Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Pentingnya Bahasa Inggris sebagai Alat Komunikasi


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Tema Pentingnya Bahasa Inggris sebagai Alat Komunikasi

Yang mulia…………..

Bapak-bapak, Ibu-ibu,

Serta hadirin-hadirat yang terhormat,

Sesungguhnya kita semua sadar bahwa kita tidak mungkin bisa hidup sendiri tanpa ada bantuan orang lain. Kita masih memerlukan bantuan seseorang untuk memenuhi apa yang kita butuhkan. Dan salah satu hal terpenting dalam masalah ini adalah kebutuhan kita terhadap komunikasi dengan orang lain. Komunikasi adalah suatu cara bagaimana seseorang menyampaikan suatu pesan kepada orang lain, atau sebaliknya. Seseorang akan mengerti apa yang kita maksud jika mereka mengerti bahasa yang kita gunakan, dan sebaliknya kita juga akan mengerti apa yang disampaikan orang lain jika kita mengerti bahasa yang mereka gunakan. Dengan jujur saya katakan bahwa peranan bahasa itu sangat penting, khususnya untuk bahasa yang biasa digunakan alat komunikasi banyak orang diseluruh dunia ini.

Di era modemisasi dan globalisasi seperti sekarang ini sebenarnya kita dituntut untuk bisa melakukan hubungan secara lebih luas dari pada sebelumnya; yakni kita bukan hanya dituntut untuk bisa berhubungan di lingkup dalam negeri saja, tetapi kita juga dituntut untuk bisa melakukan hubungan secara internasional.

Globalisasi sesungguhnya adalah sebuah istilah baru yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan dimana bangsa-bangsa, masyarakat, atau negara-negara telah menjadi lebih dekat satu dengan yang lainnya.Di era globalisasi ini bumi kelihatannya menjadi lebih kecil dari pada sebelumnya.Dengan kata lain, batas-batas kebangsaan sudah tidak dapat berfungsi lagi sebagaimana sebelumnya. jBeberapa ahli dan para peneliti sepakat mengatakan bahwa kemunculan globalisasi adalah disebabkan oleh keberadaan alat-alat komunikasi dan informasi, khususnya yang berhubungan dengan peralatan teknologi.Misalnya komunikasi radio, televisi, satelit, dan kemajuan di bidang transportasi. Kita dapat melihat dan mendengar secara langsung dengan orang lain dalam waktu yang bersamaan, walaupun kita berada di tempat yang berbeda di belahan dunia ini.Adalah satu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa ternyata memegang peranan penting dalam segala aspek kehidupan di era globalisasi ini. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kemajuan komunikasi masa yang tengah terjadi; dengan bahasa kita akan mendapatkan banyak informasi tentang negara-negara luar di seluruh dunia ini hingga seolah-olah kita pergi kesana dan mengalaminya sendiri.

Saudara-saudara yang terhormat,

Konsep globalisasi sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari konsep informasi dan peranan bahasa.Jadi ketiga konsep tersebut harus digabung secara umum.Suatu informasi apapun bentuknya adalah merupakan hubungan antara seseorang dengan yang orang lain atau antara suatu masyarakat dengan masyarakat yang lain. Lebih banyak informasi yang kita peroleh, maka akan lebih banyak pula perubahan dalam cara pandang dan cara berpikir kita.Dan kita semua tahu bahwa berbagai jenis informasi adalah di dorong oleh peranan bahasa sebagai alat komunikasinya.

Pendek kata …. Ada hubungan yang sangat erat antara globalisasi, informasi, dengan peranan bahasa.

