Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Korupsi Dalam Bahasa Inggris dan Terjemannya


Pidato Bahasa Inggris (English speech) seringkali kita butuhkan dalam berbagai event. Isi sebuah pidato tentunya harus sesuai dengan tema atau acara dimana pidato tersebut akan disampaikan. Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini saya telah menyiapkan beberapa contoh pidato Bahasa Inggris singkat dengan berbagai tema beserta artinya. Silahkan pelajari contoh pidato yang sesuai dengan tema acara yang akan sobat ikuti, kemudian jangan lupa untuk memodifikasi bagian-bagian tertentu seperti misalnya bagian pembukaan pidato supaya nampak lebih natural dan sesuai dengan acara tersebut.

Contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan di bawah ini termasuk kedalam pidato Bahasa Inggris yang singkat dan mudah dihafalkan. Saya sengaja membuatnya seperti itu agar contoh pidato Bahasa Inggris yang saya sajikan bisa digunakan dengan mudah oleh banyak orang khususnya sobat yang masih sekolah. Silahkan pelajari semua contoh pidato Bahasa Inggris yang ada di bawah ini ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Contoh Pidato Tema Korupsi Dalam Bahasa Inggris dan Terjemannya       

Good afternoon,
 
I would like to express gratitude to God for giving the opportunity to attend this event. I also would like to thank to the audience who served the time and the place for me in this pulpit.
 
Ladies and gentlemen,
 
Indonesia is a huge country and absolutely rich. We have millions of different natural resources from the sea, forest, mining, and many more. Indonesia is predicted to be one of the developed countries which are able to take over the world. In fact, European countries often made ​​the calculation that if the Indonesian people unite and work together to develop this country, Indonesia will become a superpower country like America or Russia.
 
However, why has Indonesia not been able to be a developed country until now? Perhaps, our country does not have the good human resources. However, I feel there is one thing that becomes the core of all the problems. All the problems that we have are absolutely come from corruption.
 
Of course, corruption makes our country become unstable and does not have a solid system. The state’s finances are destroyed, the development is going to be stunted, and ultimately, the people of Indonesia do not get their rights. Indonesian people are very miserable; our country is not going to be well because the uneven development, bad channeled educational subsidy, and the stunted development of public facilities.
 
Several of us may not feel the impact of corruption directly, but our friends who live in the isolated areas feel it so much. They cannot cross the river because there is no bridge; they cannot be an educated people, and they cannot connect to the world because they do not have internet access. In fact, they have the same opportunity to the people in the big city but they haven’t.
 
Then, how to tackle corruption in this nation? How to wipe out the corruption?
 
Ladies and gentlemen,
 
To wipe the corruption out, we need much more patience and work harder. We must tell ourselves to not take something that does not belong to us. Corruption is begun by stealing something small, and evolves into a theft to the large sums of money. Train us to be afraid to take something that does not belong to us, and continue to be grateful for the sustenance that has been given by God.
 
In addition to teach yourself to keep working hard and do not take anything that is not your right, we also have to educate our children to have an independent attitude, honest, and forbid them to take other people’s stuff without permission.
 
Ladies and gentlemen, although corruption is a difficult problem to overcome, but I believe we can solve it. Indonesia requires us to unite, promote, and liberate the country from corruption.
 
Thank you for your attention and good afternoon.
 

Arti : 
 
Selamat siang,
 
Saya ingin mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan karena telah diberikan kesempatan untuk menghadiri acara ini. Terima kasih kepada para hadirin yang telah menyediakan waktu dan tempat kepada saya di mimbar ini.
 
Para hadirin,
 
Indonesia merupakan sebuah negara besar dan begitu kaya. Kita mempunyai jutaan jenis sumber daya alam dari laut, hutan, pertambangan, dan masih banyak lagi. Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu negara maju yang mampu menguasai dunia. Bahkan, negara-negara eropa sering membuat perhitungan bahwa jika bangsa Indonesia bersatu dan bahu membahu untuk memajukan negara ini, maka Indonesia akan menjadi negara adidaya layaknya Amerika atau Rusia.
 
Namun, mengapa Indonesia belum mampu menjadi negara maju hingga saat ini? Mungkin negara kita tidak mempunyai sumber daya manusia yang baik untuk menjadi negara maju. Namun, saya merasa ada satu hal yang merupakan masalah inti dari semua masalah yang ada. Semua masalah yang kita miliki berasal dari korupsi.
 
Korupsi yang dilakukan tentu saja membuat negara kita menjadi labil dan tidak mempunyai sistem yang solid. Keuangan negara menjadi hancur, pembangunan terhambat, dan pada akhirnya rakyat Indonesia tidak mendapatkan hak mereka sebagai warga negara.  Rakyat Indonesia sangat sengsara karena pembangunan yang tidak merata, bantuan pendidikan tidak tersalurkan dengan baik, dan fasilitas-fasilitas umum terhambat pembangunannya.
 
Beberapa dari kita mungkin tidak merasakan dampak korupsi secara langsung, namun teman-teman kita yang tinggal di tempat terpencil sangat merasakannya. Mereka tidak bisa menyeberang sungai karena tidak ada jembatan, mereka tidak bisa bersekolah karena tidak mempunyai uang, dan mereka tidak bisa berhubungan dengan dunia luar karena tidak mempunyai akses internet. Padahal, mereka mempunyai kesempatan sama dengan masyarakat di kota besar.
 
Kemudian, bagaimana mengatasi korupsi yang ada di bangsa ini? Bagaimana menghancurkan korupsi hingga tidak tersisa?
 
Para hadirin,
 
Untuk mengatasi korupsi, kita memerlukan kesabaran dan kerja keras. Kita harus latih diri kita sendiri untuk tidak mengambil sesuatu yang bukan milik kita. Korupsi diawali dengan mencuri sesuatu yang kecil, kemudian berkembang menjadi pencurian uang dalam jumlah besar. Latih diri kita untuk takut mengambil sesuatu yang bukan milik kita dan terus bersyukur terhadap rezeki yang telah diberikan oleh Tuhan.
 
Selain melatih diri sendiri untuk terus bekerja keras dan tidak mengambil sesuatu yang bukan haknya, kita juga harus mendidik anak-anak kita untuk mempunyai sikap mandiri, jujur, dan melarang mereka untuk mengambil barang orang lain tanpa izin.
 
Para hadirin, meskipun korupsi merupakan masalah yang sulit diatasi, namun saya yakin kita mampu melakukannya. Indonesia membutuhkan kita untuk mempersatukan, memajukan, dan membebaskan negara ini dari korupsi.
 
Terima kasih atas perhatiannya dan selamat siang.  

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Korupsi Dalam Bahasa Inggris dan Terjemannya "