Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang Peringatan Hari Gizi Nasional Terbaru


Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. Pada hakikatnya pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan. Lawan bicara harus mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan pembicara baik berupa kata-kata (verbal) atau bukan kata-kata (non verbal) sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dipahami dengan sempurna. Pidato biasanya disampaikan oleh pemimpin atau orang yang dianggap penting untuk memberikan arahan atau nasihat kepada para pendengarnya, karena fungsi dari pidato adalah untuk memberikan informasi, nasihat, motivasi, peringatan, dan pengetahuan. Agar pidato kita bisa diterima dengan baik oleh audien, ucapan atau kalimat harus disusun dengan baik dan rapi sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku. Kalimat yang tersusun secara runut dan sistematis supaya enak didengarkan serta dapat memberikan kesan positif bagi orang yang mendengarkan.

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 


Berikut Contoh Pidatonya:

 

 Contoh Pidato Tentang Peringatan Hari Gizi Nasional Terbaru

 


Assalamualaikum Wr.Wb.

 Yang terhormat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten yang diwakilkan oleh Bapak Hadi Sudibyo. Yang terhormat Direktur Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Bapak Kusmanadji berserta seluruh dosen,staff dan peserta seminar peringatan Hari Gizi Nasional yang berbahagia.

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt , atas curahan rahmat-Nya yang diberikan kepada kita, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul di peringatan Hari Gizi Nasional 2014 dalam keadaan sehat walafiat.

Telah 68 tahun Indonesia merdeka, tetapi pertumbuhan anak-anak Indonesia belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Kurangnya kesadaran gizi pada masyarakat Indonesia telah menghambat tumbuh kembang anak-anak Indonesia karena banyak orangtua yang tidak mengindahkan pentingnya asupan gizi bagi anak-anaknya. Khususnya daerah-daerah terpencil di Indonesia, hingga saat ini penyuluhan tentang kesehatan masih sulit dilaksanakan dan hanya sesekali dilaksanakan, penyebabnya adalah sulitnya medan yang ditempuh atau cuaca yang tidak mendukung. Hal ini menjadi perhatian besar bagi kita, sekaligus menjadi tantangan untuk meinngkatkan kesadaran gizi kepada seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Jika meilhat dengan keadaan di kota dan di daerah terpencil banyak terjadi ketimpangan dalam pemberian asupan gizi, dalam satu kota atau daerah, pemberian asupan gizi untuk setiap anak berbeda-beda, hingga saat ini banyak orang tua di kota maupun di desa menganggap bahwa makanan bergizi tidak murah, selain itu masalah kemiskinan dan pengangguran yang masih saja menjadi alasan klasik permasalahan gizi di Indonesia.

Menurut riset PT Sari Husada , sebanyak 37% balita di Indonesia kekurangan gizi berada di dalam golongan ekonomi menengah. Selain itu, hasil riset kesehatan dasar 2010 mengungkapkan bahwa factor pengetahuan perilaku masyarakat sangat berpengaruh terhadap kejadian kurang gizi di Indonesia. Serta, tingkat pendidikan yang kurang menjadi salah satu faktor penyebab hal tersebut. Data yang mengejutkan datang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan. Selama tahun 2013 di Kabupaten Nias Selatan, pada tiga bulan pertama sebesar 17,8% atau sebanyak 102 dari 503 kasus. Sedangkan kasus gizi buruk pulih sebanyak 4 dari 61 kasus atau sebesar 6,5%. Pada Bulan Oktober 2013 tingkat kepulihan gizi kurang mencapai 95% dari kasus gizi buruk sebesar 83%. Tiga faktor utama penyebab kasus ini adalah status ekonomi keluarga 65%, pengetahuan 23%, dan perilaku 12%.

Di sejumlah daerah di Indonesia, statistik gizi buruk pada anak dibawah usia 5 tahun menunjukkan angka 10,7% untuk Aceh, NTT 9,4%, NTB 8,1%, Sumatra Utara 8,4%, Sulawesi Barat 10%, Sulawesi Tengah 8,9%, dan Maluku 9,3%. Dari data yang didapatkan, hingga saat ini provinsi tersebut masih cukup tinggi. Selain itu data menunjukkan 40 anakdi Kampung Koya Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, menderita gizi buruk. Mereka berbadan kurus kerempeng dan berpenyakitan sebagai efek domino dari gizi buruk.

Akibat dari gizi buruk, para balita yang terkena penyakit ini mengalami kesehatan yang buruk, sehingga tidak bisa menjalani hidup secara normal dan berada dalam titik yang mengkhawatirkan. Hal tersebut menimpa mereka lantaran tidak mendapat asupan makanan yang sehat. Kadar protein dalam makanan sangat minimalis, sehingga tidak memberikan dampak positif bagi perkembangan dan pertumbuhan mereka. Sementara itu tidak adanya minuman yang berasal dari air bersih dan keadaan lingkungan yang tidak higienis juga menjadi faktor penghambat.

Jadi, persoalan gizi buruk bisa dituntaskan secara menyeluruh bila pemerintah dan lembaga-lembaga kesehatan memberikan pendidikan hidup sehat kepada seluruh masyarakat, termasuk bagaimana mengurusi anak-anaknya. Ini sebuah terobosan penting yang bisa diawali dari dinas kesehatan dan hal itu harus segera digelar. Ini akan membawa kemudahan juga bagi masyarakat untuk memperoleh pekerjaan dan menerima kehidupan yang layak, salah satunya dalam hal kesehatan.

Demikianlah pidato dan materi yang bisa kami sampaikan.Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati.

Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum Wr. Wb. 

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

Posting Komentar untuk " Contoh Pidato Tentang Peringatan Hari Gizi Nasional Terbaru"