Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Singkat Tentang Pria, Wanita dan Romantisme


Pidato adalah kegiatan seseorang dengan maksud menyampaikan berbagai hal secara lisan kepada orang lain disekitarnya. Dengan harapan orang yang mendengarkan itu mengerti dan memahami apa yang disampikan pada saat itu. Ciri khas pidato yaitu menggunakan bahasa sebagai alat untuk menyampaikan apa yang di inginkan jadi tidak mungkin orang seseorang yang tidak cakap. menggunakan bahasa berharap dapat menyampiakan pendapat dan kemauan orang lain untuk cara berpidato. Pidato itu pada dasarnya ucapan yang tersusun dengan baik dn ditunjukkan kepada orang lain atau orang banyak. Pidato dapat dilaksanakan pada upacara bendera, pada pesta keluarga, peringatan hari besar nasional dan keamanan dll..Kumpulan Pidato Lengkap

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran seca

ra lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Singkat Tentang Pria, Wanita dan Romantisme

 

 Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang Pria, Wanita dan Romantisme. Saya sengaja memilih topik ini karena memang hampir semua pria ingin menjadi sosok yang romantis dihadapan wanita. Sobat, apakah Anda merasa sebagai pria yang romantis? Atau ingin belajar menjadi romantis?

Seiring dengan semakin maraknya film-film romantis dan lagu-lagu mellow nan ngarep yang didendangkan oleh para musisi tanah air, semakin banyak pula para pria yang terinspirasi untuk belajar menjadi seorang Pria Romantis.

Trend inipun semakin meluas tanpa pandang bulu, mempersempit pemahaman para pria tentang memulai sebuah hubungan dengan wanita. Memberikan ilusi pada mereka, bahwa dengan bersikap romantis maka akan tercipta sebuah jalan pintas untuk sebuah keberhasilan dalam kehidupan romansa.

Special thanks to the medias! Berkat media, yang selalu mensimbolisasikan romantisme dengan bunga mawar, puisi dan lagu, cincin berlian, dan kata-kata indah belaka, para pria menjadi semakin jauh dari kehidupan romansa yang sehat dan berkualitas.

Beberapa pria menghabiskan banyak uang untuk membelikan bunga dan cincin untuk wanita yang mereka sukai..

Beberapa pria memeras otak mereka hanya untuk merangkai puisi indah untuk wanita yang mereka sukai..

Beberapa pria membuang waktu berharga mereka menunggu bertahun-tahun untuk membuktikan ketulusan pada wanita yang mereka sukai..

Dan tentunya, beberapa pria tewas secara fisik atau mental, ketika mengetahui semua itu ternyata gagal total..

Ditambah dengan kasus-kasus tipikal lainnya. Budaya romantisme ini sudah memakan begitu banyak korban pria.

Lalu kesalahan apa sih yang membuat romantisme yang dilakukan para pria modern ini menjadi gagal total? Bahkan cenderung berakhir dengan teriakan, Ah gombal banget deh lu! dari seorang wanita. Padahal tokoh pria di dalam film, tips-tips majalah, dan lirik-lirik lagu berhasil mendapatkan wanita yang mereka inginkan. Poin apa yang luput dari pemikiran Anda?

Begini, sebagian besar pria tidak paham betul dan masa bodoh akan arti sesungguhnya dari romantis itu sendiri. Dan sudah hukumnya apabila kita tidak mengerti makna sebenarnya akan sesuatu, kita juga tidak tahu mekanisme dan cara melakukannya dengan benar.

Dan meskipun Anda menguasai sesuatu tanpa mengerti betul (otodidak), pengetahuan Andapun tetap akan mudah runtuh,  tersesat, bahkan mentok! Karena Anda tidak dilandasi dengan pondasi yang kuat. Anda tidak tahu apa dan kenapa salah Anda..

