Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang Ibadah Haji Terbaru


Pidato adalah kegiatan seseorang dengan maksud menyampaikan berbagai hal secara lisan kepada orang lain disekitarnya. Dengan harapan orang yang mendengarkan itu mengerti dan memahami apa yang disampikan pada saat itu. Ciri khas pidato yaitu menggunakan bahasa sebagai alat untuk menyampaikan apa yang di inginkan jadi tidak mungkin orang seseorang yang tidak cakap. menggunakan bahasa berharap dapat menyampiakan pendapat dan kemauan orang lain untuk cara berpidato. Pidato itu pada dasarnya ucapan yang tersusun dengan baik dn ditunjukkan kepada orang lain atau orang banyak. Pidato dapat dilaksanakan pada upacara bendera, pada pesta keluarga, peringatan hari besar nasional dan keamanan dll..Kumpulan Pidato Lengkap

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran seca

ra lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Tentang Ibadah Haji Terbaru

 



Assaalamuaalaikum warohmatullohi wabarokaatuh

Bismillaahhirrahmannirrahim.

Alhamdulillahi robbil aalami. washshalaatu wassalamualaa asyrafil ambiyaai wal mursaliin waalaa aalihi wa shahbihi ajmaiin. Amma badu.

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati.

Pada kesempatan yang baik ini marilah kita bersama-sama memanjatan puja serta puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan limpahan rahmatNya kita bisa berkumpul tanpa ada halangan suatu apapun.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW., karena beliaulah yang membawa agama islam, agama yang diridhoi oleh Allah SWT.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Pada saat ini kita berada dalam bulan Dzhulhijjah, dimana umat islam yang mempunyai kemampuan, baik badannya maupun hartanya maka baginya mempunyai kewajiban untuk menjalankan ibadah haji ke tanah suci Mekkah. Dan sekarang ini banyak saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah haji ke tanah suci Mekkah. Mudah-mudahan haji yang mereka kerjakan senantiasa menjadi haji yang mabrur, aamiin. Kaum muslimin yang berkumpul di tanah suci mempunyai tujuan yang sama, yaitu memenuhi panggilan Allah SWT.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Bagi kaum muslimin dan muslimat yang belum bisa menunaikan ibadah haii, maka kita harus berniat untuk melakukan rukun yang kelima tersebut. Memang ibadah haji merupakan suatu kewajiban, baik umat islam yang mampu, baik mampu ongkosnya maupun mampu kesehatannya. Dalam hal ini mampu bisa mencapai tiga aspek, yaitu:

Mampu ongkosnya.

Mampu kesehatannya.

Aman dalam perjalanannya.

Dari ketiga unsur itulah orang muslim berkewajiban untuk menunaikan ibadah haji.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia. Demikianlah sekilas yang bisa kami sampaikan, kurang lebihnya makan mohon maaf. Billahit taufiq wal hidayat.

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh.


 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

 

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Ibadah Haji Terbaru"