Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Singkat Dalam Rangka Pemberian Nama Anak


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Singkat Dalam Rangka Pemberian Nama Anak

Assalamu ’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Hadirin para undangan yang kami hormati. Untuk mengawali pembicaraan kami marilah kita menuju syukur kepada Allah Swt, karena pada malam hari ini kita bisa berkumpul memenuhi undangan bapak Shalihun sekeluarga dalam rangka pemberian nama putra yang ketiga, dan lahir pada pekan lalu.

Hadirin para undangan yang kami hormati. Bapak Shalihun sekeluarga merasa gembira, bahwa dengan kelahiran putra yang ketiga perempuan, dan malam ini insya Allah kami umumkan namanya dihadapan para undangan. Sebelum nama tersebut saya umumkan, perlu saya sampaikan kepada saudara sekalian, bahwa kelahiran putra yang ketiga, tepatnya hari Senin, jam 07.00 tanggai 5 Mei 2007. Dan secara resmi diberi nama: MIN KHOSYATILAH Mudah-mudahan dengan nama tersebut menjadi anak shalihah,berbakti kepada orang tua, berguna bagi agama nusa dan bangsa.

Hadirin para undangan yang kami hormati. Kita diundang oleh Bapak Shalihun sekeluarga, dalam rangka mengungkapkan rasa syukur kepada Allah Swt, atas kelahiran putra ketiga, dalam keadaan selamat, baik ibunya, maupun putra yang dilahirkan.

Hadirin para undangan yang kami hormati. Sebelum kami akhiri pidato kami dalam kesempatan ini, perlu saya sampaikan sesuatu yang ada kaitannya dengan masalah tersebut. Memang anak itu merupakan amanat yang harus dijaga dengan sebaik mungkin. Karena pada hakekatnya orang tua mempunyai kewajiban membimbing, mengarahkan, membina, serta mendidik terhadap putra-putrinya dengan baik, agar kelak menjadi anak yang benar memiliki budi pekerti yang terpuji. Tanpa dididik dan dibina mulai dini. Mugkinkah akhlak yang terpuji bisa dimiliki oleh putra-putri kita semua, mustahil hal ini bisa terealisasi. Jadi kebiasaan memperhatikan anak-anak mulai sedini harus betul-betul diterapkan, agai hantinya bisa menjadi anak yang cenderung untuk berbuat baik, karena orang tua selalu memperhatikannya. Namun sebaliknya bila orang tua kurang perhatian terhadap putra-putrinya, maka jangan meng-harapkan menjadi anak yang baik, terarah, terkontrol.

Hadirin para undangan yang kami hormati.

Ingatlah bahwasannya membiarkan anak adalah dosa besar, karena anak sebagai titipan dari yang Kuasa, yang harus dipelihara, dengan baik. Kesadaran dalam mendidik anak-anak haruslah menjadi kebiasaan dalam kehidupan berumah tangga. Bila orang tua sangat mengharapkan mempunyai putra shalih dan shalihah, maka tidaklah lepas dari didikan orang tua yang sesungguhnya.

Para undangan yang kami hormati.

Berkaitan dengan masalah kewajiban orang tua terhadap putra-putrinya, sebagaimana yang dijelaskan oleh Nabi Saw. dalam sabdanya:

tmpDB4C-1

Artinya:

Hak anak atas orang tuanya (yang harus dilaksanakan) ialah : memberikan natha baik, mendidik dengan baik, mengajarkan baca tulis, berenang, melepaskan anak-anak panah, dan tidak memberi rezeqi kecuali yang halal, dan menikul: 1ran bila telah dewasa.

(HR. Hakim).

Itulah kewajiban orang tua terhadap anak-anaknya yang harus dilaksanakan dengan ikhlas semata-mata mencari ridlah Allah Swt. Bifa anak-anak kita telah mencapai umur tujuh tahun, maka orang tua agar menyuruh anak-anaknya untuk melakukan shalat. Dalam hal ini nabi Saw. menegaskan dalam sabdanya yang berbunyi

tmpDB4C-2

 

Artinya:

Peritntahkahlah anak-anakmu shalat bila sampai umur tujuh tahun, dan pukullah bila mereka telah sampai umur sepuluh tahun, Berta pisahkan diantara mereka dari ran-jang tidur (HR. Abu Dawud).

Dari dua hadits yang saya kemukakan tadi dengan harapan agar orang tua menyadari, dan mau melaksanakan kewajibannya penuh dengan sadar, semata-mata mencari ridlah Allah Swt.

Demikian pidato yang saya sampaikan pada kesempatan hari ini mudah-mudahan membawa manfaat. Kurang lebihnya saya dalam menyampaikan tadi minta maaf yang sebesar-besarnya. Billahi taufiq wal hidayat.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.



 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Singkat Dalam Rangka Pemberian Nama Anak"