Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Pembekalan Kepsek atau Guru pada siswa akan Ujian


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Contoh Pidato Pembekalan Kepsek atau Guru pada siswa akan Ujian


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, wash shalatu was salamu 'alaa rasulillah, muhammad ibnu Abdillah, wa 'ala aalihi wa ash-habihi wa man tabi'ahu wa walah, amma ba'du:

Tiada kata-kata yang patut untuk saya kemukakan dalam mengawali pertemuan ini, kecuali ungkapan rasa syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat Ilahi Rabbi yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya juga kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga pada saat ini kita bisa berkumpul disini dalam rangka memperingati pembekalan untuk menghadapi Ujian Akhir Nasional. Solawat dan salam tidak lupa mari kita curahkan pada Nabi Kita Muhammad SAW... beserta keluarganya, Shahabatnya, Pengikutnya hingga pada kita semua, 

Anak-anaku yang sangat saya cintai,
Waktu kalian sebentar lagi untuk menentukan sebuah prestasi hasil belajar kalian selama disekolah ini, betapa banyak hal yang harus kamu hadapi terutama beberapa mata pelajaran, semua itu adalah penentuan akhir dari selama kalian belajar. Sekiranya yang mesti kalian fikirkan tak ada yang lain adalah fokus dan terus belajar dan belajar sembari melatih diri untuk selalu berkomitmen meraih cita-cita kalian yang akan menjadi kebanggaan Kami, Orang tua kalian dan kebanggaan Negeri ini.

Sangatlah ironis jika kalian gagal, dan saya sebagai kepala sekolah/guru merasa kecewa bahkan orang tua kalian yang selama ini memberikan support lahir dan bathin agar kalian menjadi siswa yang berprestasi serta berguna bagi Nusa, bangsa, agama, kelaka dikemudian hari, kami sebagai penanggung jawab disekolah merasa kecewa yang mendalam kalau kalian tidak mampu menempuh ujian tersebut, untuk itu buktikan pada diri kalian, pada Kami, pada Orang Tua, Masyarakat, bahwa kalian adalah orang yang benar-benar bisa serta mampu menjadi anak bangsa yang berprestasi dan bersungguh-sungguh ingin menjadi orang yang bermanfaat dan berguna.

Anak-anaku yang saya banggakan.

Proses belajar adalah kewajiban kalian, melakukan sebuah pijakan sesuai dengan apa yang semestinya kalian lakukan yakni sebagai siswa, pelajar yang baik, maka hindarilah hal-hal yang dapat menjadikan diri kalian menjadi rusak, dan menjadi orang-orang yang tidak punya persepsi pandangan tentang cita-cita kalian, ingatlah orang tua kalian yang bekerja siang dan malam tanpa lelah, hanya demi anakknya agar menjadi orang yang baik dan berguna, Ingatlah betapa Tuhan menciptakan kalian sebagai makhluk yang dibekali fikiran, ingatlah para guru yang membimbing kalian disekolah ini, ingatlah cita-cita dan masa depan kalian, apakah kalian masih saja suka bermain-main, membuang-buang waktu, hindarilah pergaulan yang sama sekali tidak bermanfaat bahkan akan membawa kalian menjadi orang yang suram dikemudian hari, dan segala macam bentuk kegiatan yang sia-sia, kewajiban kalian adalah belajar dan belajar.


Tunjukan pada kami,
Tunjukkan pada Orang Tua Kalian.
Tunjukkan pada Masyarakat.
Tunjukkan pada Dunia.
 Kamu semua mampu dan akan menjadi tulang punggung bangsa yang bermanfaat dan akan menjadi pemimpin yang hebat, serta bertanggung jawab,
sebagai generasi penerus bangsa kalian harus membuktikan bahwa kamu adalah seorang yang berilmu berakhlakul karimah dan bisa mengubah dunia.

Siswa/i MTs, SMP, SD, MI, MA, SMK, SMU.... yang sangat saya sayangi..
Setelah menjalani sebuah proses belajar menjadi siswa, dan kalian dinyatakan sebagai alumni, itu semua tidak cukup sampai disitu, bagi kami kalian adalah seperti anak-anak kami sendiri, maka itu bagiakan kami, orang tua dan negara ini, sebagai anak yang baik adalah anak yang berbakti, dengan memberikan nilai hasil yang maksimal serta kalian dapat meraih cita-cita sungguh kami sangat bangga dan sangat senang.

Demikian prakata pidato sambutan saya ini, setidaknya mengingatkan kalian agar bersungguh-sungguh untuk belajar, jangan lupa berdo'alah setia saat, agar jalan yang kalian tempuh dirodhoi Tuhan yang maha Esa, sekian dari saya akhir kata tetap semangat belajar, dan semoga sukses mendapatkan nilai yang terbaik..

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Pembekalan Kepsek atau Guru pada siswa akan Ujian"