Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Sambutan Pelepasan Penerimaan KKN Kuliah Kerja Nyata


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Pidato Sambutan Pelepasan Penerimaan KKN Kuliah Kerja Nyata       

Assalamualaikum Wr Wb

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Yang Saya Hormati :

•  Bapak Kapolsek .........................;

•  Bapak Danramil .........................;

•  Rektor .......  Atau Yang Mewakili Beserta Segenap Dosen Pembimbingnya’

•  Almukarom Bapak ……………………………….. Beserta Para Pemuka Agama Yang Hadir;

•  Adik-Adik Mahasiswa .......

•  Segenap Undangan Dan Hadirin Yang Berbahagia

Puji Syukur Senantiasa Kita Panjatkan Ke Hadirat Allah Swt - Tuhan Yang Maha Pengasih, Atas Limpahan Rahmat, Taufik, Hidayah Dan Karunia-Nya ,   Sehingga Pada Kesempatan Yang Baik Ini Kita Masih Diberi   Kesehatan Dan  Kesempatan, Untuk Hadir Bersama-Sama Dalam Satu Tempat Dan Suasana Yang Penuh Berkah, Dan Penuh Rahmat Serta Dalam Keadaan Sehat Wal Afiat Tidak Ada Aral Sesuatu Apapun,

Dalam Rangka Melaksanakan Acara Penarikan, Pelepasan Serta Perpisahan Adik-Adik Mahasiswa .......   Yang Telah Melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (Kpm) Yang Dirangkai  Siraman Rohani Melalui Pengajian,  Pada Hari Ini Kamis 16 April  2019. Semoga Kehadiran Kita Semua Dengan Dilandasi Niat Yang Ikhlas Senantiasa Menjadi Lahan  Ibadah Dan Akan Mendapat Pahala Dari Allah Swt, Amin .

Bapak, Ibu Dan Hadirin Yang Saya Hormati

Mengawali Sambutan Ini, Atas Nama Pribadi, Dan Atas Nama Pemerintah Kecamatan ......................... Beserta Jajaran Muspika, Sekaligus Mewakili Para Kades/Lurah Se Kecamatan .........................,  Tidak Lupa Saya  Mengucapkan Terima Kasih Dan Apresiasi Yang Setinggi Tingginya  :

Pertama, Kepada Adik-Adik Mahasiswa .......  Yang Telah Melaksanakan Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat Di Wilayah Kecamatan ......................... Selama Satu Bulan,  Mulai Tanggal 18 Maret S/D 16 April 2019    ( Sampai Hari Ini )  , Yang Mana Kegiatan Kpm Adalah Merupakan Rangkaian Kegiatan Akademik Ke-Mahasiswaan  Untuk Menerapkan Berbagai Disiplin Ilmu ( Inter Disipliner ) Yang Di Programkan Oleh Pihak Perguruan Tinggi Dalam Rangka Ikut Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat;

Kedua,  Saya Ucapkan Terima Kasih Kepada Pihak Perguruan Tinggi .......  Yang Telah Melakukan Penerjunan Mahasiswanya...

Guna Melaksanakan Kpm Di Kecamatan ......................... Pada Tahun 2019 Ini,  Dengan Menggunakan Sistem “ Kpm Posdaya Berbasis Masjid. “   Yang Mana Program Ini Merupakan  Program Unggulan Dan Sekaligus Sebagai Program Terbaru.

Bahwa Institusi Masjid Diutamakan Untuk Melakukan Berbagai Inisiasi, Konsolidasi Dan Bermusyawarah,  Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat,  Dan Juga Komplek Masjid Juga Bisa Dijadikan Sebagai Sarana  Untuk Melakukan Program Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Seperti Unit Koperasi Kecil Atau Unit Usaha Kecil, Dan Sebagai Ajang Untuk Kegiatan – Kegiatan Yang Sifatnya Agamis.

