Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Bertema kemerdekaan dan ketakwaan Terbaru


Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. Pada hakikatnya pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan. Lawan bicara harus mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan pembicara baik berupa kata-kata (verbal) atau bukan kata-kata (non verbal) sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dipahami dengan sempurna. Pidato biasanya disampaikan oleh pemimpin atau orang yang dianggap penting untuk memberikan arahan atau nasihat kepada para pendengarnya, karena fungsi dari pidato adalah untuk memberikan informasi, nasihat, motivasi, peringatan, dan pengetahuan. Agar pidato kita bisa diterima dengan baik oleh audien, ucapan atau kalimat harus disusun dengan baik dan rapi sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku. Kalimat yang tersusun secara runut dan sistematis supaya enak didengarkan serta dapat memberikan kesan positif bagi orang yang mendengarkan.

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Sistematika Pidato

  1. Pengantar:disampaikan untuk menarik perhatian pendengar serta memberikan gambaran tentang urutan penyajian.
  2. Isi pidato:untuk menyampaikan pernyataan tentang pokok-pokok permasalahan, mengajukan fakta-fakta untuk membuktikan masalah yang dibahas, dan menolak fakta-fakta yang berlawanan.
  3. Penutup: mengemukakan kesimpulan atau rekaputulasi dari sesuatu yang disampaikan secara bulat mengenai masalah yang dibicarakan.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

 Contoh Pidato Bertema kemerdekaan dan ketakwaan Terbaru

 

Assalamualaikum wa rohmatullahi wa barokatuh.

Alhamdullahi robbil ngalamin wassolatu wassalamu ngala asrofil ambiyaai wal mursalin,

Wangala alihi wasohbihi ajmangin amma bakdu.

Para Bapak Ibu Dewan Guru atau Dewan Juri yang saya hormati dan dimulyakan AllohSWT

Dan Peserta lomba yang saya hormati dan juga dimulyakan oleh Alloh SWT

Sebelumnya mari kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena pagi yang cerah ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Sholawat serta salam kita aturkan pada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yag telah membawa kita dari alam jahiliyah ke alam islamiyah seperti sekarang ini.

Hadirin yang berbahagia, hari ini adalah hari Kamis tgl 9 Agustus 2007. sebagai warga Negara Indonesia, kita semua tentu sudah mengetahui apa yang telah berlangsung pada hari-hari seperti saat sekarang ini.

Secara de jure, atau menurut teorinya, kita bangsa Indonesia sudah merdeka sejak 62th yang lalu, yaitu sejak hari jumat, tgl 17 Agustus 1945. Namun secara de facto, atau pada kenyataannya, diantara kita sesama bangsa Indonesia, barangkali masih bisa berbeda pandangan. Untuk itu, kita bisa melihat dan mendengarkan berbagai komentar tentang Kemerdekaan ini di media-media massa atau layar televisi di rumah-rumah kita.

Namun, lepas dari sebenarnya kita sudah merdeka atau belum, tampaknya tidak terlalu penting untuk kita persoalkan. Yang lebih penting adalah bagaimana atau apa yang mesti kita perbuat untuk kemaslahatan diri kita dan orang banyak, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan kita ini.

Hadirin yang dimulyakan Allah, Allah telah mengisyaratkan kepada kita sekalian, bahwa antara kemerdekaan dan ketakwaan ternyata mempunyai ikatan yang sangat erat. Diantara ke duanya tidak mungkin dipisahkan, terutama jika benar-benar menghendaki makna Kemerdekaan yang sebenarnya. Allah SWT berfirman :

Dan Allah menyelamatkan orang-orang yang bertakwa karena kemenangan mereka, sehingga mereka tidak akan disentuh oleh siksa api neraka dan tidak pula akan merasakan duka cita. ( Q.S. Az-Zumar,39; ayat 61 ).

Dari ayat ini kita bisa melihat dengan jelas kaitan antara keselamatan, ketakwaan, kemenangan dan bebas dari penderitaan maupun rasa duka. Dan poros awalnya adalah ketakwaan kepada Allah SWT. Sehingga kita bisa memahami bahwa hakikat kemerdekaan, mestinya, adalah kemenangan yang membawa keselamatan dan pembebasan dari beban penderitaan maupun rasa duka. Hadirin sekalian definisi kemerdekaan menurut Surat Az-zumar ayat 61 ini rasanya berat sekali untuk diwujudkan. Terlebih lagi bagi masyarakat kita yang sangat majemuk ini. Tetapi paling tidak, definisi yang demikian dapat kita jadikan acuan dan sekaligus tujuan untuk mengarahkan langkah-langkah kita dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, langkah utamanya adalah bagaimana upaya kita agar senantiasa berada didalam koridor ketakwaan. Sebab kemenangan, keselamatan dan lain-lainnnya itu akan terwujud dengan sendirinya. Apabila ketakwaan dengan segala dimensinya itu benar-benar kita jalankan.

Jadi, bagaimanakah kita akan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ini ? Pertanyaan ini bisa kita jawab, tentu saja, dengan menunaikan dimensi-dimensi ketakwaan itu sendiri, yang antara lain:

Selalu berorientasi hidup di depan:

Berbuat adil, Allah SWT berfirman:

Berbutlah adil, karena perbuatan adil itu paling dekat dengan taqwa. (Q.S. Al-Maidah, 5; ayat 8).

Mudah memaafkan kesalahan orang lain dan mengembangkan potensi diri,Allah berfirman

dan sifatmu (untuk) memaafkan itu lebih dekat kepada taqwa, dan janganlah kamu melupakan keutamaan yang ada di antara kamu. (Q.S AI-Baqarah, 2; ayat 237)

Bersikap rendah hati dan menjaga intonasi suara

Memelihara makanan, hanya yang halal dan berkualitas. Allah SWT berfirman:

Dan makanlah dari sebagian harta yang kamu dapatkan itu (dari) yang halal dan baik. (Q.S. Al- Hujaraat, 49; ayat 3)

Berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan pengorbanan diri. Allah SWT berfirman:

Orang- orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian tidak akan meminta izin kepadamu untuk tidak ikut berjihat dengan harta dan diri mereka. Dan Allah Maha Mengetahui orang orang bertaqwa. (Q.S. At Taubah, 9; ayat 44).

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wabillahi taufik walhidayah ,Wassalamungalaikum Warohmatullohi Wabarohkatuh.



 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Bertema kemerdekaan dan ketakwaan Terbaru"