Sebagai seorang mahasiswa sastra, saya mempelajari romantisme secara akademis. Dan saya betul-betul ingin meluruskan pandangan Anda tentang arti dari romantisme, sekaligus memberikan solusinya sesuai dengan apa yang telah saya pelajari.

Saya berjanji tidak akan menguliahi Anda dengan sejarah dan falsafah romantisisme, melainkan saya akan memberikan definisi umum yang sederhana tentang romantisme yang sudah selayaknya Anda ketahui.

Romantisme itu sendiri adalah cara atau kiat-kiat seseorang untuk mengekspresikan perasaan tertarik dan kekaguman (cinta) pada lawan jenis yang diminatinya. Orang-orang Eropa abad pertengahan adalah pionir romantisme.. di jaman dahulu, mereka menunjukkan ketertarikan dengan bunga, puisi, kata-kata manis, bahkan pengorbanan nyawa.

Hingga akhirnya, cara ini telah menjadi tren dan budaya di sleuruh dunia untuk mengungkapkan cinta.. sampai sekarang!

Namun modernisasi telah mengubah wajah romantisme secara drastis, sobat. Ketika aksi-aksi romantis tadi jadi mudah didapat dengan harga yang murah dan tidak lagi berseni, maka romantisme kuno dituntut untuk menyesuaikan diri dengan budaya modern.

Hal tersebut menyebabkan romantisme terbagi menjadi dua kubu yang bertentangan, yaitu: (1) aksi romantis modern yang telah berhasil beradaptasi dengan zaman, dan tetap menyandang nama ROMANTIS. Dan (2) aksi romantisme kuno, yang masih mengandalkan cara-cara yang cenderung berhasil di zaman dahulu, dan akhirnya berakhir dengan nama GOMBAL atau SOK ROMANTIS.

Coba Anda pikirkan dengan seksama. Dewasa ini, cap ROMANTIS otomatis menempel pada aksi pengungkapan rasa suka yang dianggap tulus, kreatif, dan berhasil menawan hati target. Melelehkannya seperti coklat panas dan terasa begitu membuai. Sebaliknya, Cap GOMBAL akan menempel pada sejumlah aksi yang gagal menawan hati, dianggap tidak tulus dan merayu belaka. Aksi yang terlihat trying too hard untuk mendapatkan perhatian dari targetnya.

Aneh sekali bukan? Suatu hal dibedakan dari tulus dan tidaknya.

Dengan kata lain, selama ini Anda dan ribuan pria lain berpikir bahwa Anda akan berhasil mendapatkan wanita bila Anda melakukan aksi romantis dengan TULUS! Padahal sudah jelas suatu ketulusan tidak punya alat ukur pastinya. Siapa sih yang tahu bila Anda tulus atau tidak?

Diferensiasi psiko-kultural ini sangat menarik dan membingungkan di saat yang bersamaan. Sehingga orang yang melakukannya cenderung tersesat. Ini adalah sebuah pembagian yang sangat tipis, tak kasat mata, namun hasilnya sangat jauh berbeda.

Anda menyukai seorang wanita, Anda berhubungan dengannya, dan Anda merasa ingin menunjukkan rasa suka Anda padanya. Tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk menarik hatinya, maka Anda hanya bisa memakai cara-cara yang berhasil dalam film atau ide-ide kreatif sahabat Anda (yang sebenarnya juga jomblo semua).

Anda pikir itu memang cara yang harus dilakukan. Tidak mungkin wanita tidak tersentuh. Jadi Anda membuktikan cinta tulus Anda lewat kado boneka Teddy Bear lucu yang di lehernya dikalungi sebuah cincin yang Anda berikan jam 12 malam tepat di hari ulang tahunnya.

Sang wanita hanya menatap Anda dengan wajah heran. Lalu tersenyum dan menucapkan terima kasih. Dia menerima kado Anda, dan seketika itu Anda mengatakan, Aku sayang kamu.. Boleh gak aku jadi cowok kamu?

