Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Bahasa Inggris Tentang Bahaya Narkoba dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Pidato Bahasa Inggris Tentang Bahaya Narkoba dan Terjemahannya

Assalamualakum Wr Wb
Best wishes for all of us
Dear principals who I respect.

Mr. / Mrs. Teacher and Administrative staff
And friends who I love.
Let us pray praise Allah SWT who has bestowed His blessings so that we can gather here and on this day I will deliver a speech on Drugs.

Drugs is an Indonesian term for narcotic substances, psychotropic and addictive. psychotropic substances popularly called Ecstasy and shabu-shabu are considered favorites among the middle and upper class users. However, for an increasing number of young people, the drug of choice is low-grade heroin, known as heroin, which is cheap, plentiful, but potentially deadly. This drug has been available in all major cities, including schools, karaoke lounges, bars, cafes, discos, nightclubs, and they even spread to remote villages. Therefore, it is not surprising that drug users continues to increase from year to year.

Thousands of young men have wasted their lives because of drugs in our country, Indonesia. They are mostly the victims of the environment ‘cruel’, a broken home, of ignorance, of a sense of curiosity or also of victims of the drug mafia. It is estimated that about 4 million people in Indonesia are as drug users, or about one out of every 50 people Indonesia is or ever tasted the forbidden goods. In the capital Jakarta, an estimated three out of ten young people are drug users. A study conducted by the Office (ILO) International Labour Organization in Indonesia showed that about four percent of drug users in this country are children under 17 years. Two out of ten users are involved in the illicit trade. Some teens became involved in producing drugs and that memperdagangankannya between the ages of 13 and 15 years. Chairman of the National Narcotics Coordinating Board said that drug users and illegal drugs in the country amounted to about 7,000 ii junior high school students, more than 10,000 high school students and about 800 elementary school students. Data were so very alarming and makes us worry about the future later, either when the user will be how future illicit goods continues to increase.

People usually use drugs for fun or escape from the pressures of life. Drug users among students is very worrying. It was reported that a number of traders operating in the vicinity of the school to deceive, coerce or provide drugs free of charge to students around the school. Once students are addicted, they then go to the traders to buy drugs. If they do not have money, they steal from their family members or others.

The above facts show us how familiar “Drugs” among our youth. Things that we should know as we grip to avoid the enticements of the drug mafia. First we have to know what is the meaning of drug addiction? Drug addiction is a complex brain disease. It is characterized by compulsive, at times uncontrollable, drug craving, seeking, and use persist even in the face of extremely negative consequences. Looking into compulsive drug, largely as a result of the effects of prolonged drug use on brain function and, thus, on behavior. For many people, drug addiction becomes chronic, with the possibility of recurrence even after long periods of time. By knowing how serious the consequences of drug use. Hopefully it can keep us from the snare.

Let’s race to prevent ourselves from the shackles of illicit goods by way of distancing ourselves, family and the environment of the things that will give space and way for the entry of illicit goods. Let us avoid and stay away and join combat drug use.

Thus the speech that I can say if there is an error in speech, I apologize. Thank you so much for your attention .
Wassalamu’alaikum WrWb



Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

    Assalamualakum Wr Wb
    Salam sejahtera bagi kita semua
    Kepala sayang yang saya hormati.

    Bapak / Ibu Guru dan staf Administrasi
    Dan teman-teman yang saya cintai.
    Mari kita berdoa memuji Allah SWT yang telah menganugerahkan berkat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di sini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato pada Obat.

    Obat adalah istilah bahasa Indonesia untuk zat narkotika, psikotropika dan adiktif. psikotropika populer disebut Ecstasy dan shabu-shabu dianggap favorit di kalangan pengguna kelas menengah dan atas. Namun, untuk peningkatan jumlah orang-orang muda, obat pilihan adalah kelas rendah heroin, yang dikenal sebagai heroin, yang murah, berlimpah, tetapi berpotensi mematikan. Obat ini telah tersedia di semua kota besar, termasuk sekolah, lounge karaoke, bar, kafe, diskotik, klub malam, dan mereka bahkan menyebar ke desa-desa terpencil. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa pengguna narkoba terus meningkat dari tahun ke tahun.

