Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Pengaruh dari Era Globalisasi




Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal. Pidato umumnya dibawakan oleh seorang yang memberi orasi serta pernyataan terhadap hal tertentu atau peristiwa yang penting dan harus diperbincangkan. Pidato ialah salah satu teori dari perjalanan bahasa indonesia. Pidato umumnya dipakai oleh seorang pemimpin untuk berorasi dan memimpin di depan banyak anak buahnya/di depan orang ramai.


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik...Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Tema Pengaruh dari Era Globalisasi

 

  Assalamualaikum wr.wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmatnya sehingga kita semua dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat untuk membicarakan masalah kedisiplinan siswa SMPN 13 Madiun.

Dengan adanya pengaruh dari era globalisasi semakin banyak siswa yang mulai meninggalkan adat istiadat, tata karma, termasuk kedisiplinan. Terutama anak sekolah sekarang yang mulai luntur sikap kedisiplinannya, Seperti tidak mematuhi atau mengabaikan aturan-aturan yang ada dalam sekolah. Contoh peraturan-peraturan yang diabaikan sisawa antara lain :
  1. Dalam berpakaian anak-anak suka tidak rapih dan atributnyapun ada yang kurang lengkap.
  2. Dalam menggunakan sepatu siswa di haruskan memakai sepatu yang berwarna hitam polos, tapi anak-anak malah memakai sepatu yang seharusnya tidak layak untuk di pakai di sekolah.
  3. Membawa HP di sekolah, Membawa HP di sekolah itu tidak di perbolehkan di karenakan dapat mengganggu konsentrasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar karena kebanyakan siswa suka menggunakan HP saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.
  4. Untuk rambut bagi anak laki-laki maupun perempuan, untuk laki-laki hendaknya panjang rambut tidak boleh melebihi telinga dan bagi anak perempuan yang rambutnya panjang hendaknya untuk diikat, tujuan dari semua itu adalah agar siswa itu terlihat rapi selayaknya seorang pelajar sekolah.
  5. Dandanan untuk anak perempuan, seharusnya anak perempuan berdandan yang sewajarnya saja tidak usah berlebihan seperti memakai EYE LINER dan SOFT LENSE karena itu bisa menimbulkan pembicaraan yang kurang baik bagi warga sekolah.
  6. Dalam menjaga kebersihan, siswa seharusnya membuang sampah pada tempat yang di sediakan bukan malah sebaliknya, siswa suka sekali menyusuh seperti membuang sampah di loker meja dan di selokan. Selain terlihat kotor itu juga bisa menjadi sumber dari penyakit dan juga menimbulkan sarang nyamuk.

Sebenarnya kita boleh-boleh saja mengikuti dampak arus globalisasi tapi sebaiknya kita mengambil sisi positifnya saja jangan malah sisi yang negatifnya seperti mengikuti gaya-gaya yang kurang baik dan sebaiknya siswa itu tau dimana mereka harus mengikuti trend-trend tersebut jangan mengikuti trend-trend tersebut di lingkungan sekolah karena sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu bukan untuk ajang saling pamer memamerkan.

Sebagai siswa khan harusnya kita berperilaku yang sewajarnya saja mematuhi peraturan-peraturan yang ada dan tidak berperilaku yang macam-macam kayak artis-artis di Film-film.

Lagipula apa ruginya mematuhi peraturan-peraturan yang ada? Tidak ada bukan!  Malah kita untung karena bisa menciptakan lingkungan yang tertib di sekolah selain itu bisa membanggakan orang-orang di sekitar kita.

Jadi kesimpulannya adalah marilah kita mencipatan lingkungan sekolah yang tertib dan disiplin dalam mematuhi peraturan-peraturan yang ada dan ikuti dampak arus globalisasi yang positif jangan yang negative karena semua itu bertujan baik untuk diri kita semua.

Cukup sekian dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf, karena seperti pepatah yang mengatakan Tak ada gading yang tak retak  Karena tak ada manusia yang sempurna, karena kesempurnaan adalah milik Allah seorang.

Wassalamualaikum wr.wb


 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Pengaruh dari Era Globalisasi "