Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Acara Pelepasan Siswa Siswi Kelas VI SDN

 


Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. Pada hakikatnya pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan. Lawan bicara harus mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan pembicara baik berupa kata-kata (verbal) atau bukan kata-kata (non verbal) sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dipahami dengan sempurna. Pidato biasanya disampaikan oleh pemimpin atau orang yang dianggap penting untuk memberikan arahan atau nasihat kepada para pendengarnya, karena fungsi dari pidato adalah untuk memberikan informasi, nasihat, motivasi, peringatan, dan pengetahuan. Agar pidato kita bisa diterima dengan baik oleh audien, ucapan atau kalimat harus disusun dengan baik dan rapi sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku. Kalimat yang tersusun secara runut dan sistematis supaya enak didengarkan serta dapat memberikan kesan positif bagi orang yang mendengarkan.

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 


Berikut Contoh Pidatonya:

 

 Contoh Pidato Acara Penglepasan Siswa Siswi Kelas VI SDN

 

Yang kami hormati Ketua pengurus .. atau yang mewakili,

Yang kami hormati Ketua ..,

Yang kami hormati Kepala ..,

Yang kami hormati kepala ,

Yang kami hormati Kepala ,

Yang berbahagia bapak/ibu wali murid dan tidak lupa semua murid yang sangat kami banggakan dan selalu kami cintai.

Assalamualaikum wr. Wb.

Alhamdulillah Alhamdulillahilladzi arsala rosula bil huda waddinil haq liyudhirohu aladdniinikulli wa kafa billahi syahiida Amma badu

 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan rasa syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayat-Nya kepada kita semua sehingga pada hari ini kita diberikan kesempatan untuk bertatap muka dalam memeriahkan acara perpisahan ini.

Kedua kalinya, sholawat serta salam mudah-mudahan selalu tercurahkan kepada junjungan nabi besar kita Muhammad SAW, yang telah menunjukkan jalan terang dari jalan yang begitu gelap sehingga kita bisa membedakan antara haq dan bathil hingga saat ini dan sampai akhir zaman nanti.

Selanjutnya, terima kasih kami sampaikan atas waktu dan kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk memberikan beberapa patah kata sambutan dan mohon maaf sebelumnya jika hal-hal yang akan kami sampaikan nantinya tidak berkenan di hati hadirin sekalian.

 

Hadirin sekalian yang kami hormati,

Ada dua hal/ sambutan yang akan kami sampaikan  pada acara perpisahan ini yaitu sambutan mewakili panitia dan sambutan sebagai wakil dari orang tua / wali murid , karena kebetulan untuk acara perpisahan ini selain sebagai ketua panitia, kami juga ditunjuk memberikan sambutan mewakili orang tua/wali murid sekalian.  

Yang pertama, Kami selaku ketua panitia perpisahan, menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak baik itu guru, wali murid dan semuanya yang tidak mungkin kami sebutkan satu persatu yang telah membantu kami mulai dari perencanaan acara, persiapan, pelaksanaan, fasilitas dan tempat, sumbang saran dan yang terpenting adalah kerjasamanya sehingga kami dapat melaksanakan acara ini semaksimal mungkin.

Kami juga tidak lupa menyampaikan mohon maaf sekiranya dalam pelaksanaan acara ini banyak sekali kekurangan, entah itu dalam hal konsumsi, pelayanan, tempat dan fasilitas maupun teknis acara yang mungkin mengurangi kenyamanan dan kemeriahan acara ini, sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Acara ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang bertujuan untuk melepas murid yang telah bersama-sama selama 2 tahun dibimbing dan dibina oleh ibu guru untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi sesuai dengan pilihan masing-masing. Untuk tahun ini acara perpisahan dilaksanakan bertempat di Malindo, pada hari senin, 17 Juni 2013 dan diikuti sebanyak murid dan undangan sebanyak orang

Sekali lagi acara ini direncanakan dan diselenggarakan secara rutin setahun sekali sehingga apa yang dihasilkan dari acara ini dapat dievaluasi pada acara tahun depan, dan dapat menjadi referensi penting bagi panitia maupun pihak lain yang terkait dengan kegiatan ini.

 

Hadirin sekalian yang kami hormati,

Untuk sambutan yang kedua, kami selaku wakil dari wali murid mengucapkan selamat kepada seluruh anak anak kami yang telah berhasil menyelesaikan masa-masa penuh keceriaan selama kurang lebih 2 tahun di .. dimana dalam masa tersebut semua peristiwa dari senang dan tawa sampai tangis terangkai indah dalam sebuah puisi dan kelak akan menjadi cerita. Pesan kami, teruslah bermimpi indah dan wujudkan mimpi indah itu kelak.

Selanjutnya, ijinkan kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Guru serta semua unsur yang telah membimbing dan membina anak-anak kami dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, kami menyadari bahwa tidak mudah membimbing dan mendidik anak-anak kami yang mempunyai watak dan karakter yang semuanya berbeda dengan bakat dan potensi yang berbeda pula. Kami juga tidak lupa mengucapkan mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila dalam kegiatan belajar maupun diluar kegiatan belajar kami selaku orangtua/wali dan anak-anak kami melakukan sesuatu baik itu ucapan, tindakan, atau ekspresi diluar batas kewajaran yang menyinggung perasaan ibu guru sekalian.

Tidak terasa sudah 2 tahun kami menitipkan dan mempercayakan anak-anak kami untuk belajar di . Kami percaya bahwa Ibu Guru telah memberikan dan membimbing yang terbaik bagi anak anak kami sehingga anak anak bisa lebih kreatif (tidak nakal), mengetahui dasar-dasar agama, berani bersosialisasi, dan lebih kelihatan bakatnya. Kami tahu dan yakin dengan pendidikan dasar yang baik kedepannya anak-anak juga akan baik dimanapun anak-anak kami berada. Oleh karena itu sebagai balas budi atas pengorbanan dan perjuangan Ibu Guru sekalian, hanya ucapan terima kasih yang tidak terhingga yang dapat kami berikan kepada Ibu guru serta semua unsur yang terlibat dalam proses belajar di ..

Rasanya tidak pantas bila kami berlama lama berdiri disini karena masih ada begitu banyak acara dalam rangka perpisahan ini. Demikian sambutan dari kami, apabila terdapat kekurangan dan salah kata, kami mohon maaf yang sebesar besarnya.

Wabillahitaufik wal hidayah warridho wal inayah

Wassalamualaikum wr. wb

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Acara Pelepasan Siswa Siswi Kelas VI SDN"