Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Agama Tema Persiapan Amal Sebelum Kiamat Datang


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Agama Tema Persiapan Amal Sebelum Kiamat Datang



Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Yang terhormat Ibu Rosiana Febriyanti selaku guru Bahasa Indonesia kelas XII IPA-2 serta teman-teman yang saya cintai. Innal hamdalillah nastainuhu wa nastaghfiruhu wa naudzubillahi min syururi anfusina wa min sayyiati amalina man yahdillahu fala mudhillalah wa man yudhlil fala hadiyalah. Wa asyhadu an la ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu warasuluhu la nabiyya badah.

Puji serta syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunia yang luar biasa dan tak terhingga kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat mulia yang insya Allah selalu diberkahi dan dirahmati oleh-Nya ini. Amin ya rabbal alamin. Shalawat serta salam tak lupa kita selalu curahkan kepada suri tauladan kita, junjungan terbaik kita, figur yang telah membawa umat jahiliyah menuju umat yang mendapat hidayah, yaitu nabi kita, nabi Muhammad SAW. Keselamatan atasnya, keluarganya, sahabat-sahabatnya serta umat yang setia membela agamanya, dan semoga kita masuk di dalamnya. Amin ya rabbal alamin.

Pada kesempatan kali ini, insya Allah saya akan menyampaikan sebuah ilmu yang berkaitan dengan persiapan amal sebelum kiamat datang.

Sebelum beranjak ke tema, saya akan menyampaikan pengertian hari kiamat terlebih dahulu. Hari kiamat adalah hari yang dimulai dengan kehancuran alam semesta ini, kemudian semua makhluk hidup menjadi mati, dan bumi ini berganti dengan yang lain. Begitupula segenap langit mengalami perubahan total. Tidak ada satu makhluk pun yang mengetahui kapan datangnya hari ini. Meskipun tidak ada yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat, namun Allah telah membuat tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kiamat telah dekat, seperti yang disebutkan di suatu hadits:

Yang artinya adalah: Rasulullah bersabda: aku diutus, sedangkan aku dan hari kiamat itu seperti dua jari ini. Beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah

Hal tersebut merupakan perumpamaan dari nabi kita untuk menunjukkan bahwa betapa dekatnya masa ketika beliau diutus dengan datangnya hari kiamat. Al-Quran juga telah menyebutkan tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat. Beberapa tanda-tanda tersebut insya Allah akan saya bahas di sini.

Pertama, salah satu pertanda telah dekatnya kedatangan hari kiamat adalah diutusnya nabi akhir zaman, yaitu nabi Muhammad SAW. Kedua, banyak terjadi gempa bumi. Ketiga, muncul berbagai fitnah, dan yang terakhir adalah manusia berlomba-lomba untuk meninggikan bangunan.

Tanda-tanda yang baru saya sebutkan telah terjadi di bumi kita ini, yang berarti bahwa hari kiamat telah dekat. Oleh karena itu, kita harus sesegera mungkin mempersiapkan amal-amal sholeh kita seperti shalat, puasa, zakat dan sunnah-sunnah Rasul serta perbuatan-perbuatan yang telah Allah perintahkan untuk kita kerjakan. Apabila kita hanya lalai dan bersantai-santai, kita tidak mempersiapkan amal-amal tersebut, niscaya kita akan mengalami kerugian yang besar. Kerugian yang pertama adalah kerugian di dunia. Apabila kita hanya berbuat maksiat, pastilah Allah tidak meridhoi setiap langkah dan perbuatan kita, selain itu manusia pasti akan mengucilkan kita, menganggap kita sampah yang hanya dapat berbuat dosa. Kerugian kedua adalah kerugian di akhirat. Allah telah menjanjikan balasan berupa neraka bagi orang yang berbuat maksiat, sedangkan bagi orang yang beramal sholeh akan mendapatkan surga.

Oleh karena itu. Marilah kita persiapkan amal-amal sholeh kita sebelum hari kiamat datang. Selagi kita memilki umur, mari kita manfaatkan umur kita untuk hal-hal bermanfaat untuk diri kita dan orang lain.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Lebih kurangnya saya mohon maaf, karena sesungguhnya kelebihan itu datangnya dari Allah dan kekurangan datangnya dari saya. Akhir kata, billahi taufiq wal hidayah.

Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh


 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Agama Tema Persiapan Amal Sebelum Kiamat Datang"