nikmat sehat dan nikmat iman sehingga kita masih bisa berkumpul di acara seminar ini.

Pada kesempatan ini saya berpidato yang bertema Kejahatan di Transportasi Umum.

Hadirin sekalian,

Angkutan umum sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat. Baik yang tinggal di perkotaan, maupun yang tinggal di pedesaan. Sebagai transportasi darat untuk menghubungkan satu wilayah ke wilayah lainnya, adanya angkutan umum seperti angkot, metromini, mikrolet, dan bis kota, sangat membantu masyarakat. Dan angkutan umum juga dinilai sebagai moda transportasi yang murah dan mudah aksebilitasinya.

Namun, sejalan dengan hal tersebut banyak permasalahan yang ditimbulkan oleh angkutan umum dan sepertinya tidak ada penyelesaiannya sampai saat ini. Seperti contohnya tindakan asusila atau pemerkosaan, pencurian, maupun penculikan. Dan yang sering menjadi korbannya adalah kaum wanita. Hal ini menandakan betapa buruknya keamanan pada angkutan umum.

Para hadirin,

Keamanan dan kenyamanan merupakan hal yang diinginkan oleh masyarakat. Namun, banyaknya permasalahan seperti ini membuat penumpang resah dan khawatir sehingga menganggap moda transportasi tidak aman dan tidak nyaman. Jika penumpang sudah menganggap moda transportasi umum sudah tidak aman lagi, maka mereka akan memilih memakai kendaraan pribadi. Apa yang terjadi bila penumpang menggunakan kendaraan pribadinya untuk pulang-pergi? Ya benar sekali! Jalanan akan menjadi macet dan angkutan umum pun akan menjadi bangkrut.

Saya disini, akan memberikan beberapa cara untuk mencegah terjadinya kejahatan di transportasi umum;

Hindarilah angkutan umum yang menggunakan kaca gelap. Karena jika kaca gelap, tindakan kejahatan menjadi mudah dilakukan oleh penjahat. Karena dari luar tidak terlihat apa yang terjadi di angkutan tersebut.

Pakailah pakaian yang sopan dan tertutup. Karena, jika memakai pakaian yang terbuka ataupun ketat dan tidak sopan dapat menarik perhatian penjahat untuk melakukan tindakan asusila.

Janganlah anda memamerkan barang berharga anda seperti HP, gadge, laptop, perhiasan dan lain-lain. Karena dengan anda memamerkan barang berharga anda dapat menarik perhatian penjahat untuk mencuri barang berharga anda.

Hadirin sekalian,

Kesimpulan dari pidato ini adalah jangan menggunakan jasa angkutan umum sembarangan, memilih dan memilahlah agar kita aman dan selamat sampai tujuan. Dan kita sebagai penumpang hendaknya tidak berlebihan dalam memakai atau membawa barang saat berpergian apalagi memakai jasa angkutan umum, karena bisa membahayakan diri anda.

Demikian pidato ini saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf dan jagalah diri anda jangan sampai anda terlengah dan menjadi korban kejahatan selanjutnya.

Terimakasih atas perhatiannya,

Wassalamualaikum Wr. Wb.
 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Kejahatan di Transportasi Umum Terbaru"