Sang wanita lalu berpikir keras, mengerahkan seluruh kekuatannya dan perasaan tidak enaknya untuk menjawab, Aduh makasih bangeet! Aku gak nyangka.. Tapi sorry ya, aku gak bisa.. Aku lebih nyaman jadi temen aja, kamu terlalu baik buat aku..

Kalimat diatas bisa saya translasikan ke Bahasa Indonesia menjadi, Najong.. Lebay! Gombal amat siih! Tapi bagus juga sih boneka sama cincinnya.. tapi gimana yah? Gue ga tertarik sama lu..

Atau Anda merekam sekumpulan lagu yang melambangkan perasaan Anda pada sang wanita dalam sebuah CD, memberikannya dengan perasaan harap-harap-cemas. Anda tulus setulus-tulusnya. Dalam cover CD tersebut Anda bahkan merajut puisi:

Dialah orang yang telah membuatku jatuh-bangun.
Dialah orang yang membuat hidupku manis.
Dialah pujaan hatiku, dambaanku selama ini.
Dialah akhir penantianku.
Dialah.. Kamu..

Puisi diatas adalah puisi tertulus yang pernah ada, tapi malah mendapat cap GOMBAL dan sang wanita menjadi Ilfeel berat.

Padahal Anda sudah tulus! Kenapa Anda malah gagal?

Bila Anda seringkali gagal dalam melakukan aksi romantis, saya tidak akan menyalahkan Anda. Namun saya juga tidak akan membiarkan Anda semakin terjerumus. Ini hanyalah akibat kesalah pahaman Anda mengenai romantisme yang selalu memaksa Anda untuk terus mengandalkan cara-cara lama yang sudah usang.

Anda masih bisa bangkit kembali!

Nah, bagaimana caranya untuk menjadi Pria Romantis yang sesungguhnya yang tidak akan dicap sebagai Pria Gombal Sok Romantis?

Sobat, banyak pria salah kaprah dan berpikir bahwa yang namanya romantis itu adalah soal kata-kata manis merayu penuh pujian dan memberikan kado istimewa. Padahal bukan itu sama sekali!

Pria Romantis sesungguhnya mengandalkan TIMING dan SIKAP!

TIMING maksudnya Anda harus tahu waktu yang tepat untuk melancarkan aksi romantis. Anda tidak bisa main hajar begitu saja. Bila Anda melakukannya di saat yang tidak tepat, maka sudah pasti Anda akan menemui kegagalan.

Sewaktu Anda masih kecil dan ingin minta dibelikan mainan, maka Anda menunggu waktu yang tepat untuk merayu orang tua Anda, bukan? Bila Anda ingin minta naik gaji, maka Anda pasti akan memperhitungkan kapan waktu yang tepat untuk berbicara dengan boss Anda, bukan? Bila Anda bokek dan ingin meminjam uang pada sahabat terdekat Anda sekalipun, pasti Anda memperhatikan waktu yang tepat untuk berbicara dengannya, bukan?

Agar efektif, ada waktu yang tepat untuk melakukan segala sesuatu.

Anda sebenarnya sudah mengerti. Tapi mengapa ketika berhadapan dengan wanita, Anda selalu main hajar, spontan, dan tidak memperhitungkan apa-apa? Anda dengan buta berharap bahwa hanya dengan modal ketulusan dan kasih sayang, Anda akan mendapatkan hatinya.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk melancarkan aksi romantis?

Ketika dia sudah tertarik pada Anda!

Ini poin yang TERPENTING. Bila Anda melewatkan hal ini, maka semua tindakan Anda akan berakhir percuma. Kei telah menjelaskannya dengan panjang lebar di artikelnya Benarkah Wanita Menyukai Pria Romantis? Baca di sana dan serap seluruh pelajaran yang terkandung di dalamnya.

Wanita selalu tersentuh ketika membaca buku, mendengar lagu dan menonton film yang romantis. Wanita selalu mengatakan bahwa mereka menginginkan pria yang romantis dan bisa mengekspresikan perasaannya.

