Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Pidato Tugas Sekolah Tentang Kenakalan Remaja


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato berarti pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Karena sasarannya lebih luas, penyampaian pidato lebih sulit daripada percakapan sehari-hari antar kawan. Pidato memerlukan perhatian khusus dalam persiapan, penyusunan serta yang paling penting dalam penyampaiannya. Untuk itu kita memerlukan retorika..Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Pidato Pidato Tugas Sekolah Tentang Kenakalan Remaja

Assalamualaikum wr. wb

Yang saya hormati Ibu Yustiani selaku guru pembimbing

Yang saya sayangi teman-temanku

Sebelumnya, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul di tempat yang penuh rahmat ini dengan keadaan sehat walafiat tak kurang satupun.

Pada kesempatan yang emas ini, saya akan menyampaikan beberapa hal mengenai Kenakalan Remaja. Hal ini saya berikan, berkaitan dengan angka kriminalitas di Indonesia yang semakin memuncak dewasa ini, dan salah satu dari sekian banyak penyebabnya adalah remaja.

Sebelumnya, apa yang kalian ketahui tentang remaja? Remaja merupakan fase dimana seseorang mengalami proses untuk menjadi dewasa. Dalam masa ini seseorang cenderung ingin mengetahui bahkan ingin melakukan atau mencoba-coba berbagai macam hal baik dalam sisi positif maupun dalam hal-hal negatif. Kenakalan remaja merupakan salah satu hasil dari perubahan seseorang menjadi dewasa yang melakukan sebuah tindakan dalam hal-hal negatif. Kenakalan remaja sendiri dapat diartikan sebagai semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut dapat merugikan diri sendiri dan orang-orang di sekitar.

Ibu Yustiani yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Banyak sekali contoh kenakalan remaja di sekitar kita, dari merokok, judi, freesex, dan lain-lain. Aneka perbuatan negatif atau menyimpang tersebut dilakukan oleh para remaja dan sepertinya dianggap oleh mereka seperti hal-hal biasa bahkan ada yang menganggapnya sebagai sebuah kebanggaan. Bahkan ada di antara mereka mengatakan hal tersebut menunjukkan simbol sebuah keberanian. Ini tentu sangat memprihatinkan dan meresahkan.

Ibu Yustiani yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Lantas, mengapa kenakalan remaja dapat muncul dalam kehidupan masyarakat? Tiada asap tanpa ada api. Ada beberapa faktor yang menyebapkan kenakalan remaja muncul. Faktor pertama, karena perkembangan media massa pada dewasa ini. Media massa mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan masa sekarang dan khususnya para remaja. faktor yang kedua, kurangnya tekanan orang tua tehadap anaknya sehingga mengakibatkan anak tidak merasa tertekan dan dapat bertindak sebebas-bebasnya. Oleh karena itu, orang tua harus berperan aktif terhadap keluarganya terutama pada anaknya.

Bu Yustiani yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Kenakalan remaja menimbulkan beberapa dampak dalam masyarakat. Salah satunya menimbulkan masyarakat resah dan merasa tidak tenang atas prilaku para remaja dewasa ini, khususnya para pelaku kenakalan remaja. Selain itu kenakalan remaja juga dapat menimbulkan beberapa tindakan-tindakan anarkis yang dapat merugikan orang lain bahkan dirinya sendiri.

Bu Yustiani yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Setiap ada masalah, pasti ada solusinya. Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk mencegah atau memerangi kenakalan remaja. Contohnya, sebagai orang tua seharusnya mereka memberikan bebarapa penjelasan atau arahan-arahan kepada anak-anaknya dengan tujuan untuk pembetukan prilaku yang baik. Kedua, melakukan sosialisasi atau pengarah di setiap daerah-daerah, dan sekolahan guna memberikan arahan kepada mereka serta menghidari terjadi kenakalan remaja. Dan ketiga, mengikuti atau membentuk organisasi-organisasi sosial dengan tujuan untuk membentuk remaja dengan karakter sosial tinggi.

Bu Yustiani yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Dapat kita simpulkan kenakalan remaja merupakan sebuah tindakan yang dapat menyebapkan masa depan dan generasi bangsa terancam. Sebagai teman, masyarakat, dan khususnya orang tua, semua memiliki peranan yang cukup besar dalam pembentukan pembentukan diri seseorang.

Sekian hal-hal yang dapat saya berikan, saya berharap teman-teman dapat mengerti, memahami, dan dapat bersama-sama berpartisipasi memerangi yang namanya kenakalan remaja. Maaf jika ada tutur kata yang kurang berkenan dihati Ibu Yustiani dan teman-teman. Akhirulkalam. Wassalamualaikum wr. wb.
 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Pidato Pidato Tugas Sekolah Tentang Kenakalan Remaja "