Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cntoh Pidato Sambutan Pada Acara Pelepasan Haji


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Cntoh Pidato Sambutan Pada Acara Pelepasan Haji



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segenap undangan yang berbahagia!

Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. karena pada pagi ini kita bisa berkumpul disini tempat dalam rangka kita menyaksikan keberangkatan / sekaligus melepaskan saudara kita seiman dan seagama akan pergi ke tanah suci Makkah guna menunaikan ibadah haji, merupakan sendi agama Islam yang kelima.

Hadirin sekalian yang berbahagia!

Sebentar lagi bapak Ali beserta ibu akan meninggalkan kampung halaman dan tanah kelahirannya, untuk itu Bapak Ali dan seluruh keluarga menghadirkan para bapak dan ibu sekalian serta pada undangan lainnya adalah mohon do’a restu semoga perjalanan haji bapak Ali dan ibu mulai dari tanah kelahiran sampai di tempat tujuan yakni sampai di tanah suci Makkah tidak mendapat suatu halangan apapun, dan tidak kalah pentingnya dari itu mudah-mudahan sepulangnya dari tanah suci Mekkah mereka berdua menggondol predikat haji yang mabrur, sehingga tingkah laku selanjutnya untuk berkiprah dimuka bumi ini benar-benar sesuai dengan agama Islam, mencerminkan nilai-nilai keislaman, Amin ya robbal ‘alamin.

Hadirin sekalian yang berbahagia!

Ibadah haji adalah merupakan rukun Islam yang kelima bagi kaum Muslimin yang sudah mampu, baik mampu fisiknya atau mampu biaya perjalanannya. Ibadah haji itu hendaknya dikerjakan dalam rangka untuk mendapatkan ridlo dan ampunan dari Allah SWT. Jangan sekali-kali kita berhaji itu hanya mencari popularitas, mencari gelar, agar dipanggil pak haji atau bu haji atau mencari keuntungan yang besar apakah itu yang namanya bisnis dan lain sebagainya.

Sekali tagi marilah kita semua berdo’a kepada Allah, Bapak Alli dan ibu yang sekarang mendapat panggilan dari Allah untuk datang ke kota Suci Mekkah, berziarah ke makarn Rasulullah, Abu Bakar, Umar Usman dan Ali serta dapat melihat tempat-tempat yang bersejarah, diterima oleh Allah sebagai haji yang mabrur, sebab haji yang mabrur itu tidak ada lagi pahalanya kecuali syurga.

Dan syurga sebagai tempat kediaman yang langgeng kelak di akhirat adalah merupakan dambaan bagi setiap insan yang mukmin.

Hadirin sekalian yang berbahagia!

Hanya itulah kata sambutan yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan ini ada kurang lebih kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Sekian terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf bila ada kekurangannya. Akhirnya wabillahit taufiqwat-hidayat. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Cntoh Pidato Sambutan Pada Acara Pelepasan Haji"