Secara tidak langsung kita sebenarnya dituntut untuk bisa menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Dibeberapa negara bahasa Inggris ternyata sudah dijadikan sebagai bahasa utama dan tidak dijadikan sebagai bahasa kedua. Bahasa Inggris diajarkan dan dipelajari untuk dipraktekkan, sebab bahasa ini sangat penting peranannya sebagai alat komunikasi. Sebagai salah satu contoh, seorang utusan dari Indonesia bertemu dengan utusan dari Canada atau Jepang dalam sebuah pertemuan formal. Secara otomatis mereka akan bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Inggris. Begitu juga dengan seorang toris asing yang berbeda kewarganegaraan, tentu mereka akan menggunakan bahasa Inggris ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Saudara-saudara yang terhormat,

Dari apa yang telah saya sampaikan diatas, sebagai orang Islam, semestinya kita harus menyadari masalah ini. Sebagai seorang muslim kita harus pandai-pandai mengantisipasi segala sesuatu yang muncul ditengah-tengah masyarakat atau bahkan di setiap bagian dunia. Kita harus bisa membaca situasi, perubahan, perkembangan, dan kemajuan dari peradaban kehidupan, khususnya di dalam masalah bahasa ini. Saat ini, sebenarnya orang Islam dihadapkan pada masalah-masalah modernisasi. Makanya dalam kita harus mampu menghadapinya jika kita ingin berkembang dan tidak ingin tertinggal dari bangsa-bangsa yang lain di dunia ini. Orang Islam tidak boleh terbuang, sebab mereka telah menjadi bagian dari masyarakat intemasional. Makanya dalam masalah ini, peranan bahasa adalah sangat penting, khususnya bahasa Inggris. Bahasa Inggris sebenarnya telah ditetapkan oleh UNO sebagai bahasa intemasional. Sebagai seorang muslim yang konsisten, saya pikir kita telah mengetahui pentingnya peranan bahasa dari kitab suci Al-Qur’an :

pidato inggris artinya

“Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (QS. Al Hu jurat:l3)

Saya pikir dari ayat ini masing-masing dari kita dapat menemukan satu kesimpulan bahwa peranan bahasa adalah sangat penting dalam kehidupan di tengah-tengah masyarakat.

Pendek kata …. dengan menguasai bahasa Inggirs, akan muda bagi kita untuk menjalin hubungan dengan negara lain sekaligus dapat dengan mudah mengetahui tentang keadaan dunia. Namun ada satu hal yang harus kita ketahui, para hadirin….. sebagai orang Islam, bagaimanapun kita tidak boleh muda dipecah belah oleh pihak lain yang menginginkan kehancuran agama kita. Kita harus bebas dan merdeka.

Ada sebuah kata bijak yang mengatakan :

contoh pidato inggris

“Siapa yang mempunyai kemampuan untuk memahami bahasa

dari suatu bangsa (kaum), maka dia akan selamat dari tipu

daya mereka. ”

Berdasarkan dari kata bijak diatas, maka adalah sebuah kesalahan besar jika ada seseorang yang mengatakan bahwa kita akan menjadi “kafir” dengan mempelajari dan menguasi bahasa Asing.

Saudara-saudara yang terhormat,

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris kini telah mendominasi di seluruh dunia. Sebagian besar masyarakat dunia telah menjadikan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi. Dan bahasa Inggris ini pula yang digunakan sebagai alat pembicaraan di berbagai forum internasional, seperti di dalam organisasi perserikatan bangsa-bangsa (PBB) dan forum pembicaraan puncak di dunia. Atas dasar kenyataan inilah maka bahasa Inggris sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai. Dan sebagai orang Islam, seharusnya kita menyadari masalah ini. Kita tidak bisa menolak, namun balik kita harus mensosialisasikan bahasa Inggris di dalam kehidupan kita, khususnya bagi generasi muda yang terdidik. Di tangan merekalah masa depan bangsa ini berada. Lebih-lebih saat ini Indonesia telah mengambil peranan penting dalam hubungan internasional, yakni sebagai ketua gerakan negara-negara non blok.

Saudara-saudaraku yang terhormat,

Demikian apa yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan, saya minta maaf dan terima kasih bayak atas perhatian saudara.

 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Pentingnya Bahasa Inggris sebagai Alat Komunikasi"