Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang Perpisahan Mahasiswa KKN Terbaru


Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. Pada hakikatnya pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan. Lawan bicara harus mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan pembicara baik berupa kata-kata (verbal) atau bukan kata-kata (non verbal) sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dipahami dengan sempurna. Pidato biasanya disampaikan oleh pemimpin atau orang yang dianggap penting untuk memberikan arahan atau nasihat kepada para pendengarnya, karena fungsi dari pidato adalah untuk memberikan informasi, nasihat, motivasi, peringatan, dan pengetahuan. Agar pidato kita bisa diterima dengan baik oleh audien, ucapan atau kalimat harus disusun dengan baik dan rapi sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku. Kalimat yang tersusun secara runut dan sistematis supaya enak didengarkan serta dapat memberikan kesan positif bagi orang yang mendengarkan.

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Sistematika Pidato

  1. Pengantar:disampaikan untuk menarik perhatian pendengar serta memberikan gambaran tentang urutan penyajian.
  2. Isi pidato:untuk menyampaikan pernyataan tentang pokok-pokok permasalahan, mengajukan fakta-fakta untuk membuktikan masalah yang dibahas, dan menolak fakta-fakta yang berlawanan.
  3. Penutup: mengemukakan kesimpulan atau rekaputulasi dari sesuatu yang disampaikan secara bulat mengenai masalah yang dibicarakan.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

 Contoh Pidato Tentang Perpisahan Mahasiswa KKN Terbaru

 

Assalamualaikum Wr wb.

Yth. Kepala Desa Genting gunung, Bapak Suyitno beserta Ibu

Ykh. Ketua BPD Desa genting gunung

Ykh. Ketua LPMD Desa Genting gunung

Ykh. Ketua Penggerak PKK Genting gunung

Ykh. Seluruh Perangkat Desa Genting gunung

Ykh. Alim Ulama, Sesepuh Pinisepuh dan Seluruh Tokoh Masyarakat genting gunung

Ykh. Ketua dan Pengurus Karang Taruna Desa Genting gunung

Ykh. Seluruh tamu undangan yg tidak dapat saya sebut satu per satu.

Ykh. Mahasiswa KKN UNDIP Desa Genting gunung.

Alhamdulilahi robbil ‘alamin, assolatu wassala mu’ala asrofil ambiya I wal mursalin wa ala alihi wasohbihi rosulillahi ajma’in.

Pertama tama dan yang lebih utama marilah kita memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita semua dapat berkumpul di balai desa ini dalam rangka acara perpisahan Mahasiswa KKN di kelurahan genting gunung, mudah mudahan kehadiran kita di sini senantiasa mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Sholawat beriring salam marilah kita sampaikan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telag membawa kita dari zaman jahiliyah ke zaman yang penuh penerangan seperti yang kita rasakan saat ini.

Hadirin yang saya hormati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkanlah saya mewakili rekan-rekan Mahasiswa KKN UNDIP 2013 di Desa Genting gunung untuk menyampaikan sepatah dua patah kata sebagai salam perpisahan dari kami mahasiswa KKN UNDIP 2013 di Desa Genting gunung tercinta ini.

1. Kepada Bapak Suyitno dan Ibu sekeluarga kami juga menghaturkan beribu-ribu terimakasih atas kehangatan keluarga baru yang bisa kami rasakan selama KKN dan tinggal di rumah Bapak Suyitno sekeluarga. Ada banyak kemesraan keluarga, ada banyak kenangan di sana dan insyaallah tidak mungkin kami lupakan kehangatan keluarga selama tinggal bersama beliau sekeluarga.

2. Terima kasih kami ucapkan juga kepada Seluruh Perangkat Desa Genting gunung, Pengurus PKK Desa Genting gunung, Pengurus dan Pemuda Desa genting gunung, dan juga seluruh masyarakat desa Genting gunung yang telah membimbing kami dan atas kerja samanya sehingga seluruh program kerja KKN UNDIP 2013 di Desa Genting gunung dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Bapak ibu yang kami hormati, selama satu bulan kegiatan KKN kami di Desa Genting gunung ini yaitu tanggal 15 Januari s/d 16 Februari 2013, kami menyadari bahwa kehadiran kami di sini belumlah dapat memberikan sumbangsih yang besar terhadap kelurahan ini, tapi mudah mudahan KKN kami kali ini dapat memberi sedikit perubahan dan warna bila di banding tahun tahun sebelumnya.

