Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Perpisahan dari Siswa Kelas X Dan XI


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik..Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Tema Membaca Adalah Kunci Sukses Bahasa Inggris

 


Assalamualaikum W.W
Yth. Bapak Ka. Kandepag Kab. Kerinci
Yth. Bapak Kasi Mapendais Kandepag Kab.Kerinci
Yth. Bapak Kepala Man 1 Sungai Penuh
Yth. Bapak/Ibuk Majelis Guru,           
Karyawan/Karyawati Man 1 SungaiPenuh
Seterusnya Yang Saya Hormati, Hadirin Dan Hadirat Para Undangan Sekalian Dan Rekan-Rekan Siswa Man 1 Sungai Penuh Yang Berbahagia.
Marilah Pertama-Tama Selaku Insan Yang Beriman Dan Bertaqwa, Tak Henti-Hentinya Kita Mengucapkan Puji Serta Syukur Kehadirat Allah Swt, Tuhan Yang Maha Mengetahui, Yang Dengan Iradahnya Dan Qudrahnya Pula Dia Menentukan, Dan Menghendaki Segala Sesuatu Yang Terjadi Pada Diri Kita. Dan Tidak Lupa Pula Berkat Limpahan Rahmat Dan Nikmatnya Kepada Kita  Sekalian Sehingga Pada Saat Ini Kita Telah Berkesempatan Hadir Bersama-Sama Dalam Mengikuti Acara Perpisahan Keluarga Besar Man 1 Sungai Penuh Dengan Siswa Kelas Xii Tahun Pelajaran 2007/2008.
Kemudian Salawat Dan Salam Kita Aturkan Kepada Junjungan Kita Nabi Muhammad Saw, Nabi Akhir Zaman Yang Diutus Allah Untuk Memperbaiki Akhlak Dan Peradaban Manusia Yang Mengantarkan Kita Serta Membimbing Kita Kejalan Kebenaran, Dialah Rahmatan Lil `Alamin.

Hadirin Yang Berbahagia
Selanjutnya, Pada Kesempatan Ini. Izinkanlah Saya Mewakili Siswa Man 1 Sungai Penuh Kelas X Dan Xi Untuk Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan, Kesan Maupun Pesan  Berkenaan Dengan Berakhirnya Kegiatan Studi Kakak-Kakak Siswa Kelas Xii Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ini.
Rasanya Habis Untaian Kata Yang Telah Saya Siapkan Sebelumnya Untuk Saya Sajikan Dihadapan Kakak-Kakak Sekalian Yang Akan Meninggalkan Kami Semua Untuk Menuju Ke Tempat Yang Baru. Dan  Sungguh Berat Rasanya Kami Menghadapi Perpisahan Ini.
Hari-Hari Berkumpul, Bersama, Bercengkrama Yang Telah Kita Lalui Selama Di Madrasah Rasanya Begitu Singkat Dan Alangkah Bahagianya Jika Seandainya Kita Senantiasa Dapat Selalu Bergaul, Dan Bersama Dalam Kebersamaan Menuntut Ilmu Dalam Almamater Yang Sama Ini, Dan Tentunya Dibawah Payung Madrasah Aliyah Negeri 1 Yang Kita Cintai Ini. Namun Apalah Daya, Sebab Waktu Jualah Yang Memisahkan Kita Dan Mengharuskan Untuk Mengakhiri Semuanya, Sebab Tidak Bisa Kita Pungkiri Bahwa Setiap Ada Pertemuan Pasti Ada Perpisahan. Akan Tetapi Perpisahan Ini Hendaknya Kita Interpretasikan Atau Kita Pahami Dalam Arti Kata Sebagai Pisah Raga Dalam Masa Saja, Namun Hati Kita Tetaplah Menyatu Untuk Selamanya.

Kakak-Kakak Sekalian Yang Kami Cintai
Tentunya Tidak Pernah Bisa Kita Lupakan, Masa-Masa Selama Di Madrasah Yan Yang Kita Lalui Untuk Bergaul Dengan Akrab Dengan Kakak Sekalian, Yang Sekaligus Juga Telah Banyak Memberikan Motivasi, Kontribusi Dan Juga Pengalaman-Pengalaman Yang Bermanfaat Bagi Kami Selama Dalam Kebersamaan Tersebut. Karena Pada Hakikatnya Seorang Kakak Ialah Seorang Yang Tidak Ingin Merugikan Adik-Adiknya Dan Senantiasa Memberikan Hal-Hal Yang Berguna Dan Bermanfaat Untuk Kemajuannya Kedepan. Maka Dari Itukami Mengucapkan Terima Kasih Atas Itu Semua.
Berkenaan Dengan  Itu Semua Patutlah Kami Merasa Kehilangan Dengan Tidak Adanya Kehadiran Kakak-Kakak Ditengah-Tengah Kami Lagi Jikalau Nanti Kakak-Kakak Kelas Xii Telah Meninggalkan Madrasah Ini. Namun Apa Boleh Buat Semuanya Ini Akan Terjadi. Dan Yang Terpenting Kami Adik-Adikmu Selalu Bersama-Sama Mendoakan Dan Mengharapkan Semoga Kakak-Kakak Sekalian Bisa Berhasil Dalam Menjalani Ujian Akhir Nasional Yang Telah Kakak Lalui Dan Harapan Kami Setelah Lulus Nanti, Untuk Melanjutkan Ke Peguruan Tinggi Atau Ditempat Kakak Yang Baru Hendaknya Dapat Mengembangkan Cita-Cita Untuk Lebih Maju Lagi.

