Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Pidato Mengenai Pengaruh Internet Bagi Siswa


Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal. Pidato umumnya dibawakan oleh seorang yang memberi orasi serta pernyataan terhadap hal tertentu atau peristiwa yang penting dan harus diperbincangkan. Pidato ialah salah satu teori dari perjalanan bahasa indonesia. Pidato umumnya dipakai oleh seorang pemimpin untuk berorasi dan memimpin di depan banyak anak buahnya/di depan orang ramai.


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik...Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Teks Pidato Mengenai Pengaruh Internet Bagi Siswa

 

 

Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang terhormat Ibu Guru Bahasa Indonesia
Dan teman-teman yang saya banggakan.
Marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah swt karena atas berkah dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal-afiat . Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw.
Pada kesempatan ini saya akan berpidato mengenai Pengaruh Internet Bagi Siswa. Internet kata yang tidak asing lagi bagi semua orang, terutama para remaja (siswa) yang senantiasa bergaul dan mencari hal-hal yang baru. Internet merupakan media berteknologi tinggi, mewah, praktis dan mudah didapatkan. Internet bisa didapatkan di manapun kita berada hanya dengan bermodalkan Hp yang memiliki koneksi internet kita sudah bisa mengakses internet atau jika tidak kita hanya perlu pergi ke warung yang menjual jasa internet atau yang sering disebut warnet.
Internet memiliki banyak manfaat bagi siswa diantaranya internet sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan sehingga siswa dapat mencari informasi yang berhubungan dengan materi di sekolah dan membantu siswa dalam menyelesaikan tugas dengan mudah. Hal tersebut dapat membuat siswa lebih kreatif dan aktif dalam mencari informasi dan ilmu pengetahuan.
Namun meskipun internet memiliki manfaat bagi kita, internet juga membawa dampak negatif bagi kita apabila kita tidak pandai-pandai memanfaatkan fasilitas internet tersebut salah satu contohnya adalah siswa yang menyalahgunakannya untuk mencari hal-hal yang aneh seperti gambar-gambar yang tidak pantas untuk dilihat atau video aneh yang bersifat asusila yang dapat mengganggu konsentrasinya terhadap proses belajar. Namun tidak semua siswa melakukan hal tersebut, hanya sebagian siswa yang usil saja yang dapat melakukannya karena tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan sekitarnya. Apabila seorang remaja/siswa telah kecenderungan pada hal yang negatif, siswa tersebut akan nampak lebih pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kekayaan informasi yang terdapat di internet.
Adapun cara untuk memperkecil dampak negatif internet yaitu:
1. Membatasi waktu browsing. Dengan membatasi waktu untuk browsing pastinya kita akan hanya mencari hal-hal yang diperlukan saja.
2. Menggunakan internet protection software lokal. Langkah ini merupakan langkah mudah dan efisien untuk menghindarkan kita dari pengaruh negatif internet, termasuk dari situs lokal. Penyedia jasa proteksi ini akan memfilter semua jenis informasi maupun gambar dari layar komputer kita.
3. Seringkan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar agar kita tidak kecanduan terhadap internet. Hal tersebut juga tidak kalah pentingnya.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa internet memiliki manfaat bagi kita namun di balik manfaat itu terdapat sisi negatif yang bisa berdampak buruk bagi kita apabila kita menyalahgunakan fasilitas yang terdapat di internet.
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
.


 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Mengenai Pengaruh Internet Bagi Siswa"