Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Bersama Kesulitan Selalu Ada Kemudahan


Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal. Pidato umumnya dibawakan oleh seorang yang memberi orasi serta pernyataan terhadap hal tertentu atau peristiwa yang penting dan harus diperbincangkan. Pidato ialah salah satu teori dari perjalanan bahasa indonesia. Pidato umumnya dipakai oleh seorang pemimpin untuk berorasi dan memimpin di depan banyak anak buahnya/di depan orang ramai.


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik...Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Tema Bersama Kesulitan Selalu Ada Kemudahan

 




Assalamualaikum Warakhmatullahi Wabarakkatuh

 Alhamdulillah hirrobil alamin,wabihi nasta in ala umuriddunya waddin.Wassholatu wassalamuala asrofil anbiyaI wal mursalin,wa ala alihi washohbihi ajmain.

Tak lupa shalawat serta salam kepada nabi besar Muhammad SAW yang telah mengantarkan kita dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang benderang.

Yang terhormat Bapak Dhofir selaku pengajar bahasa Indonesia dan teman-teman XII IA 6 yang berbahagia.Dalam kesempatan ini,izinkanlah saya menyampaikan sepatah dua kata mengenai di balik kesusahan pasti ada kemudahan agar kita senantiasa menjadi hamba-hamba Allah yang selalu bersyukur.

Rasulullah SAW,pernah mengalami masa-masa menyedihkan dalam sejarah hidupnya yang dikenal dengan tahun kesedihan atau tahun berkabung.Yaitu saat-saat ketika terjadi peristiwa meninggalnya sang paman,Abu Thalib,dan sang istri,Khadijah.Keduanya meninggal dalam jarak waktu yang tidak terlalu jauh,pada tahun yang sama.

Khadijah,sangat dicintai dan dihormati Rasulullah SAW.Sehingga,selama bersamanya,beliau enggan berbagi hati.Meski Khadijah telah meninggal dan Rasulullah SAW-pun telah beristri kembali,namun bayangan Khadijah tak pernah hilang.

Sebelumnya,masih pada tahun yang sama,paman Rasulullah SAW,Abu Thalib,juga telah berpulang.Dengan cinta, ia berperan sebagai ayah bagi Rasulullah.Ia tidak tidur kecuali Muhammad kecil berada di sampingnya.Ia tidak keluar rumah kecuali si yatim Muhammad menyertainya.

Jadi,tahun itu memang masa paling berduka bagi Rasulullah.Belum lagi,tak lama kemudian,Rasulullah,keluarga,dan para sahabatnya diasingkan di sebuah lembah.Dalam kesedihan beruntun itulah,Allah SWT,menurunkan surat Al-Insyirah dan surat Al-Dhuha,sebagai penghibur dan penenang jiwa.

Surat Al-Dhuha menggambarkan bahwa kesulitan dan penderitaan akan berakhir dengan kemudahan dan kebahagiaan.Kesulitan dan penderitaan hanyalah pengantar menuju kemudahan dan kebahagiaan.Kemudahan dan kebahagiaan akan betul-betul terasa nikmatnya jika diawali dengan kesulitan dan penderitaan.

Kita dapat merasakan nikmatnya sehat jika sudah merasakan sengsaranya sakit.Dengan begini,maka pada saat berada dalam kemudahan,kebahagiaan,dan kondisi sehat,kita akan dapat merasakan nikmatnya menjadi hamba-Nya yang pandai bersyukur.

Jika pernah menjadi yatim yang perlu mendapat perlindungan maka selanjutnya jadilah pelindung anak-anak yatim.Jika pernah hidup miskin dan kekurangan maka setelah hidup bercukupan,jadilah orang yang dermawan.Semua itu sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia Allah SWT.SEbab,kebahagiaan itu tidak akan berkurang jika dibagi-bagikan,tetapi justru akan bertambah.

Ternyata stress dapat juga meningkatkan kualitas kebahagiaan.Jika kita misalnya,dalam meraih gelar kesarjanaan harus melewati proses yang dapat membuat stress,kmaka ketika kita dapat menyelesaikan prose situ dan kemudian memperoleh title kesarjanaan itu,maka tentu kita akan menerimanya dengan segala kelegaan,kegembiraan dan rasa syukur yang luar biasa.

Disaat-saat itulah kita akan dapat merasakan sesungguhnya bahwa bersama kesulitan selalu ada kemudahan,bersama kesusahan selalu ada kebahagiaan,bersama kekurangan selalu ada kelebihandemikian seterusnya.

Demikian yang dapat saya sampaikan.Tak ada gading yang tak retak,apabila ada kesalahan kata,saya mohon maaf sebesarnya.

Wasalammualaikum warahmatullahi wabarakaatuhh

 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Bersama Kesulitan Selalu Ada Kemudahan"