Logikanya: Wanita suka dengan hal-hal romantis dan menyentuh hati, jadi kalau Anda memberikan semua hal itu maka otomatis si wanita akan suka pada Anda. Hal-hal itu membuktikan ketulusan perasaan Anda kepadanya. Dan Anda berusaha menunjukkan kepadanya bahwa hanya Anda satu-satunya pria yang mencintainya sedalam itu.

Apakah Anda setuju dengan pernyataan di atas?

Di film-film Hollywood dan drama Korea, kelihatannya hal-hal tersebut selalu berhasil. And it always seems so perfect!

SALAH BESAR!

Setelah menulis puluhan puisi, lagu dan punchlines romantis yang menyentuh hati, selama bertahun-tahun menjadi Ksatria Romantis, saya dan Lex tidak pernah mendapatkan hasil apa-apa selain ucapan special thanks!

Dan saya tidak pernah habis pikir! Saya tidak mengerti. Kenapa wanita-wanita itu tidak pernah mau mengerti dan menghargai ketulusan saya dan membalas perasaan saya? Tidakkah mereka lihat bahwa saya rela melakukan apa saja untuk mereka?

Dan ternyata alasannya begitu simple! Begitu simplenya sampai saya kesal dengan diri saya sendiri yang begitu bodoh dan tidak menyadari hal ini sedari dulu. Seharusnya itu bisa menyelamatkan saya dari masa-masa kelam ketika berlagak sebagai Ksatria Romantic Junkie.

Sekarang saya akan menjelaskannya khusus untuk Anda agar Anda tidak lagi mengulang kesalahan yang sama. Kalau Anda termasuk salah satu Ksatria Romantic Junkie, maka pastikan Anda sedang tidak sibuk sekarang dan berikan konsentrasi Anda sepenuhnya.

Wanita memang menyukai hal-hal romantis, karena wanita hidup dalam dunia fantasi yang diciptakan oleh dongeng-dongeng, buku-buku dan film. Mereka memimpikan momen-momen romantis yang menyentuh hati. Mereka ingin mengalami momen-momen indah seperti yang mereka baca dan lihat lewat buku dan film.

Semua wanita ingin tahu bagimana rasanya membentangkan tangan dan dipeluk oleh pria di ujung kapal Titanic, sementara angin berhembus membelai rambut dan sayup-sayup terdengar lagu My Heart Will Go On. Mereka menunggu seumur hidupnya untuk momen-momen seperti itu! Its their dream!

Tapi ada satu hal PENTING yang perlu Anda ketahui:

WANITA HANYA MENYUKAI HAL-HAL ROMANTIS DARI PRIA YANG DISUKAINYA!

Kalau dia SUDAH tertarik pada Anda terlebih dahulu maka dia akan sangat menyukai segala tindakan romantis yang Anda berikan. Bahkan hal-hal kecil sekalipun, seperti sms: ndut jelek! secara tiba-tiba, akan terasa sweet dan romantis bagi si wanita.

Tapi kalau dia sama sekali BELUM tertarik pada Anda, maka segala macam bentuk tindakan romantis Anda tidak akan menyentuh hatinya dan membuatnya menyukai Anda!
Kalau dia TIDAK tertarik pada Anda, maka segala tindakan romantis yang Anda lakukan; menunggunya bertahun-tahun, memberikan hadiah mahal, bunga, puisi, lagu dan candle light dinner hanya akan dipandangnya sebagai tindakan yang menggelikan dan just another trick to get her.

Wanita bisa membaca apakah Anda melakukan segala aksi romantis itu hanya karena Anda NGAREP dan berusaha membuatnya tertarik juga pada Anda, atau apakah Anda memang pria berkualitas yang membuatnya merasa spesial.

Wanita tahu apa motivasi Anda! Jadi jangan coba-coba mengelabui wanita dalam hal ini because you will fail miserably.

