Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Bertema Perilaku seksual Dalam Pacaran


Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. Pada hakikatnya pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan. Lawan bicara harus mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan pembicara baik berupa kata-kata (verbal) atau bukan kata-kata (non verbal) sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dipahami dengan sempurna. Pidato biasanya disampaikan oleh pemimpin atau orang yang dianggap penting untuk memberikan arahan atau nasihat kepada para pendengarnya, karena fungsi dari pidato adalah untuk memberikan informasi, nasihat, motivasi, peringatan, dan pengetahuan. Agar pidato kita bisa diterima dengan baik oleh audien, ucapan atau kalimat harus disusun dengan baik dan rapi sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku. Kalimat yang tersusun secara runut dan sistematis supaya enak didengarkan serta dapat memberikan kesan positif bagi orang yang mendengarkan.

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Sistematika Pidato

  1. Pengantar:disampaikan untuk menarik perhatian pendengar serta memberikan gambaran tentang urutan penyajian.
  2. Isi pidato:untuk menyampaikan pernyataan tentang pokok-pokok permasalahan, mengajukan fakta-fakta untuk membuktikan masalah yang dibahas, dan menolak fakta-fakta yang berlawanan.
  3. Penutup: mengemukakan kesimpulan atau rekaputulasi dari sesuatu yang disampaikan secara bulat mengenai masalah yang dibicarakan.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

 Contoh Pidato Bertema Perilaku seksual Dalam Pacaran

 

 
 Om Swastyastu.

Yang saya hormati bapak guru, serta teman-teman sekalian yang saya banggakan.

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah mencurahkan rahmat serta karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di pagi hari ini dengan keadaan sehat.

Kedua, saya mengucapkan terimakasih atas waktu yang sudah diberikan.

Teman-teman yang saya sayangi, di zaman sekarang ini pacaran telah menjadi semacam gaya hidup baru bagi remaja, dan merupakan hal yang lumrah. Celakanya, gaya pacaran remaja di zaman ini telah mengarah pada perilaku yang di luar batas, yaitu terkait perilaku seksual. Perilaku seksual adalah perilaku yang muncul karena dorongan seksual, seperti berpelukan, berciuman, dan sampai berhubungan seksual. Perilaku seksual bisa diibaratkan seperti bola salju yang sekali dilepaskan dari atas bukit akan semakin membesar terus dan sulit untuk dihentikan. Bisa kita lihat di zaman ini banyak remaja yang sudah hamil di luar nikah. Bahkan mereka mengorbankan pendidikan demi kenikmatan sesaat.

Teman-teman sekalian tidak ingin menjadi Ayah dan Ibu muda, bukan? Oleh sebab itu, remaja dituntut untuk pacaran sehat. Yaitu proses pacaran dimana keadaan fisik, mental, dan sosialnya dalam keadaan baik. Jika teman-teman sekalian tidak ingin pacaran tak sehat terjadi pada diri kalian maka ada beberapa hal yang perlu diresapi dan dipertimbangkan, diantaranya :

Kasih sayang. Perlu diketahui bahwa dalam suatu hubungan harus dilandasi perasaan kasih saying yang tulus. Tidak memaksa. Artinya kita menjalin hubungan tanpa memandang material. Dan menerima pasangan apa adanya.

Jangan sakiti perasaan pasangan. Hal ini adalah alasan utama terjadinya perilaku seksual yang dilandasi dengan pemaksaan oleh pihak yang tersakiti. Orang yang tersakiti biasanya mampu melawan akal sehat dan melakukan hal-hal tak terduga.

Jangan menghabiskan waktu seharian berdua saja apalagi di tempat-tempat sepi. Serta hindari buku, majalah, gambar, video yang isinya seputar seks. Karena sekali menonton akan berakibat ketagihan bahkan bisa timbul keinginan untuk mepraktekannya. Hal ini disebabkan karena remaja yang tergolong masih labil cenderung ingin mencoba sesuatu yang baru karena terdorong rasa ingin tahu yang tinggi.

Lakukan kegiatan-kegiatan positif bersama seperti belajar, berolahraga, dan sembahyang bersama. Perlu diketahui motivasi yang diberikan oleh pasangan adalah cara paling efektif untuk mengubah tingkah laku seseorang untuk menjadi yang lebih baik. Karena remaja cenderung mendengarkan perkataan pasangannya.

Jangan pernah mengatasnamakan hubungan seks sebagai bukti cinta kalian. Perlu diingat bahwa cinta tak sama dengan seks.

Teman-teman sekalian dalam berpacaran perbedaan pendapat, prinsip, dan batasan-batasan tertentu memang wajar. Hal tersebut tidak akan menjadi penghalang apabila diimbangi dengan rasa saling menghargai.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa menambah wawasan teman-teman sekalian. Akhir kata saya ucapkan terimakasih atas waktu yang telah diberikan, dan mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan.

Om Santih, Santih, Santih, Om.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Bertema Perilaku seksual Dalam Pacaran"