Sesuai Acuan Yang Dipedomani, Dan  Yang Diterapkan Kuliah Pengabdian Masyarakat Juga Melaksanakan Program Di Berbagai Bidang Yaitu :

1. Sosialisasi Bidang Keagamaan, Yang Meliputi Kegiatan Pengajian Kepada Anak-Anak, Termasuk Kegiatan Pengajian Kepada Masyarakat Umum,

2. Sosialisasi Bidang Prasarana Fisik Dan Penataan Lingkungan Hidup, Yang Meliputi, Penyuluhan Intensifikasi Tanah Pekarangan, Penyuluhan Tentang Pembudidayaan Sampah Untuk Dijadikan Kompos,  …Penyuluhan Tentang  Pemanfaatan Jamban Keluarga Dan Jamban Umum, Penyuluhan Tentang Sanitasi Dll.

3. Sosialisasi Bidang Administrasi Pemerintahan, Yang Meliputi : Pembuatan Data Statistik Desa/Kelurahan, Peta Wilayah, Administrasi Desa, Administrasi Pkk Dll.

4. Sosialisasi Bidang Pendidikan Dan Kesehatan  Antara Lain Meliputi : Sosialisasi Kejar Paket, Program Keluarga Sehat, Sosialisasi Kewiraswastaan Dll.

5. Program Dan Bidang-Bidang Kegiatan Yang Lain Yang Dilaksanakan Secara Insidentil Dan Spontanitas

Yang Mana Program Kegiatan Kpm Mahasiswa ....... Ini Sangat Bermanfaat, Karena Menambah Wawasan, Pengetahuan Dan Sedikit Banyak Membantu Peningkatan Pembangunan  Bagi  Masyarakat Desa Di Wilayah Kecamatan ..........................

Selama Satu Bulan Lamanya, Kuliah Pengabdian Masyarakat (Kpm)  Yang Dilaksanakan Oleh Adik-Adik Mahasiswa .......   Paling Tidak Bisa Memberi Sedikit Banyak  Perubahan Dan Warna Bagi Kondisi Desa / Kelurahan,

Diharapkan Pula Untuk Yang Akan Datang Masih Ada Penerjunan Kpm Dari .......  Di Kecamatan ......................... Ini.

Maka Atas Nama  Pemerintah Kecamatan ......................... Saya Mengucapkan Terima Kasih Yang Tak Terhingga Kepada Adik-Adik Mahasiswa Atas Segala Daya Upaya Yang Telah Dicurahkan Selama Ini,

Mudah-Mudahan Kegiatan Adik-Adik Sekalian  Yang Diwujudkan Dalam Bentuk Bhakti Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Selama Satu Bulan  Ini Yang Merupakan Implementasi Dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tentunya Juga Menjadi Sebuah Amal Sholeh Dan Mendapat Pahala Dari Allah Swt.

Selamat Jalan Dan Selamat Kembali Ke Kampusnya Semoga Adik-Adik Tetap Sehat, Prima,  Dan Semangat Untuk Belajar Lagi.

Apabila Pihak Pemerintah Kecamatan , Pihak Pemerintah Desa/Kelurahan, , Dan Seluruh Elemen  Masyarakat Se Wilayah Kecamatan .........................,  Dalam Menerima Adik-Adik Pada Pelaksanaan Kegiatan Kpm Di Kecamatan ......................... Selama Satu Bulan Ini, Banyak Salah Dan Banyak Kekurangannya , Tidak Lupa Minta Maaf Yang Se Besar-Besarnya.

 

Hadirin Yang Saya Hormati

 

Demikian Yang Dapat Saya Sampaikan, Seraya Memohon Ridho Allah Swt, Dan  Dengan Mengucap       “ Alhamdulillahhirrobbil Alamin “ ..

Kuliah Pengabdian Masyarakat “ ( Kpm ) .......  Di Kecamatan ........................., Pada Hari Ini Kamis Tanggal 16 April 2019 Saya Tutup Dan Saya Lepas Secara Resmi.

 

Selamat Melanjutkan Tugas Di Bangku Kuliahnya  , Semoga Dapat Meraih Kesuksesan Yang Lebih Baik, Dan Lebih Cemerlang,

Amin ... Amin ....,  Ya Robbal  ‘Alamin

 

Kurang Dan Lebihnya Mohon Maaf

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Sambutan Pelepasan Penerimaan KKN Kuliah Kerja Nyata"