Coba ingat-ingat pengalaman Anda ketika ada wanita yang sama sekali tidak Anda suka ngarep pada Anda dan mulai memberikan aksi-aksi romantis; membawakan Anda makanan, membelikan Anda kado, menelpon Anda setiap hari, mengirim sms-sms romantis dan segala macam aksi lainnya.

Apakah Anda tiba-tiba jadi suka padanya hanya karena dia melakukan semua hal itu? Atau sebaliknya, Anda malah jadi malas dan menghindar? Silakan Anda jawab sendiri.

Jadi ingat baik-baik! Sangat penting bagi Anda untuk MEMASTIKAN apakah dia SUDAH tetarik pada Anda atau belum, sebelum Anda memutuskan untuk memberikan segala macam bentuk romantisme kepadanya.

Saya tahu banyak pria yang memiliki jiwa Ksatria Romantis (biasanya pria-pria yang berjiwa seni). Saya sama sekali tidak melarang Anda untuk melakukan aksi-aksi romantis. Its fun, its sweet, its nice dan kalau dilakukan dengan tepat dapat meningkatkan hubungan Anda dengan si wanita ke tingkat yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Tapi, demi Leonardo DiCaprio, mulai hari ini lupakan tentang aksi romantis kalau si wanita saja TIDAK tertarik pada Anda! Itu tidak akan membuat Anda ke mana-mana!

Aksi romantis seharusnya adalah ekspresi perasaan bahagia karena Anda dan si wanita saling tertarik dan menyukai satu sama lain. Aksi romantis BUKAN merupakan ekspresi dari perasaan NGAREP dan mengemis berusaha membuat si wanita untuk tertarik kepada Anda!

Ketika wanita membayangkan momen romantis, ksatria berkuda putih yang membawa bunga dan memanjat dinding istana untuk menyelamatkannya, dia tidak membayangkan sosok Anda yang LOSSY dan NGAREP!

Yang ada dalam bayangannya adalah sosok pria yang berkualitas. Sosok pria yang bisa membuat hatinya bergetar. Sosok pria yang disukainya. Sosok Ksatria Sejati. Sosok pria GLOSSY.

Jadi lupakan dulu soal romantis-romantisan, dan fokuskan segala sumber daya yang Anda punya untuk meningkatkan diri Anda dan kepribadian Anda, supaya Anda bisa menjadi pria GLOSSY yang berkualitas dan disukai oleh wanita-wanita.

Setelah itu, baru Anda boleh bertanya pada saya tentang tips-tips romantis yang akan membuat si wanita mengalami momen spesial yang belum pernah dia alami selama hidupnya.

Setelah Anda tahu dia tertarik pada Anda, maka berikutnya Anda harus melakukan aksi romantis dalam SUASANA YANG TEPAT!

Suasana maksudnya adalah suasana hati sang wanita saat itu, suasana tempat, suasana keadaan, dsb. Apapun yang Anda lakukan TIDAK AKAN terasa romantis bila Anda melakukannya di tempat ramai yang kumuh.

Sedangkan SIKAP adalah pembawaan Anda sejak awal Anda bertemu dengannya. Jangan berharap dapat melancarkan aksi romantis yang efektif bila Anda masih gugup, kaku, bingung, dan grogi. Bila menyentuhnya saja Anda tidak berani!

Dalam kisah-kisah romantisme antara Pangeran gagah berani dan Tuan Putri yang cantik jelita, tentu tidak digambarkan Pangeran tersebut sebagai sosok yang kaku, grogi, dan panik. Pangeran dengan penuh percaya diri dan kehormatan mengambil tangan sang Putri lalu menciumnya dengan lembut.

Jadi Anda lihat, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan aksi-aksi romantis. Bila Anda ingin menawan hati seorang Tuan Putri dengan romantisme, jelas Anda harus menjadi seorang Pangeran terlebih dahulu!

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

 

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Singkat Tentang Pria, Wanita dan Romantisme"