Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Global Warming atau Pemanasan Global


Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal. Pidato umumnya dibawakan oleh seorang yang memberi orasi serta pernyataan terhadap hal tertentu atau peristiwa yang penting dan harus diperbincangkan. Pidato ialah salah satu teori dari perjalanan bahasa indonesia. Pidato umumnya dipakai oleh seorang pemimpin untuk berorasi dan memimpin di depan banyak anak buahnya/di depan orang ramai.


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik...Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


  Contoh Pidato Tema Global Warming atau Pemanasan Global

 


 Salam sejahtera bagi kita semua, hadirin sekalian yang saya hormati ibu guru
dan juga teman-teman yang saya sayang.

Pada kesempatan ini marilah kita mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkatnya yang telah mengizinkan kita untuk berkumpul di sini

Ibu guru dan teman-teman semua, pada kesempatan ini saya akan mengajak ibu guru serta teman-teman sekalian untuk mulai mencintai dan memperdulikan keadaan bumi kita, khususnya Negara kita Indonesia.

Seperti yang kita ketahui sekarang bahwa Indonesia mulai sering mengalami masalah dengan alam yang tak lain merupakan akibat dari global warming atau pemanasan global.

Global warming bukanlah hal yang baru lagi. Hal itu sudah menjadi konsumsi publik akhir-akhir ini. Namun hanya beberapa masyarakat yang benar-benar sadar dan peduli dengan akibat dari global warming ini. Pemanasan global timbul karena adanya efek rumah kaca yaitu proses dimana cahaya matahari menembus kaca dan dipantulkan kembali oleh benda-benda dalam ruangan rumah kaca sebagai gelombang panas yang berupa sinar infra merah.Namun gelombang panas itu terperangkap di dalam ruangan kaca serta tidak bercampur dengan udara dingin di luarnya. Akibatnya, suhu di dalam rumah kaca lebih tinggi daripada di luarnya.

Pemanasan global dapat menyebabkan iklim secara ekstrim yang bisa membuat para petani bingung memilih mana musim yang baik untuk panen dan mana yang tidak. Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat.

Beberapa tipe spesies yang tidak mampu secara cepat berpindah menuju kutub mungkin juga akan musnah.

Pemanasan global juga dapat menyebabkan mencairnya es di kutub utara yang menyebabkan permukaan air laut naik beberapa cm pertahun, dan itu bisa berdampak buruk bagi kelestarian pulau-pulau kecil di negara kita Indonesia

Namun global warming dapat kita hindari. Penyebab utama timbulnya pemanasan global tak lain adalah kita sendiri, manusia. Kita dapat mencegahnya dengan cara menghemat energi baik energi listrik maupun energi air, mencintai lingkungan mulai dan membuang sampah pada tempatnya, melestarikan pohon.

Misalnya mulai menghemat kertas dan tissue, Penghutanan kembali yang berperan dalam mengurangi semakin bertambahnya gas rumah kaca mengurangi polusi udara dengan mulai menghindari penggunaan kendaraan bermotor secara berlebihan, misalnya kita ingin pergi dengan jarak yang cukup dekat dapat menggunakan sepeda atau kendaraan umum. Dan mengurangi penggunaan plastik karena bahan plastik baru bisa terurai setelah ratusan tahun.

Oleh karena itu, demi keselamatan kita bersama marilah kita mulai turut berpartisipasi dalam gerakan-gerakan anti global warming ataupun mulai dari diri kita sendiri demi kelangsungan anak cucu kita nanti.

Atas seluruh perhatian dari teman-teman dan ibu guru, saya ucapkan terima kasih. Mulai sekarang mari kita jaga dan rawat bumi kita ini dengan sebaik-baiknya. Sekian dan terima kasih.
 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk " Contoh Pidato Tema Global Warming atau Pemanasan Global"