Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang Pendidikan dan Kualitas Bangsa Terbaru


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Tentang Pendidikan dan Kualitas Bangsa Terbaru

 Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,

Pertama-tama marilah kita panjatakan puji dan syukur kita atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan karunianya lah sehingga saat ini kita semua dapat hadir ditempat ini dalam keadaan sehat.

Tak lupa saya ucapkan banyak terimakasih kepada Bapak guru serta teman-teman yang telah memberikan kesempatan kepada saya pada hari yang indah ini untuk membawakan sebuah pidato dengan temapendidikan dan kualitas bangsa

Hadirin sekalian,

Jika kita memperhatikan realita kehidupan bangsa kita , saat ini masih banyak masalah-masalah yang terjadi, dan jika kita mengkajinya lebih dalam lagi maka pendidikan dan kualitas bangsa lah yang menjadi pokok masalah utama . Hendaknya kita sebagai generasi muda ini haruslah menyiapkan diri kita masing-masing , karena di masa mendatang kita semualah yang mampu merubah bangsa ini menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Berbicara kualitas bangsa serta pendidikan kedua hal ini memiliki hubungan erat dimana perbaikan kualitas bangsa harus ditempuh, terutama melalui pendidikan.Hal ini menunjukan bahwa kualitas bangsa yang baik ditunjang oleh pendidikan yang baik pula Pendidikan itu proses yang memerlukan waktu yang lama, yang tak henti-hentinya dilakukan untuk mencapai satu tujuan dan terbuka untuk menerima ide-ide dan konsep-konsep baru. Sehingga suatu saat hasil dari pendidikan itulah yang akan menumbuhkanbudaya baru dengan manusia yang bukan sekedar pintar bahkan cerdas.

Bapak guru serta teman teman sekalian.

Selama manusianya cerdas maka ia mempunyai kebijakan dan kebajikan dalam dirinya.Manusia cerdas inilah yang dibutuhkan untuk bangsa indonesia yang membawa sikap ini kemudian masuk ke dalam tatanan masyarakat (budaya) dan menjadi alternatif yang akan dipilih oleh bangsa ini. Semuanya melalui pendidikan yang tertata rapi, pendidikan yang mampu mencerdaskan, mampu menumbuhkan jiwa yang bajik dan bijak, dan menguasai sains dan teknologi. Itulah nanti yang akan mengubah bangsa Indonesia menjadi Indonesia baru.Namun, Hal ini tampaknya akan menjadi momok tersendiri bagi pendidikan di Indonesia. Belum lagi persoalan kekurangan tenaga pendidik terselesaikan, masalah sarana pendidikan yang tidak memadai muncul, dan menyusul persoalan mahalnya biaya pendidikan serta banyak siswa didik yang lebih mementingkan hasil dibandingkan proses.

Kita masih merasa sebagai bangsa yang tertinggal dalam berbagai hal dibandingkan dengan bangsa lain. Oleh karena itu, satu-satunya jalan untuk mencerdaskan bangsa adalah dengan meningkatkan pendidikan bangsa melalui 3system pendidikan nasional yang menyeluruh , terencana, serta terbuka secara umum.

Namun untuk menuju sistem3itu, jalan yang ditempuh sangat panjang dan berliku. Karena persoalan pendidikan sangat berkaitan dengan sistem lain, termasuk masalah ekonomi, keamanan dan masalah 3sistem lainnya lagi. Para guru pun diharapkan mulai mengubah cara belajar kepada siswa. Para guru pun tidak boleh lagi memberikan tekanan kepada siswa seperti pelajaran menghafal yang cenderung mampu berdampak terhadap kepribadian siswa didik .

Ibu guru serta teman-teman sekalian

Peran pendidikan, sebagai sarana pemberdayaan, harus secara sadar menyiapkan peserta didik dalam kehidupan masyarakat baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Pemberdayaan hanya mempunyai makna jika proses pemberdayaan menjadi bagian dan fungsi dari kebudayaan dalam kehidupan.

Oleh karena itu, pendidikan harus menumbuhkan jiwa yang independent, menggerakkan pernyataan diri dan para pendidik mengajar siswa untuk hidup dalam harmoni kehidupan dengan menghargai adanya perbedaan. Kedepannya,sistem pendidikan harus berubah dari instruksional menjadi motivasional berprestasi, berkreasi, dan berbudi pekerti.

Sekian dari pidato singkat dari saya , terima kasih atas perhatian Bapak guru serta teman teman sekalian.Mohon maaf jika ada kekurangan karena sesungguhnya manusia tidak lah sempurna.

Selamat pagi.

 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Pendidikan dan Kualitas Bangsa Terbaru"