Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Naskah Pidato Tentang Generasi Muda


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Naskah Pidato Tentang Generasi Muda

 Assalamualaikum Wr Wb

Hadirin yang saya muliakan,

Yang say ahormati Bapak/Ibu dewan guru SMA .

Yang saya cintai sahabatku sekalian,

Terimakasih yang sebesar-besarnya mari kita ucapkan. Puja dan puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa atas segala rahmat-Nya yang telah diberikan kepada kita.

Hadirin yang saya cintai,

Pada kesempatan ini saya berdiri dihadapan anda sekalian kita akan sedikitberbicara tentang generasi muda, dimana generasi muda adalah sekelompok orang yang akan menjadi tumpuan bangsa.

Generasi muda harus selalu berada pada landasan yang benar agar dapat merealisasikan cita-cita bangsa. Generasi muda mengemban amanat untuk memperjuangkan hak-hak dan cita-cita bangsa.

Semoga dengan diadakannya sekian program berkaitan dengan perbaikan serta pembangunan sarana pendidikan hal tersebut mampu menjadikan generasi muda kian lebih bersemangat untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

Sabahatkau semunya yang hadir pada kesempatan yang berbahagia ini,

Sebagai generasi muda kita dituntut untuk senantiasa bersikap baik, belajar menjadi sosok yang bijak dan menhindari berbagai macam hal yang mengelirukan, jangan sampai kita terjerumus dalam bahaya narkoba dan minuman keras. Banyak tanggung jawab yang tertumpu pada kita. Kita adalah harapan banyak orang untuk meneruskan ekspektasi bangsa yang besar ini. Jangan pernah lupa terhadap tanggung jawab yang telah diamanahkan kepada kita.

Diera globalisasi ini kita telah dipermudah oleh sarana komunikasi. Mari kita manfaatkan hal ini untuk membangun bangsa dan membangun bangsa ini agar kedepannya kian lebih baik dan mewujudkan cita-cita para pahlawan yang telah gugur untuk menjadikan bangsa yang beragam ini menjadi bangsa yang sejahtera.

Bapak/Ibu para hadirin yang saya cintai,

Bangsa ini masih jauh dari predikat sejahtera. Masih sangat sulit untuk mengatakan bahwa bangsa ini adalah bangsa yang makmur. Mari kita membangun dan berusaha, berkorban untuk mengembalikan cita-cita bangsa.

Mari kita berbenah diri, terutama untuk golongan muda untuk menguras keringat kita demi menjadikan bangsa yang sangat besar ini menjadi bangsa yang benar-benar bangkit. Jangan biarkan bangsa ini menjadi tertinggal dan kalah dalam bertarung.

Pesan saya kepada para generasi muda. Ingat, kita semua adalah tumpuan banyak orang. Mari wujudkan harapan untuk mengangkat bangsa ini menjadi bangsa yang makmur, aman, damai dan sejahtera.

Tidak akan ada Negara yang bisa membangun manakala Negara tersebut tidak memiliki generasi muda yang bermutu. Oleh yang demikian, kita sebagai generasi muda harus selalu berusaha untuk menjadi generasi yang baik dan berjiwa besar.

Hadirin sekalian yang saya cintai,

Demikian yang dapat saya sampaikan apda kesempatan ini, semoga dapat memberikan manfaat serta mampu mengingatkan kita semua tertutama kaum remaja agar senantiasa mengingat tanggung jawab yang telah dibebankan kepada kita.

Demikian, terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr Wb
 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Naskah Pidato Tentang Generasi Muda"