Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Imtaq Dan Iptek Di Era Modern Dan Globalisasi Terbaru



Pidato adalah kegiatan seseorang dengan maksud menyampaikan berbagai hal secara lisan kepada orang lain disekitarnya. Dengan harapan orang yang mendengarkan itu mengerti dan memahami apa yang disampikan pada saat itu. Ciri khas pidato yaitu menggunakan bahasa sebagai alat untuk menyampaikan apa yang di inginkan jadi tidak mungkin orang seseorang yang tidak cakap. menggunakan bahasa berharap dapat menyampiakan pendapat dan kemauan orang lain untuk cara berpidato. Pidato itu pada dasarnya ucapan yang tersusun dengan baik dn ditunjukkan kepada orang lain atau orang banyak. Pidato dapat dilaksanakan pada upacara bendera, pada pesta keluarga, peringatan hari besar nasional dan keamanan dll..Kumpulan Pidato Lengkap

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran seca

ra lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Pidato Imtaq Dan Iptek Di Era Modern Dan Globalisasi Terbaru

 

Asslamualaikum Wr. Wb.

Yang kami hormati dewan juri yang bijaksana

Yang kami hormati bapak ibu dewan guru

Serta teman-temanku yang berbahagia . .

Sudah menjadi kewajiban kita sebagai makhluk yang di ciptakan Allah SWT untuk selalu bersyukur atas segala limpahan nikmat dan karunianya, sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat, Allahuma Amin.

Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita semua dari zaman kebodohan menuju zaman ilmu pengetahuan seperti saat sekarang ini.

Teman-teman ku yang aku cintai

Saya berdiri disini akan menyampaikan sepatah dua patah kata, yang saya rangkai menjadi kalimat yang bermakna dengan tema,

Imtaq dan Iptek di era Modern dan Globalisasi

Oleh : Lailiyah Dwi Andini

Teman teman yang aku cintai

Kita semua mengetahui pada zaman ini Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai manusia,  guna mengarungi hidup, agar bisa mencapai kesuksesan baik di dunia maupun di skhirat. Oleh karena itu Nabi kita  Muhammad SAW bersabda.

Man aroda dunya falaihi bil ilmi wa man arodal akhirota falaihi bil ilmi

wa man aroda huma faalaihi bil ilmi

Artinya : Barang siapa yang menginginkan dunia maka harus memiliki Ilmu barang siapa menginginkan Akhirat maka harus memiliki Ilmu dan barang siapa mengingikan dunia dan akhirat maka juga harus memiliki ilmu (HR. Muslim)

Teman teman yang aku cintai

Sesungguhnya Agama Islam tidak pernah membeda-bedakan ilmu, karena pada hakikatnya ilmu agama dan pengetahuan umum itu satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan antara yang satu dengan lainya dan selalu saling berhubungan. Hanya, kaum sekuler saja yang membeda-bedakan ilmu. Nabi Muhammad pernah mengatakan Utlubul Ilma Walau Bis Siin tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina. Ini membuktikan bahwa Agama islam sangat mencintai orang yang berilmu dan Islam tidak melihat tempat atau jarak dalam mencari ilmu, walau tempatnya jauh, walau bukan Negri islam kalau dari segi peradaban dan ilmunya maju maka kita diperintahkan oleh Nabi untuk mencari di dalamnya.

Teman temanku yang aku cintai

Bekal ilmu yang pertama yang perlu kita pelajari adalah tentang keimanan dan ketaqwaan pada ajaran agamanya, pada Tuhan yang disembahnya. Karena keimanan dan ketaqwaan ini merupakan pondasi dasar bagi pendidikan selanjutnya. Dengan bekal ini pula yang kita tahu mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang halal (boleh) dan mana yang haram (tidak boleh). Dengan bekal ini juga kita memiliki moral yang bagus dan akhlak mulia sehingga kita tidak menjadi manusia yang angkuh dan sombong karena kepintaran dan kepandaiannya, tapi menjadi manusia yang beradab dan rendah hati karena menyadari hakikat yang memiliki ilmu dan menguasai hidup ini, hanya Allah SWT.

Teman temanku yang aku cintai

Yang tidak kalah penting selain bekal keimanan dan ketaqwaan (imtaq) yang perlu kita pelajari adalah, bekal ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) agar kita tidak menjadi generasi yang gaptek alias gagap teknologi. Apalagi di zaman yang serba modern dan canggih ini kita perlu mempersiapkan bekal pengetahuan yang cukup agar kita tidak ketinggalan zaman.

Bahkan 1430 tahun yang lalu, Nabi kita Muhammad SAW sudah memperingatkan kita semua agar belajar berkuda, berlari, berenang bahkan memanah. Hal ini membuktikan bahwa kita harus membekali diri kita dengan pengetahuan yang memadai agar kelak nanti kita menjadi generasi yang tangguh memiliki kualitas dan berdaya saing tinggi di era modern dan globalisasi ini.

Teman temanku yang aku cintai

            Jika kita memiliki Keimanan dan Ketaqwaan serta menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi akan dapat menjadikan hidup kita bahagia dunia dan akhirat Sebab, jika kita hanya menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saja tanpa di ikuti dengan Keimanan dan Ketaqwaan kecerdasan maka hanya akan menghasilkan generasi yang sombong  dan mau menang sendiri.

Teman temanku yang aku cintai

Oleh karena itu Marilah kita belajar dengan sungguh sungguh dan kita berharap kelak nanti suatu saat  kita semua akan menjadi generasi yang hebat dan sukses dengan menguasai Imtaq dan Iptek.

Mudah mudahan  Allah SWT   selalu member kemudahan meridhoi langkah kita untuk menjadi anak yang bermanfaat dan sukses tidak hanya di dunia tetapi juga di akherat membawa harum nama orang tua, Agama, bangsa dan negara. Amin Ya Robbal Alamin.

Teman temanku yang aku cintai

Demikianlah Pidato ini kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, sesungguhnya kebenaran itu datangnya dari Allah dan kesalahan dari kami pribadi, mohon maaf yang sebesar-besarya,

Wabillah taufiq wal hidayah . Ihdinas Sirotol Mustaqim.

Wassalamualaikum Wrah matullahi wabarokatuh


 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

 

Posting Komentar untuk "Pidato Imtaq Dan Iptek Di Era Modern Dan Globalisasi Terbaru"