Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Berprestasi untuk Masa Depan


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik..Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Tema Berprestasi untuk Masa Depan

 

Yth: Ibu guru bidang studi Bahasa Indonesia, serta teman- teman sekalian yang saya cintai dan banggakan.

Selamat pagi dan salam sejahtera buat kita semua.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa karena atas Rahmat-Nya kita masih di perkenankan untuk dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.Ibu guru yang saya hormati serta teman-teman sekalian yang saya cintai pagi ini perkrnankanlah saya untuk menyampaikan pidato saya dengan topik Berprestasi untuk masa depan

Ibu guru serta teman-teman sekalian yang saya cintai. . . . . . . .

Dalam kehidupan kita di dunia ini, tidak ada seorangpun yang tidak ingin berprestasi. Seandainya ada orang yang tidak ingin berprestasi, itu berarti ia tidak mempunyai tujuan dan cita- cita hidup. Prestasi merupakan bentuk hasil dari sesuatu yang kita kerjakan. Untuk mencapai prestasi, bukanlah hal yang sangat mudah. Kita perlu mengubah sikap yang tidak baik menuju pada sikap dan tindakan yang lebih baik. Dalam hal ini, kita perlu mempersiapkan diri dan bersedia untuk mengambil resiko demi mencapai prestasi yang cemerlang.

Ibu guru serta teman-teman sekalian yang saya cintai. . . . . . . .

Ada beberapa faktor yang perlu kita perhatikan dan tanamkan pada diri kita untuk mencapai prestasi.

Pertama, Kita seharusnya memiliki wawasan dan cita-cita. Dengan adanya wawasan, kita akan berusaha secara total untuk mencapai cita-cita kita.

Kedua, Kita hendaknya membuang sikap malas, karena sikap malas adalah salah satu musuh dan penghalang kita untuk mencapai prestasi. Prestasi hanya akan dapat diperoleh dengan berusaha, dan bukan bermalas-malasan. Prestasi juga tidak akan dapat di peroleh tanpa usaha dan kerja keras.Oleh sebab itu, kita perlu menanamkan di dalam diri kita sikap rajin berusaha dan selalu ingin mencoba. Adalah lebih baik bila kita mencoba sesuatu tetapi gagal, daripada tidak mencoba dan merasa gagal dalam berprestasi.

Ketiga, Kita haruslah berpikir positif untuk berbuat sesuatu. Setiap teguran dan kritikan perlu dianggap sebagai suatu hal yang positif. Kita tidak seharusnya marah atas teguran serta kritikan orang lain. Prestasi bisa datang dari kritikan orang lain. Dari kritikan inilah kita dapat mengintropeksi diri kita dan dijadikan acuan dalam membangun potensi diri menuju prestasi.

Keempat, menempatkan sikap malu sesuai kedudukannya. Seandainya kita malu untuk bertanya terhadap segala sesuatu yang bermanfaat, maka apa yang hendak kita capai akan mengalami hambatan. Malu memang harus kita miliki, tetapi hanya dalam hal berbuat sesuatu yang tidak bernilai positif. Olehnya itu, kita tidak perlu merasa malu dalam berbuat sesuatu yang baik dan bermanfaat dalam mencapai prestasi.

Ibu guru serta teman-teman sekalian yang saya cintai. . . . . . . . . .

Berpikir positif, tidak mudah menyerah, tidak mengeluh dalam menghadapi tugas,dan berusaha melakukan yang terbaik adalah contoh- contoh yang dapat memacu kita untuk mencapai prestasi yang cemerlang. Sebagai warga negara kita memiliki peranan untuk memberikan sumbangan kepada bangsa melalui ketrampilan dan kemahiran kita. Dengan demikian, kemakmuran dapat di rasakan oleh semua pihak : keluarga, masyarakat, bahkan bangsa dan negara kita.

Ibu guru serta teman-teman sekalian yang saya cintai. . . . . . . . . .

Sebelum mengakhiri pidato saya, saya mau mengajak kita semua : Mari sama-sama kita bangun kesadaran untuk meningkatkan prestasi yang di pupuk dan dikembangkan sejak dini. Kita harus yakin bahwa semua kelebihan dan kekuatan yang ada didalam diri kita dapat diolah untuk mencapai suatu kesuksesan dalam hidup. Masa depan ada di tangan kita masing-masing.Tidak ada kata terlambat untuk belajar, mengenal, memahami dan mengembangkan sesuatu yang bermanfaat bagi kita dan orang lain. Gunakanlah waktu sebaik mungkin.Waktu yang ada akan lebih baik bila kita gunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif untuk meraih prestasi.

Demikianlah pidato saya pada sore ini, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat buat kita semua. Atas perhatian ibu guru serta teman-teman sekalian saya ucapkan terima kasih.

Sekian !
 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Berprestasi untuk Masa Depan"