Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato sambutan Kepala Desa Baru terpilih


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Contoh Pidato sambutan Kepala Desa Baru terpilih


 
Assalamu'Alaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati Camat..
Kapolsek
Danramil
Tokoh Masyarakat
Pemuda/i
Dan Para hadirin semua yang hadir disini

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur Kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan Anugrah kenikmatan pada kita semua hingga bisa berkumpul diforum yang dimulyakan Alloh SWT,  semua itu adalah atas kuasa-Nya. Sholawat beserta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Muhammad SAW.

Para hadirin yang saya hormati..
Pesta demokrasi kecil kemarin yakni pemilihan kepala desa, merupakan proses yang banyak menyita waktu semoga itu semua menjadi amal ibadah kita sekalian, akan tetapi semua itu merupakan sebuah pendewasaan dalam menjalankan demokrasi pemilihan kepada desa. Banyak pelajaran yang bisa kita jadikan hikmah dari semua itu, hingga dijadikan ajang berfikir bagaimana memajukan Desa yang kita cintai ini.

Para hadirin dan Undangan yang dimuliakan Allah SWT..
Dikesempatan ini saya ingin mengutarakan pandangan-pandangan saya atas apa yang sudah menjadi program visi misi saya ketika mencalonkan diri, dan sekarang tinggal direalisasikan, namun yang lebih penting adalah bagaimana tetap menjaga kerukunan warga, yang kemaren kita saling beda pilihan, sedikit ada gesekan, semua itu wajar dan proses demokrasi nb yang lazim, akan tetapi saya mohon hal itu jangan sampai berkepanjangan, mengingat banyak hal Yang sangat lebih Utama yang mesti kita bangun bersama-sama demi Desa kita yang tercinta ini.

Saya hanya kepala desa pelengkap administrasi pemerintahan terkecil yang membawahi segala urusan tingkat desa, tak ada arti apa-apa jika sekedar menjabat sampai 5 tahun kedepan, kalau saja kita tidak bersama saluang bahu-membahu, dan berkolaborasi dengan baik, marilah kita pandang jauh kedepan, dengan penuh harapan dan semangat membangun, Melengkapi ketertinggalan, kemiskinan, Infrastruktur, SDM, dan sebagainya, semua tak bisa dijalani sendirian atau hanya segelintir orang, ini adalah tugas kita bersama.

Hadirin yang saya banggakan.
Melihat banyak sekali pekerjaan kedepan, setidaknya kita saling menjaga, mengawasi jalannya pemerintahan yang saya pimpin ini, jangan segan-segan menegur kami jika ada salah, silahkan singgah ke kantor Balai desa (Pemdes) untuk berdiskusi, sharing pendapat, berkoordinasi dengan aparat desa, Kantor desa ini terbuka bagi siapapun yang ingin memajukan Desa kita ini.

Para Pemuka Agama dan tokoh masyarat yang dirahmati Allah SWT..
Saya mohon bimbingannya untuk kemajuan desa ini, terutama saya peribadi mohon pencerahannya yang sangat saya butuhkan, kiranya jangan merasa berat hati untuk memerikan nasehat dan arahannya. Karena saya yakin para tokoh sepuh dan alim ulama sangat bijak dan dengan ilmu pengetahuan yang cukup serta wawasan yang luas.

Jajaran Muspika, Camat, Polsek dan Koramil yang semoga senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah Swt.
Mohon kiranya untuk saling berkolaborsi dengan baik, kami aparat Desa... akan bersikap kooperatif dalam menjalankan tugas dan kewajiban kami, hal-hal terkait kedinasan, keperluan administrasi dan lain sebainya saya mohon kiranya kita lakukan kerjasama sesuai dengan fungsi masing-masing, kami aparat Desa yang baru kiranya sering-seringlah memberikan arahan, mungkin yang paling utama adalah kita sering bersilaturrahmi.

Para pemuda yang saya banggakan.
Marilah bangkit dan bersemangat, hindari hal-hal yang merugikan dirimu sendiri, keluarga, dan masyarakat, karena masa depan Desa ini ada pada kalian semuanya, jadilah Pemuda yang penuh rasa tanggung jawab, bekaliah dengan ilmu pengetahuan, hingga menjadi kebangy kita semua. Jauhi Narkoba, Kriminalitas yang merugikan Jangan sampai ada penyesalan dikemudian hari.

Hadirin warga masyarakat desa....... yang saya cintai
Sekarang saatnya kita bekerja menuju kebaikan bersama, lupakan segala macam gesekan, intrik kemaren saat pemilihan, kita sportif demi menjaga keamanan serta jalannya pemerintahan yang baik.

Hanya itu dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf akhir kata saya ucapkan
Wassalamualaikum Wr Wb.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato sambutan Kepala Desa Baru terpilih"