Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang Tertib Berlalu Lintas di Jalan Raya


Pidato adalah kegiatan seseorang dengan maksud menyampaikan berbagai hal secara lisan kepada orang lain disekitarnya. Dengan harapan orang yang mendengarkan itu mengerti dan memahami apa yang disampikan pada saat itu. Ciri khas pidato yaitu menggunakan bahasa sebagai alat untuk menyampaikan apa yang di inginkan jadi tidak mungkin orang seseorang yang tidak cakap. menggunakan bahasa berharap dapat menyampiakan pendapat dan kemauan orang lain untuk cara berpidato. Pidato itu pada dasarnya ucapan yang tersusun dengan baik dn ditunjukkan kepada orang lain atau orang banyak. Pidato dapat dilaksanakan pada upacara bendera, pada pesta keluarga, peringatan hari besar nasional dan keamanan dll..Kumpulan Pidato Lengkap

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Tentang Tertib Berlalu Lintas di Jalan Raya

 

 Assalamu'alaikum wr. wb.
Selamat pagi semua, adik adik SMAN 1 Chicago. Seneng banget deh hari ini bisa Ada di SMA Yang kece banget. Suasana nya nyaman, asri, bersih pula. Siswa siswi nya juga rapi rapi, cantik,  ganteng. Perfect deh, he he ga heran ya, SMA kalian memang berada di kota yang cukup modern. Dan tentunya dengan lalu lintas yang cukup padat.

Meski jalanan Yang padat itu biasanya jadi musuh para pengendara, kalian tau ga sih spa bagusnya jalanan Yang padat? Nih, kalo jalanan padat, pasti pengendara ga bakalan ngebut ngebut. Beda sama jalanan yang kosong yang akhirnya rawan terjadi kecelakaan akibat pengendara yang ngebut. Ga hanya itu terkadang kalau jalanan kosong sering ada orang orang yang nyebrang secara tiba tiba. Itu pasti bahaya bangeg kan.

Sering kali kita males untuk nyebrang lewat zebra cross cuma karena ga mau jauh jauh ngeliling. Tapi lets think twice, yang nyebrang lewat zebra cross juga belum tentu selamat apalagi yang sembarangan. Ditambah itu sangat sangat membuat para pengendara jadi ragu ragu. Apakah memberikan jalan atau tidak. Cerita panjangnya bisa jadi membuat orang lain seperti terganggu. Itu tuh bener bener bahaya. Nyawa loh taruhan nya.

Di jalan raya itu, jangan terlalu berani dan jangan terlalu takut. Kita harus tetap tenang, dan selalu mematuhi semua aturan yang berlaku di jalan raya. Ketika kita terlalu berani, kita bisa memacu kendaraan kita terlalu cepat hingga mungkin kita tidak bisa mengendalikan kendaraan kita. Jika terlalu takut, terkadang malah ketakutan kita terjadi pada kita. Bagaikan sebuah sugesti.



Terpenting bagi adik adik semua disini.sayangi diri kalian, jangan sampai terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan selama berkendara maupun menjadi pejalan kaki yang hendak menyebrang. Karena semua yang sudah terjadi tidak dapat diulang, karena musibah tidak dapat kita lenyapkan. Jangan sampai penyesalan yang kalian dapatkan. Dan jika memang sudah terjadi, jadikan lah semua itu pengalaman untuk ke depan yang lebih baik. Agar tidak terulang kesalahan yang sama.

Kaka yakin setiap orang bisa belajar dari pengalaman, terlebih ketika pengalaman itu sangat membekas dalam hidupnya. Seperti sebuah penyesalan yang tak perlu terlalu lama kita ratapi. Jadikan motivasi.

Tetep semangat,  tetep hati hati. Karena kaka pengen ketemu kalian lagi di lain waktu dengan senyuman yang lebih lebar dari hari ini, dengan semangat yang lebih kuat dari hari ini, dengan kalian yang selalu dalam keselamatan.  mari kita tertib berlalu lintas
Wassalamu'alaikum wr wb

 

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Tertib Berlalu Lintas di Jalan Raya"