Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Singkat Adik Kelas Pada Acara Perpisahan


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Singkat Adik Kelas Pada Acara Perpisahan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Bapak kepada sekolah, bapak dan ibu dewan guru, beserta teman-teman kelas satu dan dua, dan khususnya kepada kakak kelas tiga yang, berbahagia. Untuk mengawali pertemuan kita pads kesempatan hari ini, marilah kita sanjungkan ucapan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Swt, karena kita masih ditakdirkan oleh Allah Swt. bisa menghadiri undangan kakak kelas tiga dalam acara perpisahan. Mudah-mudahan dalam acara perpisahan ini rasanya mempunyai arti tersendiri.

Kedua kalinya shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw, karena beliaulah yang telah menerangi kehidupan kita yakni dengan hadimya agama Is-lam, agama yang membawa rahmat, agama yang diridlai oleh Allah Swt. Mudah-mudahan kita semua termasuk umat beliau yang seta kepadanya, dengan memenuhi perintahnya, dan menjauhi segala larangannya.

Bapak guru, ibu guru, kakak-kakak kelas tiga, serta teman-teman yang berbahagia. Kami bicara di hadapan teman sekalian maupun dewan guru ini merupakan wakil dari adik-adik yang ditinggalkan. Pertama saya mengucapkan banyak terima kasih waktu yang diberikan kami.

Tadi sudah begitu panjang dan lebar kata-kata sambutan yang telah kita dengarkan bersama, bahwasannya mereka kelas tiga mau berpisah, dalam arti telah lulus dari sekolah ini. Saya mewakili adik-adik kelas, hanya bisa mendo’akan semoga keberhasilan tetap menyertai anda sekalian, sehingga setelah lulus dari sekolah ini kakak-kakak ada yang meneruskan, ada juga yang macet, mungkin ada juga terjun ke rumah tangga, semuanya itu pasti terjadi menurut kemauan masing-masng. Dari kami hanya bisa berdo’a, semoga kehendak anda yang berbeda-beda itu akan membawa kebaikan.

Juga saya berterima kasih atas kebaikan kakak-kakak yang berupaya membimbing adik-adik, baik itu melalui ke pengurusan OSIS, atau berbagai macam pengalaman ketrampilan. Mudah-mudahan segala kebaikan kakak-kakak terhadap kami senantiasa dibalas oleh Allah Swt. dengan pahala yang berlimpah, Amiin.

Dan yang terakhir, teriring do’a dari adik-adik, agar setelah lulus dari sekolah ini kakak-kakak mau mengamalkan ilmu yang telah diperoleh selama duduk di bangku sekolah ini. Dan kesalahan adik-adikmu agar kakak sekalian berkenan untuk memaafkan. Selamat berpisah, semoga berhasil dalam segala aktifitas. Kurang lebihnya sambutan kami, agar bapak guru, ibu guru serta teman-teman berkenan memaafkan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.


 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Singkat Adik Kelas Pada Acara Perpisahan"