Khusus Kepada Kakak-Kakak Kelas Xii, Saya Mewakili Atas Nama Rekan-Rekan Siswa Kelas X Dan Xi Yang Hadir Pada Kesempatan Ini, Sekali Lagi Mengucapkan Selamat Jalan Dan Jangan Lupa Kepada Pepatah Lama Biar Jauh Dimata Namun Tetap Dekat Dihati Kita Boleh Berjauhan Tempat. Namun  Tidak Berarti Putus Komunikasi Dan Hendaknya Kita Saling Ingat Mengingat, Kenang-Mengenang, Kelak Jika Ada Sumur Diladang Bolehkah Kita Menumpang Mandi, Jika Ada Umur Yang Panjang Bolehlah Kita Bertemu Kembali.
Hadirin Sekalian Yang Berbahagia
Tak Lain Harapan Kami Selaku Adik-Adik Kelas X Dan Xi Kepada Kakak. Semoga Kesuksesan Ini Dapat Membawa Kakak-Kakak Sekalian Kemasadepan Yang Gemilang Dan Cemerlang Serta Bersemangat Lagi Dalam Karya.Dan Kepada Kakak-Kakak Ku Sekalian, Adapun Sukses Yang Diperoleh Selama Dimadrasah Ini Hendaknya Mampu Untuk Menopang Sukses-Sukses Hari Berikutnya. Setidak-Tidaknya Kami Yang Pernah Bergaul Dan Bersama-Sama Dengan Kakak Suatu Saat Dapat Berkata Bahwa Sukses Kakak-Kakak Nantinya Adalah Sukses Keluarga Besar Yang Ada Di Man 1 Ini Pula.
Oleh Sebab Itu Kami Berpesan, Kepada Kakak Sekalian..Dalam Menjalani Hari-Hari Selanjutnya Untuk Dapat Senantiasa Memegang Komitmen Kita Sebagai Siswa Yang Berprestasi, Yang Islami Dan Berakhlak Mulia Senantiaasa Kita Manifestasikan Dalam Kehidupan Kita.

Kakak-Kakak Kelas Xii Yang Kami Cintai
Kiranya Selama Ini Didalam Pergaulan Dan Kebersamaan. Kita Tidak Mampu Melepas Diri Dari Rasa Salah Dan Khilaf, Untuk Itu Maafkanlah Kami Baik Sengaja Maupun Tidak Sengaja.Dan Atas Kekilafan Yang Telah Diperbuat Itu Anggaplah Oleh Kakak-Kakak Sekalian  Hal-Hal Biasa Dalam Pergaulan Antara Kakak Dengan Adiknya, Dan Mungkin Sebaliknya Jika Seandainya Terdapat Kesalahan Kakak Terhadap Kami Semua Terlebih Dahulu Kami Memaafkannya.
Kami, Adik-Adik Kelas Yang Kakak-Kakak Tinggalkan Pun Menyadari Tidak Mungkin Mudah Untuk Melupakan  Suka Dan Duka Selama Dalam Kebersamaan. Oleh Sebab Itu Kami Yakin Dan Mengharapkan Suatu Saat Kakak-Kakak Kelas Xii Tidak Akan Melupakan Madrasah Ini Dan Akan Menyempatkan Diri Untuk Bersilaturahim Dengan Keluarga Besar Man 1. Khususnya Dengan Adik-Adik Kelas X Dan Xi Untuk Dapat Mengenang Kembali Nostalgia-Nostalgia Masa Lalu Yang Pernah Kita Lalui Bersama.

Demikianlah Yang Dapat Saya Sampaikan, Selamat Jalan Kakak-Kakak Ku Tercinta. Selamat Berpisah Untuk Bersua Kembali. Semoga Allah Meridhoi Kita Semua.
Akhirul Kalam,Mohon Maaf Atas Segala Kekurangan Dan Kesalahan Billahitaufiq Walhidayah
Wassalamualaikum W.W




 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

 

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Perpisahan dari Siswa Kelas X Dan XI"