Kami sudah berusaha semampu kami, semaksimal mungkin mengerahkan materi, tenaga dan pikiran kami demi genting gunung tercinta, kami mohon maaf apabila selama 1 bulan kami di sini ada tingkah laku kami yang kurang sopan ataupun kegiatan kami yang kurang berkenan di hati, sekali lagi kami mohon maaf.

Bapak ibu yang kami hormati, Kelurahan Genting gunung sebagai lokasi KKN, memberikan kesan yang baik dan menyenangkan bagi kami, masyarakatnya ramah tamah, rukun dan damai dengan sesama saling bekerjasama. Berternak dan bercocok tanam sebagai mayoritas mata pencaharian penduduk merupakan ciri ciri masyarakat yang bekerja keras, giat dan tekun demi kemakmuran dan kesejahteraan warga kelurahan genting gunung.

Pesan kami mahasiswa KKN UNDIP kepada masyarakat genting gunung untuk tetap terus meningkatkan situasi dan kondisi ke arah yang lebih baik agar kelurahan genting gunung semakin jaya dikemudian hari.

Pesan kami untuk pemuda dan pemudi genting gunung per eratlah hubungan persaudaraan dan jagalah kekompakan, kami melihat jiwa kerja keras yang di miliki pemuda pemudi desa genting gunung, teruslah pertahankan dan tingkatkan. Pesan kami juga untuk adik adik tersayang, rajin rajinlah belajar, kejar cita cita tertinggi, dan teruslah bersekolah hingga jenjang yang lebih tinggi karena adik adik semua adalah penerus kami, penerus generasi bangsa ini.

Kebersamaan dengan kalian, adik adiku sayang, baik sewaktu bimbingan belajar, mengajar TK, SD maupun PAUD dan kegiatan yancg lain, sangat begitu indah dan tak akan pernah kami lupakan. Kalian semua adalah sahabat kecil kami yang senantiasa menghibur kami di sini.

Dipenghunjung hari KKN kami mulai menyadari bahwa pada awalnya sebelum kami berangkat kami berupaya untuk memberikan sesuatu yang kepada desa ini, yang terjadi justru sebaliknya, kamilah yang mendapatkan banyak hal dari desa ini, tangis, tawa, teman, keluarga, pengalaman dan pelajaran yang tak akan pernah kami lupakan seumur hidup kami.

Hadirin yang kami hormati.

Kiranya tidak perlu lama-lama saya berkata, sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa genting gunung tercinta dan juga semua pihak yang sudah membantu dan bekerja sama kepada kami sehingga bisa menyelesaikan program kerja KKN kami. Saya dan temen2 KKN UNDIP mohon pamit untuk pulang ke rumah kami dan melanjutkan kuliah kami di kampus UNDIP, kami mohon doanya agar segera lulus dan bisa menggapai cita2 kami.

Bapak dan ibu yang kami hormati, Izinkanlah saya membacakan pantun terakhir dari kami mahasiswa KKN UNDIP, Apabila ada sumur diladang boleh kita menumpang mandi, apabila diberi umur yang panjang, boleh kita berjumpa lagi

Jika ada jarum yang patah jangan di simpan di dalam peti, jika ada kata kata kami yang salah jangan di simpan di dalam hati. Demikianlah SALAM PERPISAHAN dari kami mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan.

Akhirnya, dari saya cukup sekian apabila ada kata-kata yang tidak berkenan di hati Hadirin, saya pribadi mohon maaf yang setulus-tulusnya.

Terimakasih, billahitaufiq wal hidayah.

Wassalamualaikum wr wb



 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Perpisahan Mahasiswa KKN Terbaru"