Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Bahasa Inggris Hari Pahlawan 10 November dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

 Pidato Bahasa Inggris Hari Pahlawan 10 November dan Terjemahannya

Assalamualaikum, wr. wb.

The Head Master of SMA Negeri 01 Metro, all teachers and organization staff of SMA Negeri 01 Metro and every one of my companions from X – Xii.

Before I start to give a discourse, I might want to welcome you to thank to Allah the Almighty, Who shows given us Mercy and Blessing, so we can meet together in this gift place. Furthermore I keep in mind to convey sholawat and salam to our prophet Muhammad SAW, Who has conveyed us from the dimness to the brilliance, so we are dependably in the right way.

Ladies and gentleman

Today, November the tenth, we remember the national saint. Today, November the tenth, we recognize the day when our progenitors committed thought and push to keep up our nation autonomy. Today, November the tenth, the saints who kicked the bucket in fight shed hard labor to fly the red-white banner, the banner of Indonesia. Today, November the tenth, we recall the courageous clash of Surabaya.

Numerous courageous stories were conceived on that day. It was the day when the first fight after the decree of Indonesia autonomy. It was the day where all nationals joined a battle to depend the city of Surabaya from the Dutch that needed to re-colonize Indonesia afresh. It was the day when Surabaya was encompassed by the Allies to stoop under the Dutch colonization yet again.

Numerous courageous stories were conceived on that day. It was the day when Bung Tomo, national armed forces and volunteers with restricted weapons battle against the partners of 30,000 troops furnished with tanks, planes, and warships. It was the day when 16.000 warriors fall following three weeks fight. It was the day that will never be overlooked. It was the day that will dependably be recollected. It was the day of our National Heroes.

My companions,

Today, November the tenth, we celebrate the national legend. Today, November the tenth, we recollect every one of the penances of progenitors in depending this country. Today, November the tenth, we will proceed with their battle to make an incredible country as it was imagined by them. Today, November the tenth, how about we have a minute of quiet to thank, to recollect, and to beg so they may rest in peace in the nirvana.

Very little that I can say today, only a couple of words over that I can convey to you as of now, thank a considerable measure for your consideration and I likewise approach absolution for my errors, and the last I say:

Terjemahan Dalam Bahasa Indonesia:

    Assalamualaikum, wr. wb.

    Yang terhormat kepala sekolah SMA Negeri 01 Metro, semua guru dan staf administrasi SMA Negeri 01 Metro dan semua teman-teman ku dari kelas X sampai XII.

    Sebelum saya menyampaikan sebuah pidato, saya ingin mengjaka kalian untuk bersyukur kehadiarat Allah yang maha kuasa, yang telah memberi kita rahmat dan hidayah, sehingga kita bisa bertemu bersama di tempat yang di berkati ini. Dan juga saya tidak lupa untuk menyampaikan sholawat dan salam kepada nabi kita Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari kegelapan ke ke jaman terang benerang, sehingga kita selalu berada di jalan yang benar.

    Hadirin sekalian

    Hari ini, tanggal 10 November, kita memperingati hari pahlawan nasional. Hari ini, tanggal 10 November, kita mengenang hari dimana para pedahulu kita mencurahkan pikiran dan tenaga untuk mempertahankan kemerdekaan negra kita. Hari ini, tanggal 10 November, para pahlawan yang gugur di medan perang meneteskan darah, keringat dan air mata untuk bisa mengibarkan bendara merah-putih, bendera Indonesia. Hari ini, tanggal 10 November, kita meningat kembali pertempuran heroik Surabaya.

    Banyak cerita heroik yang lahir pada hari itu. Hari ketika pertempuran pertama setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Hari dimana semua masyarakat bersatu untuk mempertahankan kota Surabaya dari Belanda yang ingin menjajah kembali Indonesia. Hari ketika Surabaya dikepung pasukan sekutu untuk tunduk dibawah penjajahan Belanda sekali lagi.

    Banyak cerita heroik yang lahir pada hari itu. Hari ketika  Bung Tomo, tentara nasional, dan sukarelawan berperang dengan keterbatasan senjata melawan 30.000 tentara sekutu bersenjata lengkap dengan sejumlah tank, pesawat terbang, dan kapal perang. Hari ketika 16.000 pejuang gugur setelah tiga minggu pertempuran. Hari yang tidak pernah dilupakan. Hari yang akan selalu diingat. Itu lah Hari Pahlawan Nasional kita.

    Teman-temn ku,

    Hari ini, tanggal 10 November, kita kembali memperingati hari pahlawan nasional. Hari ini, tanggal 10 November, kita mengingat kembali semua pengorbanan pedahulu kita dalam mempertahankan negara ini. Har ini, tanggal 10 November, kita akana melanjutkan perjuangan mereka untuk membentuk suatu negara besar sebagaimana yang telah mereka impikan. Hari ini, tanggal 10 November, mari kita renungkan sejenak untuk berterima kasih, untuk mengingat, dan untuk mendoakan suapa mereka beristirahat dengan tenang di surga sana.

    Tidak banyak yang saya bisa katakan hari ini, hanya beberapa bait kata di atas yang dapat saya sampaikan kepada kalian pada kesempatan kali ini, terima kasih banyak atas perhatiannya dan saya minta maaf atas kesalahan-kesalahan saya dan akhir kata saya ucapkan.
 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Pidato Bahasa Inggris Hari Pahlawan 10 November dan Terjemahannya"