Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Pidato Tentang Transmigrasi


Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal. Pidato umumnya dibawakan oleh seorang yang memberi orasi serta pernyataan terhadap hal tertentu atau peristiwa yang penting dan harus diperbincangkan. Pidato ialah salah satu teori dari perjalanan bahasa indonesia. Pidato umumnya dipakai oleh seorang pemimpin untuk berorasi dan memimpin di depan banyak anak buahnya/di depan orang ramai.


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik...Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Teks Pidato Tentang Transmigrasi

 

 


assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…….

yang terhormat bapak sumoto selaku guru pembimbing peljaran bahasa indonesia dan teman-teman di kelas XI-A1 yang saya bangakan. puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan hidayah-NYA kita semua bisa berkumpul pada siang hari ini di ruang kelas XI-A1 dalam keadaan sehat walafiat.

pada saat ini saya akan berpidato tentangtransmigrasi.

telah kita ketahui bahwa indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak seperti yang terdapat pada lirik lagu H. Rhoma Irama.sebagian besar penduduk tersebut berada dalam satu tempat dan tidak menyebar, sehingga timbul banyak masalah di tempat tersebut seperti kurangnya lahan pekerjaan di tempat tersebut,terjadi kesenjangan sosial,dsb. untuk itu pemerintah melakukan berbagai cara untuk mengurangi masalah yang terjadi, salah satunya adalah melakukan program transmigrasi.

transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduknya ke daerah yang jarang penduduknya. tujuan transmigrasi sendiri adalah meningkatkan dan mengatur perpindahan penduduk(penduduk diharapkan bisa tersebar secara merata sehingga tidak menimbulkan suatu lingkungan kumuh),meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat(dengan adanya transmigrasi ini akan menimbulkan lahan pekerjaan sehingga masyarakat bisa memiliki pekerjaan di daerah transmigrasi dan bisa meningkatkan pendapatan per kapita), mendorong pembangunan daerah(para transmigran diharapkan bisa memanfaatkan sumber daya yang ada di tempat tersebut dengan sebaik-baiknya untuk membantu pembangunan daerah tersebut),dsb. transmigrasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama masyarakat di daerah rawan bahaya dan bencana alam, seperti banjir,gempa bumi,gunung meletus,dsb. dengan begitu masyarakat yang ada di daerah rawan bencana tersebut sudah tidak dibebani rasa khawatir terhadap bencana alam. namun transmigrasi ini sedikit banyak berdampak negatif misalnya penggunaan sumber daya alam yang terlalu berlebihan di daerah transmigrasi oleh para transmigran nantinya akan berdampak negatif bagi alam,ekosistem yang ada di daerah transmigrasi karena dibangunnya pemukiman untuk transmigrasi(yang awalnya daerah tersebut merupakan habitat binatang-binatang kemudian setelah adanya transmigrasi mereka yang ada di tempat itu akan terganggu karena habitat mereka dijadikan pemukiman transmigran),dsb. pemerintah seharusnya lebih meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di daerah transmigrasi misalnya meningkatkan layanan kesehatan,ketersediaan listrik,dsb supaya masyarakat tidak memliki anggapan bahwa transmigrasi tidak menguntungkan bagi mereka. jadi sebenarnya transmigrasi sangat menguntungkan bagi masyarakat oleh karena itu kita seharusnya mendukug program pemerintah yang satu ini untuk membangun negara yang lebih aman dan kondusif sekaligus mempercepat dan memperlancar pelaksanaan pembangunan nasioanal. marilah kita mendukung program ini dan tidak berpikiran negatif terlebih dahulu tentang apa yang dilakukan pemerintah.

demikian pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, apabila ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

.


 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Tentang Transmigrasi"