Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Pengaruh Globalisasi didalam Kehidupan Kita


Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal. Pidato umumnya dibawakan oleh seorang yang memberi orasi serta pernyataan terhadap hal tertentu atau peristiwa yang penting dan harus diperbincangkan. Pidato ialah salah satu teori dari perjalanan bahasa indonesia. Pidato umumnya dipakai oleh seorang pemimpin untuk berorasi dan memimpin di depan banyak anak buahnya/di depan orang ramai.


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik...Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Tema Pengaruh Globalisasi didalam Kehidupan Kita

 

 Selamat siang..

yang terhormat kepala sekolah….
yang terhormat wakil kepala sekolah….
yang terhormat guru-guru….
beserta seluruh murid… yang berbahagia.

Salam sejahtera..

Puji syukur saya ucapkan pada tuhan yme atas semua karunia-nya, saya juga berterima kasih pada guru-guru yang sudah menyelenggarakan acara ini. tidak lupa saya ucapkan terima kasih pada teman-teman yang sudah beri dukungan hingga acara ini dapat terselenggara layaknya sekarang ini.

Pada peluang saat ini, saya pingin mengajak kita seluruh untuk mengingat kembali, sebagian gaya hidup yang sudah kita kerjakan dikeseharian kita hingga tanpa kita sadari perihal tersebut jadi penyebab berlangsungnya globalisasi.
apakah globalisasi amat punya pengaruh didalam kehidupan kita ?
saya mengharapkan pada peluang saat ini kita seluruh jadi tahu, seberapa besar dampak globalisasi didalam kehidupan kita. saya juga mengharapkan kita seluruh bisa hadapi dampak globalisasi tersebut.

Diabad ke 21 ini, globalisasi jadi perihal yang biasa untuk kita. globalisasi, bermakna sistem yang mendunia. pastinya, seluruh segi kehidupan rasakan pengaruhnya. contohnya, di bidang transportasi. tiap-tiap hari kita bisa lihat seluruh jalur raya dipadati oleh beragam type kendaraan bermotor. contohnya mobil. walau sebenarnya, sebelum saat mobil ditemukan, umumnya orang dapat jalan kaki untuk meniti satu perjalanan, apalagi yang amat panjang walaupun. tak hanya di bidang transportasi, segi kehidupan yang terkena efek globalisasi yaitu telekomunikasi. sekarang ini hand phone yaitu alat komunikasi yang telah dimiliki oleh tiap-tiap orang. tak hanya hand phone, yang tidak kalah mutlak yaitu internet. globalisasi layaknya mengharuskan kita untuk mempunyai computer yang dilengkapi dengan jaringan internet.

Di bidang kuliner, dampak globalisasi juga cukup besar. makanan khas barat jadi amat popular di seluruh dunia. contohnya pizza hut, kfc, cfc, hoka hoka bento, dan seterusnya. perihal ini mengakibatkan makanan khas didalam negri jadi kurang diminati. yang tidak kalah mutlak, segi kehidupan yang juga rasakan efek globalisasi yaitu fashion. sekarang ini trend yang amat mendunia yaitu dari negara-negara barat. bila orang indonesia lebih menentukan trend luar negri, siapakah yang dapat melestarikan budaya indonesia ?

Bidang olahraga juga rasakan efek globalisasi. sekarang ini seluruh dunia amat meminati pertandingan sepak bola, basket, bulu tangkis, serta lain sebagainya. tidak cuma aktivitas olahraganya, alat-alat pendukung lalu turut rasakan efek globalisasi. contohnya sepatu. sepatu jadi alat pendukung yang amat mutlak. model serta wujud sepatu lalu mesti sesuai dengan olahraganya.

Dari sebagian segi yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi amat punya pengaruh pada seluruh segi kehidupan. tiap-tiap orang memanglah bisa rasakan pengaruhnya. sebagai warga penduduk yang baik, kita mesti dapat hadapi dampak globalisasi. kita mesti dapat mengambil nilai-nilai positif serta buang nilai-nilai negatifnya. contohnya, dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke didalam negri kita. kita mesti dapat menentukan budaya yang baik, yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negri kita. dikarenakan budaya didalam negri yaitu ciri khas negri kita sendiri, yang perlu kita jaga. supaya tidak kehilangan info, kita mesti ikuti perubahan info serta teknologi.

Lantas masih banyak cara yang dapat kita kerjakan untuk hadapi dampak globalisasi. kita bisa rasakan pengaruhnya, tetapi kita mesti mengambil efek positifnya, serta buang efek negatifnya. seluruh itu bergantung dapat sikap, kemauan serta juga einginan kita sendiri.

Sahabat-sahabat sekalian, semoga apa yang sudah saya berikan tadi dapat berguna untuk kita seluruh yang ada di sini. saya mengharapkan karenanya ada globalisasi ini seluruh orang bisa mengambil nilai positifnya. terima kasih atas perhatian guru-guru, teman-teman, beserta kepala sekolah serta wakil kepala sekolah…. sekian serta, selamat siang.


 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Pengaruh Globalisasi didalam Kehidupan Kita"