Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Sahabat Singkat dan Terbaru


Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal yang ditujukan untuk orang banyak. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi, dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato adalah salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia. Pidato banyak jenisnya, di antaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh presiden.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan. ..Kumpulan Pidato Lengkap
 
 

Tata Tertib dan Etika Berpidato

Tata cara berpidato merujuk kepada langkah-langkah dan urutan untuk memulai mengembangkan dan mengakhiri pidato. Adapun langkah-langkah dan urutan berpidato secara umum diawali dengan pembukaan, sajian isi, dan penutup.

Sementara itu etika berpidato merujuk kepada nilai-nilai kepatutan yang perlu diperhatikan dan dijunjung ketika seseorang berpidato. Ketika berpidato, kita tidak boleh menyinggung perasaan orang lain, sebaliknya berupaya untuk menghargai dan membangun optimism bagi pendengarnya. Selain itu, keterbukaan, kejujuran, empati, dan persahabatan perlu diusahakan dalam berpidato.     
 

Jenis – jenis Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  2. Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan. 
  6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

 Contoh Pidato Tema Sahabat Singkat dan Terbaru

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bapak/Ibu dan para hadirin yang saya hormati... marilah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa. Atas rahmat dan berkah yang diberikan-Nya, kita dapat menikmati kehidupan yang damai seperti sekarang ini.

Bapak/Ibu, para hadirin yang saya cintai ....

Sebagai makhluk sosial kita tidak akan lepas dari bantuan orang lain berkaitan dengan rutinitas atau aktivitas yang kita jalani sehari-hari. Sebagaimana kodratnya, sebagai makhluk sosial kita selalu membutuhkan bantuan orang lain untuk bisa menjalani kehidupan ini.

Yang saya hormati sahabat-sahabatku sekalian .....

Pada kesempatan ini saya ingin berpesan kepada diri saya pribadi, dan kepada para hadirin sekalian berkaitan dengan arti sebuah persahabatan.

Bapak/Ibu yang saya hormati ....

Persahabatan itu memiliki arti yang sangat peting bagi diri kita selakuk makhluk sosial. Persahabatan dapat memberikan kita sebuah motivasi dan dorongan moril yang dapat membantu kita untuk melakukan berbagai macam hal.

Adalah amat penting bagi kita untuk bisa mengedepankan nilai persahabatan dan tidak mengdepankan ego kita semata. Menjalani persahabatan secara sehat dan peduli dengan sahabat-sahabat kita merupakan sebuah hal berharga yang harus bisa kita lakukan.

Para hadirin dan teman-teman yang saya cintai ....

Dengan memiliki teman kita akan merasa terhidbur saat kita sedang dihadapkan dengan masalah. Mereka akan memberikan kita semangat dan motivasi kepada kita agar bisa menghadapi setiap permasalahan yang menimpa kita.

Namun demikian, dalam memilih sahabat hendaknya kita memiliki kontrol. Jika ada salah satu diantara sahabat kita yang berusaha untuk menjauhkan kita dari hal-hal positif dan cenderung mengajak kita untuk melakukan keburukan, maka kita harus bisa memberikan dia sebuah pemahaman agar kembali pada jalan yang benar, dan kita jangan sampai terpengaruh.

Para hadirin yang saya hormati ....

Persahabatan memungkinkan kita untuk bisa menempatkan diri dengan lebih baik dalam mengharungi kehidupan sosial dan bermasyarakat. Merilah kita menjaga arti sebuah persahabatan dan menghindari hal-hal yang dapat merusak indahnya sebuah persahabatan.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga ada guna dan  manfaat yang bisa didapat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Sahabat Singkat dan Terbaru"