    Ribuan pemuda telah menyia-nyiakan hidup mereka karena obat di negara kita, Indonesia. Mereka sebagian besar korban lingkungan ‘kejam’, broken home, dari kebodohan, dari rasa keingintahuan atau juga dari korban mafia narkoba. Diperkirakan bahwa sekitar 4 juta orang di Indonesia adalah sebagai pengguna narkoba, atau sekitar satu dari setiap 50 orang Indonesia adalah atau pernah mencicipi barang terlarang. Di ibukota Jakarta, diperkirakan tiga dari sepuluh orang muda pengguna narkoba. Sebuah studi yang dilakukan oleh (ILO) Organisasi Perburuhan Internasional Kantor di Indonesia menunjukkan bahwa sekitar empat persen pengguna narkoba di negeri ini adalah anak-anak di bawah 17 tahun. Dua dari sepuluh pengguna terlibat dalam perdagangan gelap.

    Beberapa remaja menjadi terlibat dalam memproduksi obat-obatan dan memperdagangankannya antara usia 13 dan 15 tahun. Ketua Badan Koordinasi Narkotika Nasional mengatakan bahwa pengguna narkoba dan obat-obatan terlarang di negara itu berjumlah sekitar 7.000 ii siswa SMP, lebih dari 10.000 siswa SMA dan sekitar 800 siswa SD. Data yang begitu sangat memprihatinkan dan membuat kita khawatir tentang masa depan nanti, baik ketika pengguna akan bagaimana barang haram masa depan terus meningkat.

    Orang biasanya menggunakan obat-obatan untuk bersenang-senang atau melarikan diri dari tekanan hidup. Pengguna narkoba di kalangan siswa sangat memprihatinkan. Dilaporkan bahwa sejumlah pedagang beroperasi di sekitar sekolah untuk menipu, memaksa atau memberi obat gratis kepada siswa di seluruh sekolah. Setelah siswa yang kecanduan, mereka kemudian pergi ke para pedagang untuk membeli obat. Jika mereka tidak punya uang, mereka mencuri dari anggota keluarga mereka atau orang lain.

    Fakta-fakta di atas menunjukkan kepada kita bagaimana akrab “Narkoba” di kalangan kaum muda kita. Hal-hal yang harus kita ketahui sebagai pegangan kita untuk menghindari godaan dari mafia narkoba. Pertama kita harus tahu apa arti dari kecanduan narkoba? Kecanduan obat adalah penyakit otak yang kompleks. Hal ini ditandai dengan kompulsif, kadang-kadang tak terkendali, keinginan obat, mencari, dan menggunakan bertahan bahkan dalam menghadapi konsekuensi sangat negatif.

    Melihat ke obat kompulsif, sebagian besar sebagai akibat dari efek penggunaan jangka panjang obat pada fungsi otak dan, dengan demikian, pada perilaku. Bagi banyak orang, kecanduan obat menjadi kronis, dengan kemungkinan kambuh bahkan setelah jangka waktu yang lama. Dengan mengetahui seberapa serius konsekuensi dari penggunaan narkoba. Mudah-mudahan itu bisa menjauhkan kita dari perangkap.

    Mari kita berlomba untuk mencegah diri dari belenggu barang haram dengan cara menjauhkan diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan dari hal-hal yang akan memberi ruang dan jalan bagi masuknya barang haram. Mari kita menghindari dan menjauh dan bergabung penggunaan narkoba tempur.

    Dengan demikian pidato yang bisa saya katakan jika ada kesalahan dalam berbicara, saya minta maaf. Terima kasih banyak atas perhatian Anda.
    Wassalamu’alaikum WrWb

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Pidato Bahasa Inggris Tentang Bahaya Narkoba dan Terjemahannya"