Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Melestarikan Budaya sebagai Simbol Cinta Tanah Air


Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal. Pidato umumnya dibawakan oleh seorang yang memberi orasi serta pernyataan terhadap hal tertentu atau peristiwa yang penting dan harus diperbincangkan. Pidato ialah salah satu teori dari perjalanan bahasa indonesia. Pidato umumnya dipakai oleh seorang pemimpin untuk berorasi dan memimpin di depan banyak anak buahnya/di depan orang ramai.


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik...Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Tema Melestarikan Budaya sebagai Simbol Cinta Tanah Air

 

 Assalamualaikum.wr.wb.

Yang terhormat Ibu guru pembimbing Bahasa Indonesia,

Dan semua teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul bersama di ruangan ini dengan sehat walafiat. Serta sholawat dan salam marilah kita panjatkan kepada nabi besar kita Muhammad SAW.

Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato dengan tema : Melestarikan Budaya Daerah. Dengan penjelasan ini saya harapkan kita semua dapat melestarikan kebudayaan daerah dengan baik.

Hadirin yang saya hormati,

Kita semua tentu sudah mengetahui bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari bermacam-macam suku, agama, dan budaya. Dan dari situ, kita juga dapat melihat seberapa kayanya negeri kita ini dalam hal keanekaragaman budaya. Dari Sabang sampai Marauke terdapat puluhan warisan kebudayaan yang kaya akan seni.

Kebudayaan merupakan suatu ciri khas atau identitas tersendiri dari suatu negara. Tanpa adanya kebudayaan, suatu negara akan terasa asing karena tidak ada sesuatu yang dapat dikembangkan atau ditunjukkan kepada negara lain.

Budaya Indonesia memang memiliki nilai yang unik dan dapat membuat ketertarikan tersendiri dari warga manca negara di seluruh belahan dunia. Namun, sayangnya budaya yang beraneka ragam ini tidak banyak dicintai oleh warganya sendiri. Terbukti, dengan lebih tertariknya warga kita pada budaya luar. Budaya yang semestinya menjadi warisan dan kebanggan anak bangsa, malah kurang diminati di negerinya sendiri.

Warga Indonesia lebih mengutamakan budaya luar dari pada melestarikan budaya sendiri. Maka tidak heran jika budaya kita dengan mudah diklaim oleh negara-negara lain. Malaysia sebagai contohnya, beberapa budaya kita telah diklaim sebagai budaya yang lahir di Negeri Jiran tersebut. Seharusnya kita dapat mengoreksi diri sendiri, sudah besarkah rasa cinta kita terhadap budaya kita? Apakah sudah maksimal usaha kita untuk menjaga dan  melestarikan budaya kita ini? Mungkin haya sedikit yang dapa menjawab itu tanpa ragu-ragu.

Tidak bisa di pungkiri di era globalisasi ini dan datang-nya kebudayaan-kebudayaan luar yang bersifat modern membuat penerus bangsa ini lebih menyukai kebudayaan yang bersifat modern.Hal ini tentunya membuat bebagai pihak menjadi khawatir kebudayaan daerah akan menghilang.

Sudah menjadi kewajiban kita sebagai penerus bangsa untuk mempertahankan dan melestarikan kebudayaan daerah yang merupakan simbol utama dari kebudayaan nasional.

Seharusnya budaya warisan dari nenek moyang kita adalah budaya yang sangat mahal. Seiring dengan berjalannya waktu, maka zaman akan membeli budaya dengan harga yang tak ternilai. Namun sayang, sedikit sekali orang yang menyadari betapa pentingnya nilai budaya untuk dilestarikan ditengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia. Padahal, jika tidak dijaga, tidak dirawat, dan tidak dilestarikan kebudayaan kita akan dengan gampang diambil oleh negara-negara lain yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, jangan merasa kecewa jika suatu saat banyak kebudayaan kita yang jatuh ke tangan negara lain.

Dalam hal ini, harus ada upaya untuk menjaga dan melestarikan budaya kita, upaya yang dapat kita lakukan antara lain sebagai berikut :
  1. Kita harus bangga dengan kebudayaan kita sendiri, misalnya dengan menggunakan produk dalam negeri dan mengenalinya kepada masyarakat luas bahwa budaya Indonesia ini banyak macamnya.
  2. Pemerintah harus melakukan kebijakan-kebijakan yang mengarah pada upaya pelestarian kebudayaan daerah.
  3. Belajar untuk lebih mengenal kebudayaan dalam negeri. Misalnya dengan mempelajari alat musik daerah, lagu-lagu daerah atau tarian daerah.
  4. Dan semua masyarakat Indonesia harus sadar akan pentingnya nilai budaya bagi negeri ini.

Teman-teman semuanya,

Oleh karena itu, maka kita sebagai generasi muda sangatlah baik jika kita menyadari bahwa kebudayaan adalah harta yang tidak tergantikan. Kebudayaan tidak dapat diciptakan dengan mudah , apalagi dengan waktu yang singkat. Memang telah banyak upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, namun upaya tersebut belum dapat dikatakan maksimum.

Dengan demikian, marilah kita menjaga dan melestarikan kebudayaan kita ini dengan bersama-sama.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT.
Sekian dari saya.
Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr.wb


 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Melestarikan Budaya sebagai Simbol Cinta Tanah Air"